Undercover.co.id – Trend penggunaan media teknologi saat ini semakin berkembang dan bertambah maju. Perubahan positif tersebut sekaligus menjadi solusi untuk permasalahan masyarakat yang mengalami kesulitan di tengah zaman modern yang serba cepat dan penuh persaingan.


Financial Technology (Fintech) atau Teknologi Finansial, adalah suatu bentuk kemajuan teknologi yang berpadu dengan bidan finansial (keuangan). Fintech menjadi solusi berbagai permasalahan transaksi keuangan dan wujud dari yang dulunya, mungkin, hanya berupa angan semata.


Sebelum adanya Fintech, untuk melakukan transaksi keuangan seperti menabung, transfer dana, pinjam meminjam, hingga berinvestasi, haruslah melalui bank. Selain karena jadwal operasional bank yang terbatas hanya pada jam dan hari kerja, untuk aktivitas pinjam-meminjam, membuat banyak orang merasa terbebani.


Hampir semua bank yang menyediakan pinjaman, memberika syarat dan ketentuan seperti dokumen administrasi, persetujuan suku bunga, batas tenor pinjaman, dan agunan. Karenanya, tidak banyak orang yang berani mengajukan pinjaman melalui bank karena merasa tidak mampu untuk memenuhi syarat dan ketentuan yang diberikan.


Faktanya, ada banyak orang yang membutuhkan pinjaman untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, pendidikan, kesehatan, hingga untuk mengembangkan usaha. Dari permasalahan tersebutlah, muncul gagasan untuk meringankan transaksi keuangan, baik melalui lembaga perbankan maupun melalui perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau finansial.


Fintech menawarkan berbagai layanan yang selama ini tidak diberikan oleh lembaga perbankan konvensional. Konsep layanan yang diberikan perusahaan berbasis Fintech adalah kemudahan, kecepatan dan tidak ada batas waktu maupun ruang. Anda bisa melakukan transaksi apapun termasuk pinjam meminjam dengan syarat dan ketentuan yang cenderung mudah dan dapat dipenuhi dengan cepat, kapanpun, dan di manapun.


Seiring dengan meningkatnya popularitas Fintech, banyak perusahaan yang secara khusus membuat layanan perbankan berbasis Fintech. Bahkan, beberapa pengamat ekonomi memprediksi bahwa layanan perbankan berbasis Fintech akan menjadi pesaing kuat untuk lembaga perbankan konvensional, terutama bank.


Maka, tidak heran jika akan semakin banyak perusahaan berbasis Fintech yang bermunculan. Namun, tidak semua perusahaan tersebut secara resmi mendapatkan izin sekaligus pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga regulator keuangan negara.


Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan berbasis Fintech adalah PT Relasi Perdana Indonesia, dengan layanannya yang bernama Relasi. Berikut adalah uraian singkat yang bisa menambah informasi tentang layanan perusahaan Fintech khususnya PT Relasi Perdana Indonesia.

PT Relasi Perdana Indonesia (RPI)

 
Jika Anda mengunjungi situs resmi layanan Relasi, Anda akan membaca tagline “Solusi Pendanaan dan Pinjaman Bisnis Anda”. Sesuai dengan tagline tersebut, PT Relasi Perdana Indonesia (RPI) menyediakan layanan berbasis Fintech dengan sistem Peer to Peer (P2P) Lending.

Sistem tersebut memungkinkan Anda untuk mengajukan pinjaman dari jarak jauh secara online dengan syarat dan ketentuan yang relatif mudah dipenuhi.


Berdasarkan informasi situs resminya, RPI didefinisikan sebagai badan hukum yang didirikan sejak 5 April 2017 yang berperan sebagai marketplace P2P Lending dengan nomor surat tanda bukti terdaftar S-4193/NB.111/2017 pada 5 September 2017.


Perusahaan yang didirikan oleh Irwan Tanusolihin ini memiliki misi, yaitu menyediakan alternatif pendapatan bagi masyarakat umum yang dapat memberikan hasil pengembalian yang lebih tinggi dari instrumen, dan memberikan kontribusi secara nyata bersama dengan pelaku industri keuangan lainnya dalam rangka meningkatkan tingkat inklusi.

