Menulis Siaran Pers

Menulis Siaran Pers , Menulis siaran pers. Ingin meningkatkan peluang Anda untuk menonjol dan membuat cerita Anda didengar? Dan tahu jenis informasi yang harus disertakan? Dan memiliki keterampilan untuk menyajikan rilis untuk ruang redaksi yang sibuk? Bisakah Anda menarik perhatian jurnalis berita yang tertekan? Dan pertahankan minat mereka.

Menulis rilis pertama Anda bisa menjadi hal yang menakutkan. Tapi di sini Anda akan menemukan semua yang Anda butuhkan untuk menyusun siaran pers yang menarik. Ditambah template untuk membantu Anda memulai.


Isi

1 Apa itu siaran pers?
1.1 Pertimbangan lain saat menulis siaran pers
1.2 Bagaimana siaran pers digunakan
1.3 Mengapa Anda ingin mengeluarkan siaran pers?
2 Apa yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mulai menulis siaran pers
2.1 Apakah informasi Anda layak diberitakan?
2.2 Siapa yang akan tertarik?
2.3 Kapan harus mengirimkan informasi Anda
3 Kumpulkan fakta Anda
3.1 Enam pertanyaan kunci untuk ditanyakan
4 Susun Siaran Pers Anda
4.1 Judul
4.2 Menulis isi teks Anda
4.2.1 Nada dan gaya
4.2.2 Gunakan kutipan
4.3 Apa lagi yang harus disertakan dalam siaran pers Anda?
4.3.1 Tambahkan foto
4.3.2 Rincian kontak
4.3.3 Informasi tambahan
4.3.4 Catatan untuk editor
4.3.5 Pelat Ketel
5 Templat siaran pers
6 Daftar periksa siaran pers Anda
6.1 Dua pertanyaan
6.2 Daftar periksa lengkap
6.3 Apa yang harus Anda hindari
7 Dan akhirnya…


Apa itu siaran pers?
Siaran pers adalah sarana untuk menjangkau media berita. Rilis yang ditulis dengan baik adalah kunci untuk menerbitkan cerita Anda.

Tips dari undercover.co.id agency jasa press release media nasional indonesia , Anda memiliki informasi yang ingin Anda publikasikan. Tujuan utama Anda adalah untuk meyakinkan editor berita bahwa cerita Anda layak diberitakan dan akan menarik minat masyarakat luas. Jadi, langkah pertama Anda adalah menyajikan informasi Anda sedemikian rupa sehingga akan menarik perhatian editor berita dan audiens yang Anda tuju.

Orang ketigaDitulis dalam orang ketiga , Anda hanya menawarkan item berita yang menarik. Misalnya, “itu” atau “mereka”. Alamat pribadi langsung, seperti “Anda”, “Saya”, “kami”, berfungsi dengan baik dalam percakapan dan periklanan, tetapi kenyamanan tidak memiliki tempat dalam laporan berita. Jaga agar nada tetap objektif dan faktual.

Bertujuan untuk memberikan informasi yang berguna, akurat dan menarik kepada wartawan. Berguna, akurat dan menarik , semudah itu.

Dipublikasikan seperti menerima dukungan atas karya Anda, pesan Anda, dan Anda. Ini memberi Anda kredibilitas dan meningkatkan profil Anda. Dan ingat, menyiarkan publisitas Anda sebagai berita jauh lebih murah daripada membayar iklan.

Pertimbangan lain saat menulis siaran pers


Di Wartawan dengan komputerdunia sekarang ini, siaran pers merupakan bagian penting dari pemasaran online dan komunikasi digital. Mereka biasanya dikirim melalui situs web atau melalui email. Mereka juga dapat menjadi bagian dari kit pers lengkap dengan foto-foto, disertai dengan surat pengantar. Namun, tidak banyak orang yang menggunakan pos tersebut sekarang.

Hanya sedikit orang yang memahami bagaimana siaran pers harus disusun. Tapi, ada elemen dasar yang harus umum untuk mereka semua.

Anda dapat memutuskan untuk menyewa seorang jurnalis atau ahli lainnya untuk menulis siaran pers atas nama Anda. Meski begitu, untuk mengevaluasi keberhasilannya, Anda perlu mengetahui apa yang harus dimasukkan ke dalam siaran pers yang baik.

Bagaimana siaran pers digunakan
Jenis publikasi apa?Karena media memiliki suara yang kuat, mereka membentuk kehidupan dan opini jutaan orang. Jenis publikasi mana (koran, radio lokal, TV, majalah) yang Anda dekati, akan memengaruhi peluang Anda untuk diterbitkan.

