https://www.franchise-waralaba.com – Indonesia memiliki banyak pengusaha lokal yang bisnisnya berumur panjang. Mulai dari bisnis kuliner, konveksi, fashion item, dan lain sebagainya. Faktanya, tidak banyak pengusaha lokal yang bergerak di bidang peralatan pertanian. Namun, tidak banyak bukan berarti tidak ada.

Di Yogyakarta ada sebuah pabrik produsen peralatan pertanian bernama CV. Karya Hidup Sentosa. Anda tidak familiar? Jika Anda belum tahu, mungkin Anda lebih mengenal produk buatannya yaitu Quick.

Quick Sebagai Produsen Tractor Tangan

Quick adalah merk traktor tangan yang diproduksi oleh CV. Karya Hidup Sentosa. Banyak orang yang mengira Quick adalah produk buatan Cina atau Jepang. Yang sebenarnya, produsen Quick merupakan warga asli orang Indonesia, yaitu Kirjo Hadi Suseno. Keduanya memulai usaha tersebut dengan memperhatikan peluang pasar yang ketika itu belum ada produsen traktor tangan.

Dulunya, CV. Karya Hidup Sentosa (KHS) berawal dari bengkel kecil yang dibangun pada 1953. Kirjo Hadi Suseno memproduksi traktor tangan dengan jumlah terbatas dan sesuai dengan pesanan (made by order). Tidak disangka, produk traktor tangan KHS diminati oleh petani karena hasilnya yang memuaskan. Alhasil, jumlah produksi pun meningkat.

Beberapa tahun kemudian, popularitas produk traktor tangan KHS semakin menanjak. Hingga pada 1972, Presiden Soeharto memberi penghargaan pada KHS yaitu Anugerah Satya Lencana Pembangunan. Hal ini membuat Kirjo Hadi Suseno semakin giat berusaha mengembangkan bisnisnya dengan terus memproduksi peralatan pertanian yang berkualitas.

Visi Dari Quick

Sebagai pengusaha lokal, Kirjo Hadi Suseno mengungkapkan bahwa visi CV. KHS adalah menjadi produsen mesin dan alat pertanian terkemuka di pasar nasional melalui inovasi dan perbaikan terus menerus dengan komitmen total demi kepuasan pelanggan.

Untuk mencapai visi tersbeut, Kirjo Hadi Suseno menjalin kerja sama (joint venture) dengan KUBOTA Corp , yaitu produsen mesin diesel yang terkenal di Jepang. Dari kerja sama tersebut, berdirilah PT KUBOTA Indonesia (KI) dan pabrik perakitan mesin diesel horizontal di Semarang.

Melalui kerja sama tersebut, CV. KHS turut berperan dalam merancang dan membuat komponen mesin diesel horizontal milik KUBOTA. Hal ini juga menguntungkan CV. KHS, karena bisa merancang spesifikasi mesin diesel KUBOTA yang sesuai dengan kondisi alam di Indonesia.

Head Machine dari KUBUTA

Traktor Quick buatan CV. KHS juga menggunakan mesin KUBOTA sebagai head machine  untuk menarik traktor tangan. Karena desain yang sederhana, mudah digunakan, dan mudah dirawat sehingga tidak mudah rusak, produk Quick bisa mendapat respon positif dari masyarakat, terutama petani.

Seiring waktu, CV. KHS berhasil meningkatkan jumlah dan kualitas hasil produksi. Peralatan pertanian yang diproduksi CV. KHS dengan merk Quick di antaranya adalah traktor tangan (power tiller), power thresher, dan produk peralatan pertanian lainnya Uniknya, ada kisah menarik di balik penamaan produk dengan merk Quick, yang sering disalahartikan sebagai merk luar.

Asal Mula NAma Quick

Dulu, ada pelanggan CV. KHS yang menawarkan diri untuk membantu memberi nama produk CV. KHS yang ketika itu belum bermerk . Ia menanyakan nama asli Kirjo Hadi Suseno, yaitu Kwik Hing Sie. Ia pun menyarankan nama Kwik  yang ditransliterasikan ke dalam Bahasa Inggris menjadi Quick  sebagai merk produk CV. KHS. Kirjo Hadi Suseno pun setuju.

Sejak saat itu, produk buatan CV. KHS diberi merk Quick, yaing berarti ganda yaitu produk buatan Kwik Hing Sie dan alat yang bisa mempercepat pekerjaan petani (Quick = cepat).

