https://www.franchise-waralaba.com – Manisnya Berbisnis Waralaba Es Capuccino Cincau , Bulan Ramadan pada tahun 2011, seorang alumnus salah satu universitas di Padang, Sumatera Barat pulang ke kampung halamannya di Curup, Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu.

Ia bernama Reni, dan pada saat itu ia baru saja berusia sekitar 22 tahun. Reni baru menyelesaikan kuliahnya jurusan Sastra Indonesia dan berencana untuk mencari kerja di kota asalnya, karena ibunya tinggal seorang diri, sejak ayahnya meninggal dunia sekitar dua tahun sebelum kelulusannya.

Mencari pekerjaan dengan status sarjana sastra di kota kelahirannya ternyata cukup sulit, sedangkan saat itu bulan Ramadhan, di mana kebutuhan mulai banyak dan lebaran semakin dekat.

Mencoba Jual Es Capppucino Cincau

Untuk mengisi waktu, Reni mencoba peruntungannya dengan berjualan es Capuccino Cincau. Minuman yang segar dan manis ini saat itu sudah banyak dijual di Padang, namun belum ada yang mengenalnya di Curup. Itulah yang dianggap Reni sebagai prospek yang menjanjikan.

Akhirnya, dengan hanya bermodalkan sebuah blender, beberapa kantung batu es, beberapa sachet es cappucino, beberapa potong cincau dan gelas plastik khusus, Reni nekat memulai jualan es Cappucino Cincaunya di kota kelahirannya.

Hari pertama berjualan, saat itu ia masih menjual Es Cappucino Cincau buatannya seharga Rp 5.000 saja per gelas. Hasilnya, ia ternyata harus kewalahan melayani pembeli yang penasaran dengan minuman baru tersebut. Alhasil, lebih dari 50 gelas Cappucino Cincau terjual hari itu. Bahkan, sesaat sebelum shalat Taraweh pun, masih ada yang ingin membeli es tersebut.

“Sayangnya, karena bahan terbatas, maklum masih coba-coba, jadinya saya hanya mampu membuat 50 gelas saja,” kenang Reni.

Keberhasilannya di hari pertama membuat Reni menyisihkan sebagian keuntungannya hari itu untuk menjadi modal di hari selanjutnya. Awalnya, Reni masih menganggap hal tersebut sebagai bisnis sementara, untuk sekedar mencari penghasilan di bulan Ramadan dan persiapan hai raya.

Paduan Resep Italia dengan Nusantara

Es Cappucino Cincau dianggap sebagai minuman yang unik ketika pertama kali dijual.

Rasa Cappucino yang notabene adalah es asal negeri Pizza, Italia dengan cincau yang merupakan cincau hitam yang akrab dengan minuman asal Nusantara ternyata memberikan sensasi berbeda ketika diminum.

Rasa manis dan nikmat dari cappucino berpadu dengan kenyal dan lembutnya cincau menjadi kelebihan dari minuman satu ini.

Reni akhirnya mengerti di mana kekuatan dari minuman yang dijualnya.

Apalagi hari kedua, ketika ia mempersiapkan bahan dengan lebih banyak, ia bisa menjual sampai 100 gelas dengan total keuntungan hari itu mencapai Rp 250.000-an.

Sepuluh hari pertama menjual es Cappucino Cincau, Reni sudah berhasil meraup keuntungan hingga Rp 2 jutaan.

Mendekati lebaran, Reni mencoba lebih serius dengan dagangannya.

Ia mulai berkreasi dengan memberi topping yang unik pada minumannya, mulai dari snack coklat seperti Coco Crunch, sampai biskuit Oreo yang diremahkan alias dihancurkan.

Hasilnya, minuman satu ini menjadi pesaing utama jus, sup buah dan berbagai minuman dingin lainnya yang sering dijual sebagai jajanan buka puasa di bulan Ramadan.

“Orang bilang, sudah bosan sama sirup marjan, jus buah dan sup buah terus-terusan, ingin sesuatu yang baru namun nikmat, apalagi daerah ini kan terkenal dengan produksi kopinya, jadi ada banyak pecinta kopi di sini,” cerita Reni.

baca juga

    Keuntungan berlipat Dari Bisnis Franchise Es Cincau

    Sukses berjualan di saat Ramadan, membuat Reni terus melanjutkan usahanya setelah lebaran.

    Ternyata, es Cappucino Cincau masih banyak diminati, bahkan gerai-gerai yang menjual es ini semakin banyak bermunculan di daerahnya.

    Meski banyak pesaing, namun sebagai brand pertama, Reni masih dicari banyak orang.

    Apalagi, setelah ia menambahkan banyak resep baru , yakni penambahan toping seperti kacang tanah yang sudah digiling, agar-agar nutrijell, dan berbagai toping lainnya yang menjadikan rasanya semakin unik.

    Sampai akhirnya tahun 2017, minuman satu ini sudah tidak lagi musim.

    Reni sempat bingung, ketika dulu es cappucino bisa menghasilkan keuntungan hingga Rp 8 juta perbulan, sekarang malah turun hingga 75 persen.

    Dulunya mempekerjakan sekitar 4 orang pegawai, sekarang Reni justru harus menjualnya sendiri, karena pembelinya sepi.

    Sampai akhirnya, Reni menemukan satu lagi minuman unik yang muncul di masyarakat, es Bubble.

    Sekarang, dengan outlet atau gerai yang dibuat khusus, Reni mulai berani menjual es bubble yang merupakan minuman dengan tambahan bulatan kecil dalam jumlah banyak yang dibuat dengan bahan tepung tapioka.

    Paduan es cappucino cincau dan es bubble dalam satu outlet menjadikan bisnis Reni mulai didatangi pembeli lagi.

    Apalagi, harga yang ditawarkannya masih cukup murah, yakni sekitar Rp 7.000-an saja per gelas.

    Dengan demikian, bisnisnya masih menjadi favorit bagi menengah ke bawah, bahkan pelajar dan mahasiswa.

    Saat ini, bisnisnya kembali merangkak naik dan mulai mendatangkan keuntungan yang memuaskan.

    baca juga

    Mencoba Peruntungan Bisnis Waralaba Lewat Es Bubble dan Cappucino Cincau

    Kisah keberhasilan Reni tentunya bisa menginspirasi Anda yang ingin juga memulai bisnis dengan menjual dua jenis minuman ini.

    Namun, beberapa calon pedagang kesulitan karena tidak memiliki modal. Oleh sebab itu, bisnis franchise atau waralaba bisa menjadi jawaban untuk Anda.

    Sebagai minuman yang sudah populer, ada banyak outlet yang menawarkan bisnis waralaba Cappucino Cincau, juga es Bubble ini.

    Nah, bila Anda ingin langsung menjalankan keduanya sekaligus, Anda bisa mencoba mencari outlet yang menawarkan bisnis waralaba Cappucino Cincau dan Bubble Drink.

    Untuk wilayah Jabodetabek, Anda bisa mencoba menghubungi Yudi di nomor telepon 0812-8998341.

    baca juga

    Peluang waralaba yang ditawarkan Yudi cukup terjangkau, yakni dengan hanya bermodalkan Rp 3.650.000 saja. Dengan dana tersebut, Anda sudah mendapatkan sejumlah fasilitas antara lain :

    Fasilitas

    1. Meja/Booth Display Alumunium(Knockdown) 1Unit
    2. 3 Meja/Booth Bisa Dibongkar Pasang (PxLxT) 100x60x90
    3. Banner Display Menu 1Set
    4. Mesin Cup Sealer 1Pcs (Untuk Semua Ukuran Gelas)
    5. Tutup Gelas Bergambar 1Rol
    6. Gelas Plastik 200Pcs
    7. Sedotan Cincau 200Pcs
    8. Sedotan Bubble 200Pcs
    9. Blender 1Unit
    10. Parutan Cincau 1Pcs
    11. Toples Untuk Serbuk Rasa 6Pcs
    12. Toples Untuk Gula 1Pcs
    13. Tempat Cincau 1Pcs
    14. Tempat Bubble 1Pcs
    15. Botol Susu Cair 1Pcs
    16. Sendok Takar Serbuk Rasa 1Pcs
    17. Sendok Cincau 1Pcs
    18. Termos Es Besar 1Pc
    19. Serbuk Rasa Cappucino, Mochacino, 20. Vanila Latte, Strawberry, Durian, Choco Caramel 6Pak (Untuk 450 Cup/Gelas)
    20. Cincau Hitam 5Kg (Pesanan Khusus Untuk Cappucino Cincau)
    21. Tapioka Pearl (Bubble) 1Pak
    22. Susu Cair Coklat Kaleng 3Pcs
    23. Gula Pasir 3Kg.

    Tertarik dengan usaha waralaba ini, Anda bisa menghubungi Yudi di nomor yang sudah disebutkan di atas, atau bisa mengunjungi alamat Jalan Inpres 9 Kelurahan Larangan, Kecamatan Ciledug, Tangerang. Tertarik meraup manis dan segarnya keuntungan dari berbisnis Cappucino Cincau dan Es Bubble

    You May Also Like