Undercover.co.id – Fintech atau Financial Technology yang juga dikenal dengan sebutan teknologi keuangan, menjadi fenomena baru yang sedang trend saat ini. Tidak dapat diketahui pasti sejak kapan fintech menjadi sebuah fenomena yang digandrungi masyarakat ekonomi di Indonesia.

Namun, yang pasti adalah fintech sudah masuk ke dalam berbagai aktivitas keuangan saat ini.


Tidak heran jika banyak perusahaan yang turut tertular dengan adanya trend fintech seperti bank, koperasi, dan lain sebagainya. Bahkan ada beberapa perusahaan start up yang mulai menghasilkan produk jasa dengan mengikuti trend fintech.


Bila Anda adalah orang yang up to date dengan perkembangan fintech, Anda pasti tidak asing dengan perusahaan-perusahaan dengan produk jasa di bidang fintech. Seperti yang akan diulas pada artikel kali ini, yaitu PT Dana Kita Data Prima.

PT Dana Kita Data Prima

PT Dana Kita Data Prima adalah perusahaan fintech yang menyediakan jasa peminjam uang dan media bagi para pemodal untuk berinvestasi. Sederhananya, PT Dana Kita Data Prima merupakan salah satu penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi.


Secara resmi, PT Dana Kita Data Prima telah tercatat sebagai perusahaan fintech yang terpercaya dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan sejak 27 April 2017. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk ragu menggunakan jasa PT Dana Kita Data Prima.


Selain itu, PT Dana Kita Data Prima diketuai oleh profesional yang berpengalaman, yaitu Prakash Palaniappan. Ia adalah lulusan Stanford University California yang pernah memulai karirnya sebagai pengelola situs Singapore Airline. Prakash Paliappan juga berpengalaman di bidang investasi pertambangan batu bara dan pernah  menjadi penasihat investor di Asia Tenggara.

Ketentuan Peminjaman DanaKita

Sesuai namanya, jasa layanan peinjaman berbasis fintech milik PT Dana Kita Data Prima adalah DanaKita. Sudah banyak orang yang membuktikan kredibilitas dan kemudahan dalam transaksi peminjaman melalui DanaKita.


Berdasarkan keterangan yang tertera pada situs resminya, ada beberapa ketentuan yang harus Anda cermati sebelum melakukan peminjaman melalui DanaKita. Ketentuan tersebut di antaranya adalah:

  1. Layanan DanaKita diperuntukkan bagi Anda yang berusia di atas 18 tahun
  2. Dengan menggunakan layanan DanaKita berarti Anda menyetujui dan mematuhi setiap instruksi, panduan, pemberitahuan, peraturan pengoperasian, dan kebijakan lainnya yang berkaitan dengan penggunaan jasa dan perubahan yang diberlakukan oleh DanaKita, sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Kebijakan yang Anda setujui adalah sebagai berikut:
  3. Anda dilarang bertindak sebagai orang lain/lembaga/badan hukum lainnya, karena hal tersebut bisa dideteksi ketika proses verifikasi identitas
  4. Anda tidak diperkenankan menggunakan akses platform layanan DanaKita untuk tujuan melawan hukum atau tindak pidana lainnya
  5. Dilarang mengakses akun atau hal lainnya yang bukan kewenangan Anda, dengan tujuan mengacaukan sistem komputer atau jaringan internet yang terhubung pada platform layanan DanaKita
  6. Tidak diperbolehkan memasukkan atau membagikan dokumen dan hal sejenis lainnya yang dilarang secara hukum melalui patform layanan
  7. Dilarang enganggu pemanfaatan dan kegunaan lain pada platform layanan
  8. Anda dilarang menggunakan atau mengunggah program atau jenis materi lain yang terdetekdi memuat virus, komponen perusak atau berbahaya

Hak yang Bukan Kewajiban DanaKita

Meski sudah diproteksi dengan teknologi pengelolaan platform, Anda harus mengetahui bahwa DanaKita tetap memabatasi diri untuk kenyamanan bersama antarpengguna.