Koran lokal dan stasiun radio haus akan berita baik. Jadi, mereka cenderung menyambut inisiatif Anda. Perusahaan televisi regional akan mencari cerita yang paling kuat dengan gambar yang paling menonjol. Majalah perdagangan dan majalah spesialis lainnya mungkin menjadi sasaran yang baik karena sirkulasinya relatif kecil dan artikelnya lebih terfokus.

Sebelum Anda mulai menulis, luangkan waktu untuk mempelajari media-media ini dan coba temukan cerita yang berasal dari siaran pers. Anda juga akan melihat bahwa surat kabar dan majalah berbeda satu sama lain dalam gaya dan isinya. Tulis siaran pers Anda dengan mempertimbangkan kebutuhan dan pembaca mereka.

Jauh lebih sulit untuk menerbitkan rilis Anda di surat kabar nasional dan publikasi konsumen. Mereka memiliki angka sirkulasi yang tinggi dan jangkauan kepentingan yang lebih luas. Ingat juga bahwa siaran pers Anda akan menjadi salah satu dari sejumlah besar rilis yang diterima ruang redaksi setiap hari. Jika itu menonjol sebagai hal yang menarik, relevan, dan layak diberitakan, Anda akan memiliki peluang publikasi yang lebih baik.

Mengapa Anda ingin mengeluarkan siaran pers?
Siaran pers mungkin berisi rincian acara yang Anda selenggarakan atau mungkin undangan untuk menghadiri sesi pemotretan. Contohnya:

  • Memperkenalkan produk atau layanan baru
  • Publikasikan acara, peringatan, atau tonggak masa depan
  • Mengiklankan hari terbuka, seminar atau konferensi
  • Umumkan janji baru
  • Luruskan catatan atau protes
  • Perbarui audiens target Anda tentang suatu masalah
  • Bangun kesadaran akan organisasi Anda
  • Publikasikan penemuan baru atau terobosan ilmiah
  • Mengumumkan penghargaan
  • Permohonan donasi
  • Panggilan untuk sukarelawan
  • Perjelas apa yang ingin Anda capai. Pastikan Anda mendekati media untuk alasan yang tepat.

Apa yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mulai menulis siaran pers
layak diberitakanApakah informasi Anda layak diberitakan?
Apa yang ingin Anda katakan? Pikirkan baik-baik apa pesan utama Anda. Bisakah Anda menjelaskannya dengan sederhana dan jelas? Sorot bagian paling menarik dari cerita atau peristiwa yang ingin Anda publikasikan.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apakah ini sesuatu yang dibutuhkan atau ingin diketahui orang?
  • Apa yang unik dari cerita ini?
  • Apakah ini yang pertama, apakah ini satu-satunya acara yang diadakan seperti itu di wilayah Anda?
  • Bisakah Anda menjelaskannya dengan sederhana dan jelas?
  • Apakah itu akan mempengaruhi banyak orang?
  • Singkatnya, apakah itu layak diberitakan?
  • Tidak semuanya adalah berita. Sebelum Anda mendekati seorang jurnalis, atau bahkan mulai menulis, ingatkan diri Anda tentang apa yang layak diberitakan . Lihat nilai Pendahuluan dan Berita yang mendorong bagian berita utama hari ini di halaman nilai berita saya . Ini akan memungkinkan Anda untuk menemukan cerita yang layak dipublikasikan.

Siapa yang akan tertarik?
Ketahui audiens target Anda. Koran, jurnal, stasiun radio, atau perusahaan televisi mana yang paling baik menyiarkan pesan Anda? Baca beberapa edisi publikasi mereka, atau dengarkan gaya penyiaran mereka. Luangkan waktu untuk membaca situs web mereka.

Saat memutuskan di mana akan menyampaikan cerita Anda, pastikan:

jumlah pembaca atau pemirsa mereka sesuai dengan audiens yang Anda tuju
produk, layanan, atau acara Anda berada dalam jangkauan area mereka
HadirinJadi, misalnya, pembaca majalah niche akan sangat berbeda dengan pembaca koran lokal. Jika Anda adalah perusahaan perangkat lunak, tanyakan pada diri Anda mengapa publikasi yang menulis tentang kendaraan komersial, akan menjalankan cerita Anda?

Mengapa tidak menulis versi berbeda dari rilis Anda untuk audiens berbeda yang Anda targetkan? Pertimbangkan pengetahuan apa yang mereka miliki tentang perusahaan dan produk Anda, dan jenis bahasa yang paling mereka pahami. Bahasa yang digunakan untuk menggambarkan proses produksi, misalnya, mungkin relevan untuk audiens spesialis teknik, tetapi tidak untuk masyarakat umum.

