https://www.franchise-waralaba.com – Seiring berjalannya waktu, perkembangan fashion item di dunia semakin pesat. Banyak fashion item yang dikreasikan dari berbagai benda yang sebelumnya tidak dianggap fashionable. Salah satu fashion item yang banyak digemari dan yang memiliki fungsi estetik setelah menjadi fashion item adalah kacamata.

Kacamata secara fungsional, membantu untuk memperbaiki kondisi mata seseorang yang mengalami gangguan penglihatan. Namun, beberapa orang mulai menggunakan kacamata sebagai bagian dari gaya berpakaian atau fashion item yang berciri khas.

Hal ini dimulai dari penggunaan kacamata yang awalnya untuk membantu memperbaiki kondisi penglihatan, beralih menjadi pelengkap bahkan penyempurna penampilan seseorang, seperti populernya penggunaan kacamata aviator (kacamata khusus pilot tentara Amerika Serikat) karena digunakan oleh Tom Cruise di film Top Gun pada  1986.

Di Indonesia, kacamata sebagai fashion item bukanlah barang langka. Banyak orang terutama publik figur seperti artis hingga model yang menggunakan kacamata untuk menunjang penampilan mereka. Bahkan, muncul istilah bahwa kacamata tidak lagi hanya menjadi alat bantu penglihatan namun menjadi bagian penting dalam life style.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, menyebabkan segala sesuatunya memiliki peluang bisnis. Termasuk dalam memanfaatkan popularitas kacamata sebagai fashion item. Optik Seis adalah salah satu pelopor bisnis di bidang fashion item untuk kacamata.

Optik Seis  merupakan bisnis ritel di bidang fashion item kacamata yang sudah terkenal dengan mengusung berbagai top brand  kacamata luar negeri di Indonesia.

Beberapa brand kacamata yang dijual secara khusus di Optik Seis adalah Ray Ban, Oakley, Prada, Dolce and Gabbana, Calvin Klein, Emporio Armani, Police, Saint Laurent, Bottega Venetta, Stella McCartney, Alexander McQueen dan beberapa top brand lainnya. Penjualan kacamata dengan brand–brand tersebut juga membuat Optik Seis  memiliki hak eksklusif secara resmi dalam hal pelayanan dan penjualan lebih lanjut yang tidak dimiliki optik lain.

Tidak jarang bisnis lokal yang bekerja sama dengan produk luar sebagai distributor secara resmi. Dengan segudang top brand yang tersedia, sejarah Optik Seis menjadi hal penting yang menarik untuk diketahui. Menurut Rudhy Buntaram, Director of Optik Seis, bisnis yang mengkhususkan diri sebagai ahli kacamata tersebut dimulai oleh kakeknya. Toko pertama Optik Seis dibuka kali pertama di Pasar Baru pada 1927. Dalam kurun waktu sembilan puluh tahun, Optik Seis berhasil menjadi pesaing untuk bisnis sejenis di dalam negeri.

Dilansir dari wawancara Brava Radio, Rudhy Buntaram menjelaskan bahwa kunci keberhasilan bisnis keluarganya tersebut adalah konsistensi dan upaya mengembangkan bisnis sesuai dengan perubahan di sekitarnya, terutama trend.

Jika dulu Optik Seis lamban dalam mengikuti perkembangan trend fashion item, sekarang Optik Seis sudah mampu menyamakan kedudukan dengan bisnis sejenisnya dan tetap terus meengembangkan eksistensi dirinya di kancah bisnis. Di antaranya melalui kerja sama dengan brand–brand luar yang sudah terbukti kualitas dan popularitasnya.

Tidak hanya itu, menurutnya menjadi pebisnis juga harus memiliki sifat kompetitf dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Bagi pria yang sukses digandeng Billy Boen sebagai founder PT Jakarta International Management (JIM) tersebut, kacamata bukan sekadar alat bantu melihat, tapi juga membuat pemakainya tampak trendy dan menjadi bagian dari gaya berpakaian.

Keyakinannya tersebut membuatnya yakin untuk terus mengeksplorasi bisnisnya hingga seratus tahun, bahkan selamanya.