Hal ini bukan berarti DanaKita lepas tangan terhadap segala gangguan, namun pengawasan dilakukan secara umum, agar privasi para pengguna platform layanan DanaKita tetap terjaga dan pengguna pun bisa bertanggungjawab secara mandiri dengan akses akun masing-masing.


Berikut adalah hak yang bukan kewajiban DanaKita:

  1. Memantau, melindungi, dan mengontrol setiap kegiatan beserta isi dan materi yang ada pada platform
  2. Mencegah atau melarang akses dari konsumen ataupun calon konsumen ke platform layanan
  3. Melaporkan setiap kegiatan yang dicurigai sebagai pelanggaran hukum dan undang-undang kepada pihak yang berwenang
  4. Meminta informasi data sehubungan dengan penggunaan atau akses platform layanan, kecuali pihak pengelolah platform mencurigai adanya data atau informasi yang tidak akurat, keliru, dan menipu.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan layanan DanaKita pada situs resminya di www.danakita.com.

Proses Peminjaman DanaKita

Untuk bisa melakukan peminjaman DanaKita, ada beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, di antaranya:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Kartu Keluarga
  3. Surat Keterangan Kerja
  4. Slip Gaji Terakhir
  5. Surat Keterangan Domisili (bila alamat berbeda dengan KTP)
  6. Akta Nikah/Cerai (jika sudah menikah/bercerai)

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai 5 juta rupiah hingga sepuluh juta rupiah, dengan jangka waktu 6 bulan, 8 bulan, dan 12 bulan. Kelengkapan dokumen untuk administrasi dan verifikasi identitas tersebut bisa Anda penuhi setelah teregistrasi melalui platform layanan DanaKita.


Pinjaman sesuai permintaan Anda, akan diberikan ketika identitas Anda sudah terverifikasi. Pihak DanaKita akan memverifikasi identitas Anda dengan menghubungi dan mengunjungi perusahaan dan pasangan (suami/istri) Anda. Jika sudah terverifikasi, Anda akan diberikan surat perjanjian yang harus Anda tandatangani.


Dana pinjaman Anda akan segera ditransfer melalui rekening bank setelah Anda menandatangani surat perjanjian. Yang perlu Anda ketahui, bahwa setiap pinjaman Anda, akan dikenai biaya sebesar 5% dari jumlah pokok pinjaman. Biaya tersebut akan dipotong sebelum dana pinjaman dikirim ke rekening Anda.

Proses untuk Pemberi Pinjaman

Selain mengajukan pinjaman, Anda juga bisa menjadi pemberi pinjaman dengan beberapa syarat. Syarat tersebut adalah Anda diundang secara khusus oleh PT Dana Kita Data Prima. Hal ini karena DataKita masih dalam tahap beta testing.
Juga, untuk pihak peminjam yang terundang, harus mengisi akun pendanaan minimal 100 juta rupiah. Namun, bila Anda tertarik secara khusus untuk menjadi pemberi pinjaman, Anda bisa menghubungi DanaKita melalui email ke webmaster@danakita.com.
Meski Anda menjadi pemberi pinjaman, Anda tidak diperkenankan untuk mengetahui data pribadi peminjam. Namun, PT Dana Kita Data Prima menjamin keamanan dana pinjaman yang sudah Anda berikan dengan menyediakan skor kredit, data demografi dan pinjaman untuk Anda.

baca juga

    Jadi, Apakah itu DanaKita?

    DanaKita meruapakan salah satu penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi. Dengan kata lain, DanaKita bukan pemberi pinjaman tapi wadah untuk para pemberi pinjaman dan peminjam dana untuk saling berhubungan melalui platform layanan DanaKita.


    Sekali lagi, DanaKita bukanlah pemberi pinjaman secara langsung. Dengan identitas resmi yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui POJK Nomor 77/POJK.01/2016, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa layanan keuangan DanaKita.


    Jika Anda ingin mengetahu lebih lanjut tentang DanaKita, Anda bisa mengunjungi situs resminya atau menghubungi langsung melalui email ke webmaster@danakita.com. Anda juga bisa mengunjungi kantor pusat PT Dana Kita Data Prima di Gedung Menara Rajawali Lantai 11, Jalan Dr. Ide Anak Agung, Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like