Setelah menetapkan outlet berita terbaik, lihat masing-masing dan analisis gaya artikel dan, jika perlu, gambar yang mereka gunakan. Semakin dekat Anda dapat mencocokkan gaya mereka, semakin besar kemungkinan artikel Anda akan digunakan.

Kapan harus mengirimkan informasi Anda?
Tepat waktuTepat waktu. Pilih saat yang tepat untuk membuat pengumuman Anda.

Anda mungkin ingin menahan siaran pers Anda dari publikasi sampai lain waktu. Misalnya, Anda dapat memberikan beberapa informasi lanjutan sebelum membuat pengumuman penting pada konferensi pers. Anda mungkin ingin mengirimkan pratinjau suatu produk sebelum tanggal rilisnya, atau mengirimkan salinan pidato kepresidenan beberapa jam sebelumnya. Jika demikian, Anda perlu menandai pembebasan Anda sebagai ’embargo’.

Embargo meminta organisasi berita untuk menahan diri dari menerbitkan berita sampai waktu dan tanggal yang ditentukan. Ini memiliki keuntungan tambahan untuk merangsang minat dan memberikan waktu yang cukup bagi wartawan untuk menyiapkan berita mereka. Tetapi berhati-hatilah. Apa yang Anda katakan sebelumnya juga dapat mengurangi dampak Anda.

Anda dapat mengembargo seluruh siaran pers Anda, atau hanya sebagian saja, dan Anda dapat menentukan waktu yang tepat kapan Anda ingin berita tersebut dipublikasikan. Cukup tambahkan kata-kata: ‘Diembargo sampai…’ sebelum tanggal dan waktu yang Anda tentukan. Editor tidak berkewajiban untuk mematuhi embargo, tetapi dalam banyak kesempatan mereka akan melakukannya.

Jika Anda ingin cerita Anda langsung dilaporkan, sertakan kata-kata: ‘Untuk segera dirilis’.

Kumpulkan fakta Anda
Sebuah cerita yang menarik dan ringkas akan menarik perhatian seorang jurnalis berita saat mereka membaca siaran pers Anda. Sebelum Anda mulai menulis, jelaskan dan pikirkan dengan tepat apa yang ingin Anda katakan.

Enam pertanyaan kunci untuk ditanyakan
5Ws 1HWartawan belajar ada enam pertanyaan yang harus dijawab agar sebuah berita menjadi lengkap. Setiap siaran pers harus menjawab semua enam pertanyaan W. Atau, lebih tepatnya, Lima W dan Satu H, siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana .

Jika Anda menulis tentang suatu peristiwa yang ingin Anda publikasikan, katakan apa itu, dan di mana dan kapan itu terjadi. Anda juga perlu menjelaskan siapa Anda dan mengapa Anda menyelenggarakan acara tersebut.

Ketika Anda telah menulis siaran pers Anda, pastikan Anda telah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini:

Siapa – apakah pemain kuncinya? Siapa yang mempengaruhi berita Anda dan siapa yang diuntungkan?
Tentang apa ? Apa yang baru?
Kapan – akankah itu terjadi?
Di mana – akankah itu terjadi?
Bagaimana – itu akan terjadi?
Mengapa – apakah itu terjadi? Mengapa ini penting?
(Penulis dan penulis cerita pendek, Rudyard Kipling, mengetahui nilai dari 6 pertanyaan kunci ini ).

Cerita berita adalah tentang memberikan informasi, jadi tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada cerita dengan pertanyaan yang belum terjawab.

Wartawan menyukai fakta dan angka, terutama jika itu relevan dengan perhatian khusus mereka. Jika memungkinkan, gunakan fakta penting, seperti berapa banyak orang yang ambil bagian, untuk mendukung cerita Anda. Atur pertanyaan Anda dalam urutan yang benar. Kemudian mulailah menggambarkan fakta dengan jelas dalam draf Anda.

Susun Siaran Pers Anda
StrukturBerbekal jawaban atas enam pertanyaan W, Anda sekarang dapat menyusun siaran pers Anda. Ada elemen dasar yang harus umum untuk semua siaran pers.

Gunakan piramida terbalik. Ini memungkinkan Anda untuk menyajikan informasi yang paling penting terlebih dahulu.