Sebagai perusahaan swasta Indonesia yang terbesar di bidang peralatan pertanian, CV. KHS berhasil mendapat sertifikat ISO 9001:2008. Selain produk traktor tangan, CV. KHS juga mengembangkan produk peralatan lainnya. Beberapa produk hasil dari pengembangan tersebut adalah generating set, exhaust manifold, spare parts otomotif, hingga spare parts mesin textile.

Bahkan, generating set dan exhaust manifold yang dibuat CV. KHS sudah diekspor ke KUBOTA Corp. di Jepang, dan beberapa produk lainnya juga diekspor ke beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, dan lainnya.

Perkerjakan 4000 Karyawan

Sekarang, CV. KHS sudah semakin berkembang hingga bisa mempekerjakan lebih dari 4000 karyawan. Peralatan yang diproduksi pun semakin beragam, di antaranya traktor tangan Quick, cultivator Quick, mini combine harvester Quick (mesin panen padi), foundry cast iron Quick, generator sound proof Quick, generator open type Quick, Automatic Main Failure for generator, Denyo/Stamford alternator, mesin diesel horizontal Kubota, mesin diesel vertikal Kubota, spare part alat pertanian, spare part mesin diesel, rubber roll, v-belt, gasket, bearing, piston ring, dan chain.

Untuk mendapatkan produk Quick, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta karena CV. KHS memiliki enam kantor cabang pemasaran yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, di antaranya Jakarta, Surabaya, Tanjung Karang, Medan, Makassar, dan satu kantor perwakilan (depo) Sidrap dan Nganjuk.

CV. KHS juga memiliki lebih dari 450 dealer/toko yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jumlah distributor tersebut, produk Quick berhasil menguasai market share di Indonesia, bahkan hingga 70% untuk produk traktor tangan.

Mengesankan, bukan?

baca juga EMCO, Brand Produk Cat Lokal Berusia Setengah Abad

Memulai Usaha Dari Bidang Pertanian

Dari produk peralatan pertanian yang hanya dikenal dan diketahui oleh kalangan tertentu saja, kita bisa belajar banyak hal dalam memulai usaha. Mulai dari pemilihan bidang usaha, yang dipertimbangkan dari keahlian dan peluang yang ada. Peluang tersebut menjadi besar nilainya ketika tidak banyak orang yang memilih untuk bergerak di bidang yang sama karena keterbatasan keahlian dan anggapan banyaknya resiko yang merugikan.

Namun, Kirjo Hadi Kusumo berhasil mendapatkan peluang tersebut dengan kegigihannya. Ia bahkan menjadi pengusaha swasta sekaligus produsen alat pertanian terbesar di Indonesia. Berawal dari bengkel kecil, mendapat penghargaan dari presiden, bekerja sama dengan perusahaan luar, ekspor produk ke luar Indonesia, hingga memiliki ratusan toko cabang yang siap melayani konsumen di mana saja.

baca juga

    Omzet Mencapai Milyaran Pertahun

    Dengan luas perusahaan 4,5 hektare, CV. KHS bisa menghasilkan 82.500 unit produksi tiap tahun. Omzet yang didapatkan dari penjualan produk pun ditaksir bernilai ratusan hinggan milyaran  per tahun. Selain itu, dari penjualan produk tersbeutlah, CV. KHS menjadi penyumbang pajak terbesar di Yogyakarta.

    Melalui eksistensi puluhan tahun, CV. KHS berhasil menjadi bukti penting atas kekuatan pengusaha lokal di tanah air.  CV. KHS pun masih berdiri kokoh tidak hanya sebagai perusahaan lokal, melainkan juga perusahaan keluarga yang sudah beregenerasi.

    Regenerasi perusahaan keluarga itulah yang juga menjadi kunci keberlangsungan hidup sebuah perusahaan lokal. Karenanya, penting untuk mempersiapkan generasi penerus agar bisnis tetap bisa berlanjut dengan inovasi dan kreasi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

    Yang terpenting adalah menentukan proses awal dan mempertahankan semangat berwirausaha. Seperti Kirjo Hadi Suseno, yang sering dipanggil Pak Kwik, yang berani mengambil peluang dan berusaha mengolah peluang tersebut dengan baik.

    Tertarik untuk mengetahui produk Quick lebih detail? Atau ingin mengenal CV. KHS lebih dekat?

    Anda bisa mengunjungi website resmi CV. KHS di www.quick.co.id atau mengunjungi perusahaannya langsung dan membuat janji temu kunjung di Jalan Magelang No. 144, Yogyakarta.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like