Kebanyakan sekolah atau universitas di Amerika Serikat mensyaratkan skor TOEFL sebagai syarat pendaftaran, sekaligus untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris. Karena itu mengikuti tes TOEFL sangat penting, terutama bagi kalian yang berminat untuk melanjutkan kuliah di sana.

Berapa syarat skor TOEFL untuk mendaftar kuliah?

Biasanya, setiap universitas sudah memiliki standar skor TOEFL-nya masing-masing. Jadi kalian hanya perlu berusaha untuk mendapatkan skor sesuai standard minimal atau bahkan lebih dari itu.

Jika kalian mendaftar di lebih dari satu universitas, kalian perlu menyesuaikan skor kalian supaya sesuai dengan standard di semua universitas tersebut, atau dengan kata lain mengacu pada skor minimal tertinggi. Rentang skor minimal TOEFL yang dibutuhkan untuk mendaftar universitas bisa sangat bervariasi.

Secara umum, semakin ketat kompetisi untuk memasuki suatu universitas, maka skor minimum TOEFL yang disyaratkan pun akan semakin tinggi. Tapi ini juga tidak secara otomatis berlaku untuk semuanya, karena bahkan ada universitas yang populer yang bahkan tidak membutuhkan skor TOEFL sebagai syarat mendaftar.

Kalian bisa mengecek di website resmi tiap universitas untuk mengecek standard skor TOEFL yang dibutuhkan. Beberapa hal yang perlu diingat adalah:

  • Tidak semua universitas memiliki syarat skor TOEFL yang ketat. Pada beberapa universitas, jika memiliki skor yang tidak memenuhi syarat, kalian mungkin langsung tidak bisa mendaftar. Tapi di beberapa universitas, bisa saja kalian masih bisa mendaftar, baik melalui jalur regular ataupun jalur yang lain.
  • Syarat skor TOEFL bisa berbeda tergantung jurusan dan departemen. Beberapa jurusan kuliah mungkin membutuhkan skor TOEFL yang lebih tinggi dibandingkan jurusan yang lain.
  • Beberapa universitas atau jurusan hanya menerima skor TOEFL iBT. Skor tes TOEFL dalam format lain mungkin tidak akan diterima. Tapi sekarang ini tes TOEFL iBT juga sudah lebih umum diadakan.

Di mana menemukan syarat skor TOEFL yang dibutuhkan?

Sebelum mendaftar, penting bagi kalian untuk mengecek dulu syarat TOEFL yang dibutuhkan, baik dari standard skor maupun jenisnya. Berikut adalah cara mencari syarat TOEFL untuk program sarjana dan magister:

Untuk program sarjana

Untuk bahasa inggris program sarjana , syarat skor TOEFL yang dibutuhkan biasanya sama semua di satu universitas, jadi tidak berbeda-beda tergantung jurusan. Kalian bisa mengetikkan di Google, “[nama sekolah] TOEFL requirements” atau “[nama sekolah] TOEFL minimum score”.

Saat hasilnya sudah keluar, kalian bisa meng-klik link website teratas yang biasanya merupakan website resmi universitas. Syarat skor TOEFL biasanya tergabung dalam informasi tentang syarat pendaftaran, dokumen aplikasi yang dibutuhkan, mahasiswa internasional, mahasiswa baru, atau FAQ.

Supaya lebih mudah, setelah masuk website kalian juga bisa langsung melakukan pencarian kata “TOEFL”. Jika kalian masih kesulitan menemukannya, kalian bisa langsung menghubungi pihak universitas untuk menanyakan apakah ada skor TOEFL minimum yang dibutuhkan bagi calon mahasiswa internasional.

Untuk program magister

Proses mencari syarat skor TOEFL untuk program magister atau doctor sedikit berbeda. Tidak seperti program sarjana, kebanyakan graduate programs di universitas mengatur standard yang berbeda tergantung jurusan atau departemennya.

Skor yang disyaratkan biasanya juga berbeda dari syarat skor TOEFL universitas secara umum, bisa saja lebih tinggi. Kalian bisa menemukan informasi tentang ini di website resmi jurusan atau departemen yang ingin kalian tuju.