Judul:
Luangkan waktu untuk menyusun judul Anda sehingga menceritakan kisahnya. Gunakan bahasa yang sederhana namun kuat. Hindari kata-kata yang hambar, membosankan, atau asing.
Tanyakan pada diri sendiri apa yang baru. Identifikasi sudut berita Anda. Dan kemudian ceritakan kisah Anda apa adanya.
Ringkas cerita Anda. Tetap singkat dan sederhana menggunakan tidak lebih dari sepuluh kata dalam huruf tebal. Ini akan memaksa Anda untuk fokus pada cerita.
Sertakan empat hingga lima poin berita. Pastikan mereka berada dalam satu kalimat pendek itu.
Jangan mencoba menjadi pintar. Anda berisiko mencekik cerita itu sendiri. Kebanyakan jurnalis hanya akan menghabiskan beberapa detik untuk memutuskan apakah siaran pers terlihat menarik. Jika mereka tidak segera mengerti tentang apa cerita Anda, mereka akan beralih ke yang lain.
Gunakan judul Anda sebagai baris subjek email Anda. Pastikan judulnya bagus, lalu gunakan. Tidak ada gunanya membuat siaran pers yang brilian jika editor berita gagal membuka email Anda.
Menulis tubuh teks Anda
Pastikan paragraf Anda kohesif dan masing-masing mengalir dengan baik dari paragraf sebelumnya. Panjangnya tidak boleh lebih dari tiga atau empat kalimat dalam setiap paragraf. Bertujuan untuk panjang halaman A4. Dan tentunya tidak lebih dari dua. Total 400-500 kata sudah cukup.

Buat paragraf pembuka Anda untuk memuat inti dari pengumuman Anda. Letakkan semua informasi penting di sini. Cobalah untuk menjawab semua pertanyaan 6W. Editor berita yang sibuk mungkin hanya punya waktu untuk membaca paragraf pertama Anda. Jadi, itu harus berisi semua informasi dasar tentang produk baru, penemuan, acara, atau inisiatif terbaru Anda.

Bungkus teks Anda dengan paragraf terakhir yang menarik. Ini harus memberikan fakta penting tentang acara, produk, atau layanan Anda, dan siapa yang harus dihubungi.

Nada dan gaya
Menulis seperti jurnalis. Pitch cerita Anda sehingga menarik perhatian editor. Jadi, katakan di muka apa tujuan siaran pers Anda dan buatlah itu ringkas.
Bangkitkan minat pembaca Anda. Berita adalah tentang peristiwa menarik atau tidak biasa. Selalu tempatkan fakta yang paling menarik di paragraf pembuka Anda. Ini mungkin satu-satunya kata yang bisa dibaca. Meja berita dibanjiri dengan siaran pers. Jadi, pastikan milik Anda menarik perhatian editor atau mungkin langsung masuk ke tempat sampah.
Tetap berpegang pada fakta dan akurat dengan cermat. Hanya menyajikan informasi yang benar, tepat dan tidak membumbui apapun yang ingin dikomunikasikan. Pastikan sumber Anda dikutip secara akurat.
Pastikan teks Anda benar secara tata bahasa. Hapus semua kesalahan atau kesalahan ejaan. Berhati-hatilah untuk memastikan ejaan nama yang benar – baik orang maupun organisasi.
Singkat dan singkirkan klise. Hindari bahasa mewah yang tidak perlu, seperti ‘canggih’, ‘mutakhir’, ‘revolusioner’. Idiom yang digunakan secara berlebihan telah lama kehilangan pengaruhnya.
Jaga agar teks Anda tetap presisi dan punchy. Gunakan bahasa Inggris yang sederhana . Katakan apa yang Anda maksud. Pastikan pembaca Anda memahami apa yang Anda katakan dan semua orang memiliki pemahaman yang sama.
Bersikaplah objektif. Oke, itu hampir tidak mungkin dilakukan, tetapi jangan menggunakan klaim yang terlalu berlebihan yang mungkin dianggap bias yang tidak masuk akal.
Jadi diri sendiri. Jika Anda mempromosikan ulang tahun kesepuluh Anda, semuanya baik-baik saja. Tetapi jika ini adalah acara tahunan Anda yang ke-27, Anda mungkin membutuhkan sesuatu yang lebih segar dan lebih mencekam untuk menarik perhatian.
Cobalah untuk menjadi topikal. Jika itu tidak mungkin, gabungkan pesan Anda dengan acara berita terbaru yang dibicarakan semua orang.
Gunakan kutipan
Gunakan kutipanKutipan dari orang-orang yang terlibat dalam pengumuman Anda akan sangat membantu menghidupkan rilis Anda, tetapi pastikan kutipan tersebut ringkas dan relevan dengan cerita. Mereka menambahkan warna dan suara berwibawa untuk rilis Anda.

