Undercover.co.id – Tidak semua orang memiliki waktu, tenaga, atau biaya untuk mengikuti kelas atau pembelajaran di universitas-universitas internasional.

Coursera hadir memberikan solusi kelas online yang gratis dan mudah diakses.

Coursera dibentuk pada 2012 oleh profesor dari Stanford University, Andrew Ng dan Daphne Koller. Coursera menawarkan Massive Open Online Course (MOOC) atau banyak kelas online terbuka, spesialisasi, gelar, dan juga kelas profesional dan mastertrack.

Coursera, Menyediakan Ribuan Kelas Online Bertaraf Internasional Secara Gratis

Sekarang Coursera sudah ber-partner dengan banyak universitas top di seluruh dunia dan memastikan ilmu dari profesor-profesor terbaik mencapai ribuah bahkan jutaan murid di berbagai belahan dunia. Selain kerja sama membuka kelas online, Coursera juga memberikan sarana untuk bisa mendapatkan sertifikat atau bahkan gelar dari berbagai bidang keilmuan.

Coursera sekarang memimpin layanan platform pembelajaran online dengan lebih dari 76 juta pengguna di seluruh dunia. Lebih dari 200 pengajar dari berbagai bidang industri dan universitas juga hadir menawarkan berbagai pembelajaran dan sertifikat.

Beberapa partner universitas Coursera diantaranya adalah University of Sao Paulo di Brazil, University of London di UK, Indian School of Business di India, dan Yonsei University di Korea. Selain itu ada juga berbagai institusi seperti Yale, University of Illinois, dan University of Pennsylvania.

Coursera juga mengembangkan berbagai platform cabang baru, diantaranya adalah Coursera for Business, Coursera for Government, dan Coursera for Campus. Sekarang Coursera di back-up oleh investor-investor besar seperti Kleiner Perkins, New Enterprise Associates, Learn Capital, and SEEK Group.

Coursera mengusung motto, “kami bermimpi menjadikan dunia tempat di mana semua orang di mana pun mereka berada bisa merubah hidup mereka dengan mengakses pengalaman belajar terbaik dari seluruh dunia”.

Canva memberikan berbagai pilihan kelas, guided project atau projek terarah, spesialisasi, setifikat profesional, sertifikat mastertrack, hingga gelar online.

Setiap kelas di Coursera diajar oleh pengajar terbaik dari berbagai perusahaan dan universitas. Ada berbagai kelas gratis dengan sarana video pengajaran, latihan, tugas, hingga forum diskusi.

Selain itu, ada juga kelas berbayar yang menyediakan kuis atau projek tambahan dan juga sertifikat di akhir kelas. Rata-rata setiap kelas di Coursera bisa diselesaikan dalam waktu empat sampai enam minggu.

Coursera juga memungkinkan untuk mendapatkan sertifikat profesional dan mastertrack. Sertifikat profesional mempersiapkan para peserta yang ingin mencari pekerjaan untuk memenuhi skill atau kemampuan mereka, sementara sertifikat mastertrack menyediakan sertifikat program Master yang digunakan untuk menunjang gelar universitas.

Kedua kelas jenis ini bisa diambil 100% secara online, dan bisa diselesaikan kurang dari 1 tahun. Pengajar juga berasal dari berbagai universitas top di dunia, sehingga terjamin akreditasinya.

Selain itu, Coursera juga menyediakan kelas online yang memungkinkan peserta mendapatkan gelar dari universitas berkelas di seluruh dunia. Pengajarnya pun langsung dari universitas yang bersangkutan dan peserta bisa menyelesaikan studinya dalam 1 – 4 tahun dan lulus dengan gelar terakreditasi.

baca juga

    Di era pandemi ini, Coursera meluncurkan kelas berjudul “Science Matters: Let’s Talk About COVID-19” yang dibawakan Jameel Institute di Imperial College London. Kelas ini menjadi yang paling populer di tahun 2020 dengan lebih dari 130 ribu peserta.

    Sekarang Coursera menyediakan aplikasi via iOS dan Android, sehingga video pembelajaran bisa diakses di mana saja dan kapan saja, baik via online maupun offline. Coursera juga sudah memfasilitasi pengguna dari berbagai belahan dunia dengan menambahkan pilihan subtitle dalam 40 bahasa pada video pembelajarannya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like