Jika syarat skor TOEFL tidak ada di homepage, kalian bisa mencari halaman lain yang berhubungan dengan pendaftaran mahasiswa internasional, dokumen aplikasi yang dibutuhkan, atau syarat pendaftaran. Atau kalian bisa juga langsung mencari kata kunci “TOEFL” pada website.

Jika jurusan kalian tidak mencantumkan syarat skor TOEFL, kalian bisa menghubungi secara langsung dan menanyakan lebih lanjut tentang skor dan jenis TOEFL yang diterima.

Mengikuti kelas persiapan TOEFL

Supaya bisa mendapatkan skor TOEFL yang diinginkan, tentu saja kalian harus belajar dan mempersiapkan diri dengan baik. Salah satu cara untuk bisa belajar untuk ujian TOEFL dengan lebih cepat dan efektif adalah dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL.

Di sini kalian akan diajarkan berbagai materi yang bermanfaat, seperti:

Latihan speaking dan writing

TOEFL iBT yang sering dijadikan syarat pendaftaran universitas mengujikan materi speaking dan writing yang biasanya cukup sulit untuk para mahasiswa internasional. Dengan mengikuti kelas persiapan TOEFL, kalian akan diberikan banyak latihan soal yang sesuai dengan materi tes TOEFL yang akan diujikan.

Selain latihan soal secara umum, akan ada juga simulai ujian yang diberi waktu sesuai ujian yang sebenarnya, sehingga bisa semakin melatih kemampuan kalian. Setelah mendapatkan hasil dari simulasi, kalian bisa juga mendiskusikan hasil kalian dengan guru dan mendapatkan feedback yang bermanfaat.

baca juga

Latihan listening dan reading

Sama seperti latihan speaking dan writing, kalian juga akan diberikan banyak latihan soal tentang materi listening dan reading yang sesuai dengan materi yang akan diujikan. Setelah mendapatkan hasilnya, kalian bisa menganalisis bagian mana yang menjadi kekurangan kalian dan lebih fokus untuk memperbaiki kemampuan kalian.

Simulasi ujian TOEFL

Simulasi ujian di kelas persiapan TOEFL biasanya akan disesuaikan dengan panjang, format, dan struktur yang mirip dengan tes TOEFL sungguhan. Hasil dari simulasiujian ini nanti juga bisa di-review dan dievaluasi supaya bisa tahu di mana kesalahannya dan bisa diperbaiki.

Kemampuan bahasa Inggris umum

Tidak hanya untuk keperluan tes TOEFL saja, di kelas persiapan ini kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan seputar bahasa Inggris umum yang digunakan sehari-hari. Sehingga setelah mengikuti kelas, kalian juga akan bisa mendapatkan kemampuan bahasa Inggris tambahan, baik dari guru yang mengajar ataupun dari siswa lain di kelas.

Tips mencapai target skor TOEFL

Kalian bisa membuat tabel yang isinya daftar universitas yang ingin anda masuki, minimal skor TOEFL yang dibutuhkan, dan target skor TOEFL (bisa di atas batas minimum). Kalian juga bisa menambahkan kolom catatan untuk diisi berbagai informasi tentang tiap universitas yang jadi target kalian.

Jangan lupa juga untuk memastikan kalian tahu pasti syarat skor TOEFL yang dibutuhkan di tiap universitas. Kalian bisa menemukan informasinya di website resmi atau dengan menghubungi langsung pihak universitas.

Selanjutnya, jika kalian ingin mendaftar di lebih dari satu universitas, tentukan batas skor yang lebih tinggi. Kalian bisa menjadikan syarat minimal skor TOEFL tertinggi di antara universitas tersebut sebagai patokan.

Dengan begini, kalian bisa memperbesar kemungkinan untuk memiliki skor TOEFL yang sesuai untuk syarat pendaftaran. Tapi untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya juga untuk menargetkan sko TOEFL yang lebih tinggi dari standard minimum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like