Jeff Bezos adalah salah satu dari sedikit pebisnis yang mengawali usahanya dari nol sebelum akhirnya meraih sukses dalam waktu yang relatif singkat. “Amazon” awalnya dia bangun dari garasi rumah orang tuanya dengan hanya menyediakan produk buku untuk dijual.

Namun, dalam perkembangannya Amazon menjelma menjadi situs perjualan online terbesar di dunia dengan menyediakan berbagai produk yang lengkap dan menjadikan laki-laki kelahiran Mexico, 12 Januari 1964 ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Bukan hal yang mudah untuk menjadikan bisnis yang berangkat dari nol bertrasnsformasi menjadi raksasa bisnis online dalam kurun waktu hanya sekitar 2 dekade. Butuh strategi dan kiat-kiat khusus.

Inilah strategi yang diungkap pendiri Amazon kepada para pelaku bisnis untuk dapat menuai sukses.

Buat Skala Prioritas

Dengan modal yang terbatas, Bezos selalu membuat skala prioritas untuk dapat menerapkan sistem penghematan bagi perusahaan yang dia jalankan. Alokasi dana lebih diutamakan untuk pengembangan dan pertumbuhan bisnis secara berkesinambungan.

Salah satu penerapannya dengan tidak membiasakan karyawan Amazon terhadap berbagai fasilitas yang nyaman dan gratis. Mereka dibiasakan untuk bekerja keras serta fokus terhadap tugas yang diemban.

Fokus Terhadap Pelanggan

Kepuasan pelanggan menjadi point terpenting di mata Bezos. Oleh sebab itu sejak awal Amazon berdiri, secara konsisten dia mempelajari  perilaku dan kebutuhan pelanggan. Segala apa yang dicari dan dibutuhkan pelanggan sebisa mungkin akan dipenuhi oleh Amazon.

Untuk dapat menampung berbagai keluhan dan masukan daari pelanggan, Bezos melakukannya dengan banyak cara. Salah satunya dengan menyediakan ruang kepada pelanggan untuk menyampaikan apapun untuk dapat dijadikan sebagai tolok ukur pelanggan lainnya.

Berpikir Jangka Panjang

Banyak pebisnis yang berupaya untuk meraih laba besar disetiap kesempatan, tidak perduli meski harus mengorbankan masa depan perusahaan. Hal tersebut tidak berlaku bagi Amazon, karena Bezos selalu berpikir jangka panjang untuk masa depan perusahaannya.

Setiap langkah dan kebijakan bisnis yang dibuat selalu mengacu pada pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan. Sehingga yang dikejar bukan laba besar yang diperoleh dalam waktu singkat, melainkan bagaimana keberlangsungan dari Amazon.

Libatkan Semua Orang

Ada pola unik yang diterapkan Amazon dalam setiap rapat dan pertemuan, yaitu dengan meminta semua yang hadir dalam rapat untuk menuliskan ide dan gagasan mereka ke dalam lembaran kertas. Selanjutnya, mereka yang datang diberi kewajiban untuk membaca dan membedah ide tersebut. Sehingga keputusan yang diambil perusahaan berdasarkan ide dan gagasan semua yang hadir dalam rapat.

Bezos juga tidak biasa membangun tim yang besar, melainkan membentuk beberapa tim kecil dan produktif. Karena hal tersebut dipandang lebih efektif untuk membuat karyawan menuangkan ide-ide cemerlang mereka dan menjadikan perusahaan lebih produktif.

Tertantang untuk Berkembang

Sebelum menjadi situs belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan, Amazon awalnya hanya menjual buku. Karena tertantang untuk terus tumbuh dan berkembang, Bezos pun menyediakan berbagai produk yang lain.

Saat ini produk apapun yang dijual perusahaan sejenis bisa diperoleh melalui Amazon. Itupun masih belum membuat Bezos puas karena selalu tertantang untuk terus berkembang. Hal itulah yang membuat produk yang tersedia di Amazon sangat lengkap, bahkan sebagian diantaranya tidak ditemukan di perusahaan sejenis.

baca juga

Berani Ambil Risiko

Bisnis apapun selalu memiliki risiko, dan perusahaan yang ingin meraih sukses besar biasanya juga harus menghadapi risiko yang besar. Kondisi tersebut disadari benar oleh Bezos dan dia tidak takut untuk mengambil risiko karena dia sudah belajar tentang bagaimana cara untuk menghadapi risiko tersebut.

Itu sebabnya, saat akan membangun Amazon, dia korbankan seluruh tabungannya untuk mendanai bisnis yang akan dia rintis. Begitu juga di tengah perjalanan bisnis, dia tidak segan-segan menghabiskan seluruh tabungannya untuk menambah modal pengembangan bisnis.

Tapi karena semua yang dia lakukan sudah terukur dan melalui serangkaian pertimbangan, maka buah yang dia raih adalah kesuksesan dalam waktu yang relatif singkat. (*)

error: Content is protected !!