Layaknya optik pada umumnya, Optik Seis memiliki koleksi frame berbagai merk, dengan berbagai bahan seperti plastik, logam, hingga titanium sesuai kebutuhan pembeli. Tidak hanya itu, Optik Seis berhasil melebarkan sayap dengan menyediakan produk berkualitas lainnya seperti contact lens dalam berbagai pilihan menarik. Harga yang dibeirkan untuk produk Optik Seis  pun beragam.

Produk kacamata rerata dibandrol mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 9.000.000, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk produk contact lens bisa didapatkan mulai dari Rp 230.000,-.

Optik Seis juga siap melayani servis kacamata seperti penggantian lensa atau memperbaiki bagian yang yang rusak atau lepas. Namun, servis yang diberikan hanya untuk brand kacamata yang dijual di Optik Seis.

Untuk masalah strategi marketing, Optik Seis memiliki banyak strategi yang tidak kalah dengan bisnis-bisnis sejenisnya. Yang rutin dilakukan oleh Optik Seis  adalah pemberian diskon untuk tiap pembelian kacamata dengan ketentuan yang berlaku, misalnya untuk pembelian menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan potongan harga hingga 30%.

Optik Seis juga turut mempromosikan kacamata top brand yang dimilikinya dengan melibatkan publik figur. Peringatan 90 tahun pada September 2017 kemarin, Optik Seis sukses mengadakan “90 Frames of Fame” yang diisi oleh 120 selebritas dengan sembilan penata gaya ternama.

Di bidang kepedulian sosial, Optik Seis juga turut andil, misalnya pada World Sight Day, Optik Seis sempat menggelar pemeriksaan mata gratis bagi siswa dan guru dan membagikan 3000 kacamata gratis untuk guru/siswa yang membutuhkan.

Setiap tahun, Optik Seis selalu menyediakan warna dan suasana baru untuk koleksi kacamata dari top brand yang up to date. Juga, Optik Seis senantiasa memanjakan kolektor dan pengagum kacamata di Indonesia dengan berbagai koleksi unik.

Optik Seis pernah dengan berani menjadi pemilik koleksi kacamata limited edition dari brand Dolce and Gabbana yaitu Carreto Siciliano yang hanya diproduksi 100 buah di dunia dengan harga Rp 100 juta pada pertengahan 2016 lalu. Pada April 2017, Optik Seis berhasil mendatangkan label kacamata hipster terbaru yaitu Oliver Peoples asal California yang berhasil membuat koleksi ikonik seperti koleksi The Row untuk Ashley dan Mary-Kate Olsen.

Belajar dari bisnis fashion item Optik Seis memanglah menarik. Pada kenyataannya, tidak banyak bisnis yang mampu bertahan hingga lebih dari dua generasi, apalagi di bidang fashion item. Optik Seis berhasil membuktikan diri pada Anda, bahwa setiap bisnis yang ditekuni dengan upaya dan usaha yang bersungguh-sungguh pasti mampu dipertahankan.

Perkembangan teknologi, informasi, dan mode fesyen menjadi syarat mutlak bagi Anda, para pebisnis, untuk memajukan bisnis melalui usaha yang kompetitif. Bila Anda masih pemula, jangan lupa untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan berani, yang bisa menjadi langkah besar Anda dalam memulai bisnis.

baca juga

    Sebagai bisnis ritel profesional, Optik Seis tidak hanya terkenal di dalam negeri, namun juga mampu membuat nama Indonesia dikenal oleh bisnis-bisnis fashion item ternama di dunia melalui kerja sama. Hal ini pula yang membuat Anda bisa dengan bangga menyebut Optik Seis  sebagai bagian dari penyedia fashion item top brand untuk masyarakat lokal di Indonesia.

    Kini, Optik Seis memiliki 135 gerai yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan sasaran para pemerhati fashion, artis, model, hingga kalangan muda, Optik Seis  mampu meraih omzet penjualan puluhan juat setiap bulan. Mengesankan, bukan? Tertarik untuk membeli kacamata top brand dunia? Anda bisa mengunjungi Optik Seis terdekat di kota Anda atau mengunjungi optikseis.com untuk melihat koleksi kacamata terbaru dari Optik Seis.



    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like