Kutipan yang baik akan mendukung daripada sekadar mengulang teks rilis Anda. Beberapa kata dari seorang ahli atau seseorang yang terlibat dalam acara Anda akan menambah kredibilitas. Suara profesional dapat membawa Anda jauh. Tapi cobalah untuk menghindari menjejalkan terlalu banyak poin dalam satu kutipan.

Ada kemungkinan besar kutipan akan dimasukkan dalam artikel yang diterbitkan, jadi periksa keakuratannya dengan orang yang dikutip. Jangan pernah tergoda untuk membuat kutipan dan mengaitkannya dengan seseorang tanpa izin mereka.

Apa lagi yang harus disertakan dalam siaran pers Anda?
montase fotoMenambahkan foto
Jika Anda memiliki gambar untuk digunakan dengan siaran pers Anda, berikan mereka. Pers tidak hanya mencari cerita orisinal, mereka juga waspada untuk gambar-gambar menarik yang bagus.

Dari saat Anda memutuskan untuk mendekati media, tanyakan pada diri sendiri seberapa menarik cerita Anda nantinya. Apakah aksinya akan menghasilkan foto yang bagus? Akankah gambar memperkuat pesan Anda? Bisakah Anda mengambil gambar sebelum acara? Dengan sedikit pemikiran dan bantuan, Anda dapat dengan mudah meningkatkan foto berita Anda.

Meskipun tidak penting, Anda bisa menyertakan foto orang, atau kolega Anda dengan rilis Anda. Kerumunan yang baik dapat membantu. Ini akan mengingatkan pers bahwa proyek Anda hidup, bukan hanya kata-kata di selembar kertas. Mungkin juga mendorong fotografer dan kru televisi untuk datang ke acara Anda, terutama jika ada gambar visual yang jelas.

Ingat seorang jurnalis sedang mencari cerita yang bagus. Gambar kepala dan bahu mungkin menunjukkan seperti apa subjek Anda, tetapi gambar yang menunjukkan mereka beraksi akan menghasilkan lebih banyak minat. Cobalah untuk berpikir kreatif.

Gunakan fotoPilih latar belakang Anda dengan bijak. Gambar yang memiliki logo besar di latar belakang bisa sangat mematikan.

Selalu sertakan keterangan dengan foto. Jika ada beberapa orang yang disertakan, nyatakan “Kiri ke kanan…” lalu daftarkan orang-orang dalam bidikan dan detail lebih lanjut yang relevan, seperti “di mana” dan “kapan”.

Jika Anda merencanakan acara spektakuler, putuskan apakah Anda ingin mengadakan sesi pemotretan. Koran lokal bekerja dengan anggaran yang ketat, tetapi mereka mungkin bersedia mengirim fotografer pers jika ada kesempatan.

Gambar yang bagus bernilai seribu kata. Gambar yang buruk lebih buruk daripada tidak ada gambar sama sekali.

Rincian kontak
Selalu berikan email dan nomor kontak dari PR atau kontak bisnis yang bersangkutan. Anda mungkin ingin menambahkan alamat pos. Rincian ini dapat ditempatkan setelah teks utama siaran pers Anda.

Informasi tambahanInformasi tambahan
Mungkin bermanfaat untuk mengirimkan informasi tambahan kepada editor sehingga mereka dapat menyempurnakan cerita.

Anda mungkin memiliki fakta berguna tentang orang-orang yang disebutkan atau dikutip dalam rilis Anda. Ini dapat disajikan di halaman lain yang berjudul Catatan untuk Editor.

Catatan untuk editor
Ini adalah praktik yang baik untuk menambahkan bagian “ Catatan untuk editor ” di akhir siaran pers Anda. Ini berisi informasi yang berguna untuk media, tetapi tidak perlu dimasukkan ke dalam cerita yang sebenarnya:

Biografi singkat dari orang-orang yang disebutkan dalam siaran pers
Aset tambahan apa yang tersedia, misalnya, foto, video, dan wawancara?
Rencana acara, seperti konferensi pers, lokasinya, waktu kedatangan dan siapa yang akan tersedia untuk wawancara
Ikhtisar singkat, terkadang disebut “boilerplate”, dengan informasi latar belakang tentang organisasi yang ditampilkan dalam siaran pers Anda
pelat ketel
Kata “boilerplate” mengacu pada tulisan yang telah digunakan sebelumnya berkali-kali dengan hanya sedikit perubahan. