franchise-waralaba.com  Ada dua tipe manusia ketika akan memulai sebuah bisnis. Pertama, jalankan saja. Kedua, pikirkan dengan matang. Tentu, untuk memulai sebuah bisnis apa tujuan anda menjalankan bisnis, dan bagaimana cara anda menggapai tujuan tersebut harus benar-benar jelas. Dan hal-hal tersebut tertuang dalam sebuah rencana yang disebut sebagai ‘business plan’. Bicara soal business plan, sebenanrnya business plan tidak hanya digunakan untuk mendapakan pemodalan, tapi lebih dari itu dengan business plan anda dapat memperhatikan investasi yang akan anda buat, juga kesempatan untuk mengantisipasi tantangan.

Dalam pembuatannya, membuat business plan juga tidak serumit yang anda kira. Dalam membuat business plan, tidak ada istilhanya harus panjang, karena tidak akan ada investor yang akan memberikan pinjaman untuk business plan yang seperti novel. Kunci pokok dalam membuat business plan adalah menyeluruh dan mencakup semua aspek dari rencana bisnis franchise anda secara jelas.  Berilah kepercayaan kepada investor, bahwa anda bisa mengelola bisnis yang akan mendatangkan profit besar dalam jumlah waktu yang sesuai.

Adapun bagian-bagian yang harus tercakup dalam business plan anda dalah sebagai berikut:

  1. Ringkasan Eksekutif

Ringkasan eksekutif mancakup keseluruhan rencana dari  sebuah bisnis. Karena ringkasan bisa dianggap sebagai ‘first impression’ investor terhadap rencana bisnis anda. Untuk itu, berikan kesan yang baik dalam ringkasan. Jika tidak, maka akan jauh lebih sulit untuk mendapatkan investasi.

Sebagai petunjuk: letakkan bagian ini di akhir businsess plan anda.

  1. Deskripsi Perusahaan

Pada bagian ini, berikan gambaran tentang franchise (juga sejarah-sejarahnya) kepada investor, tapi jangan terlalu bertele-tele, singkat saja! Kemudian berikan juga gambaran singkat tentang layanan atau produk franchise anda.

  1. Layanan atau Deskripsi Produk

Dalam part ini jelaskan soal layanan atau produk franchise anda sedetail mungkin, sehingga arah bisnis anda bisa ditangkap oleh ivestor menjadi sangat jelas.

  1. Analisis Pasar

Analisis pasar dapat anda gunakan untuk menunjukkan integritas anda kepada investor, jadi dalam memulai sebuah bisnis anda tidak melakukannya dengan main-main- tapi sebaliknya anda telah melakukan riset sebelumnya untuk menganalisis potensi pasar yang mungkin. Dalam poin ini, berikan diskusi singkat tentang hal-hal sepeti:

Seberapa besar pasar anda?

Orang seperti apa (secara demografis dan finansial) yang membentuk pasar in?

Apakah produk atau layanan franchise anda kurang menyentuh pasar?

Jika ada pesaing, maka siapa pesaing anda dan apa keunggulananda secara kompetitif dibanding mereka?

  1. Struktur Manajemen

Berikan pandangan kepada orang-orang yang akan bertanggung jawab soal operasi franchise sehari-hari. Jelaskan apakah usaha tersebut akan menjadi kepemilikan perseorangan atau akan ada banyak pemilik, dan lain-lain.

  1. Rencana Pemasaran

Ujung tombak dalam sebuah bisnis adalah cara mendapatkan pelanggan melalui strategi-strategi marketing. Untuk itu, berikan ikhtisar tentang upaya pemasaran dan pengiklanan franchise. Selain itu, berikan juga  deskripsi tentang training yang akan ada lakukan sebelum launching bisnis franchise anda.

  1. Keuangan

Keuangan dianggap sebagai ‘main point’  dalam sebuah rencana bisnis. Dalam hal ini, jangan beri gambaran kepada investor soal modal yang anda butuhkan, berikan juga gambaran soal kondisi keuangan anda.

Selain permintaan dana, lakukan juga  beberapa proyeksi keuangan. Dalam hal ini, berikan jangka waktu yang wajar kepada investor ketika mereka menginginkan dananya kembali secara penuh. Untuk mempermudah, sertakan grafik yang merinci biaya start-up, proyeksi laba-rugi, dan proyeksi hasil penjualan yang diproyeksikan untuk franchise.

  1. Lampiran

Sebenarnya, lampiran bukan bagian dari business plan, akan tetapi lampiran dapat dijadikan tambahan untuk menyajikan item guna meningkatkan performa presentasi anda. Dalam lampiran, masukkan gambaran lengkap tentang anda dan franchise anda, seperti resume angka manajemen, pengembalian pajak, kliping media, dan lain-lain

Add Comment

error: Content is protected !!