Relasi

 
Relasi adalah lsayanan berbasis Fintech dengan sistem P2P Lending buatan RPI. Layanan yang termasuk platform online dan telah dikembangkan menjadi aplikasi mobile ini dibuat oleh tim Relasi yang andal dan berpengalaman di bidang teknologi, pendanaan, dan pembiayaan.


Untuk itu, selain dijamin oleh OJK, Relasi juga dioperasikan oleh ahli yang profesional dan berpengalaman sehingga dapat menjadi layanan sekaligus mitra terpercaya untuk masyarakat, terutama untuk mereka yang membutuhkan pinjaman.


Ada lima jenis pinjaman yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Lima jenis pinjaman tersebut adalah

  1. Pinjaman Pembiayaan Proyek. Pinjaman yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, seperti pembelian bahan baku dan atau pembiayaan lainnya untuk penyelesaian suatu proyek. Pinjaman jenis ini sesuai untuk Anda yang sedang dalam proses pembangunan tempat usaha atau bangunan lainnya.
  2. Pinjaman Talangan. Pinjaman jangka pendek untuk mengatasi kekurangan dana yang bersifat sementara sambil menunggu pendanaan yang akan diperoleh di masa yang akan datang, cocok untuk Anda yang sedang kesulitan mencari pinjaman untuk kebutuhan usaha yang tiba-tiba.
  3. Pinjaman Investasi. Pinjaman untuk pembelian aset berupa tanah, bangunan, dan aset tak bergerak lainnya. Cocok untuk Anda yang sedang ingin membeli sebidang tanah atau membeli bangunan untuk membuka usaha.
  4. Pinjaman Pembiayaan Piutang. Pinjaman yang diberikan untuk sejumlah piutang yang sedang berjalan di sebuah perusahaan. Jika Anda seorang pengusaha yang memiliki piutang berjalan dan kesulitan memenuhinya, Anda bisa mengajukan pinjaman ini.
  5. Pinjaman Modal Kerja – Non Revolving. Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus, misalnya untuk pembelian persediaan dalam usaha yang sifatnya musiman. Pinjaman ini tepat untuk Anda yang akan membeli bahan baku usaha dalam jumlah besar dalam satu kali waktu.

Sama halnya dengan layanan pengajuan pinjaman lainnya, Relasi memiliki keunggulan yang menarik dan memberikan Anda keuntungan. Baik untuk pemberi dana (investor) maupun peminjam, keduanya akan sama-sama mendapatkan keuntungan.

baca juga


    Keunggulan sekaligus kelebihan Relasi dibanding layanan Fintech lainnya bagi pemberi dana (investor) adalah return yang lebih tinggi dari bunga deposito bank, proses pengajuan yang dapat dilakukan secara online di manapun dan kapanpun dengan cepat, dan terpercaya dan aman karena pinjaman yang Anda dapatkan dijamin dengan agunan berupa tanah dan bangunan.


    Sedangkan untuk peminjam, Relasi memiliki kelebihan yaitu skema dan pilihan pembayaran yang fleksibel sesuai kebutuhan Anda, pengajuan pinjaman secara online dan tim Relasi akan datang untuk survey kelayakan agunan dan usaha jika aplikasi pengajuan pinjaman telah lolos review, dan agunan yang bersifat fleksibel yaitu berupa tanah, bangunan, bahkan tanah kosong yang tidak diterima oleh bank.


    Bagaimana? Tertarik menjadi pemberi pinjaman atau peminjam melalui Relasi?
    Anda bisa segera mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pengajuan pinjaman dan menjadi pemberi pinjaman (investor) melalui Relasi dengan mengunjungi situs resminya di www.relasi.co,id atau mengunduh aplikasi mobilenya di Google Play Store dan Apss Store.


    Jika Anda memiliki pertanyaan terkait layanan Relasi, Anda bisa menyampaikannya secara langsung ke nomor Customer Service +6221-2259-9758 atau via email ke cs@relasi.co.id. Pastikan Anda menghubungi mereka pada hari kerja yaitu Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 agar pertanyaan Anda cepat ditanggapi oleh tim Relasi.
    Bila Anda berada di Tangerag, Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi kantor pusat PT Relasi Perdana Indonesia yang berlokasi di Ruko Premier Park II Blok AA No. 17, Modernland, Tangerang.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like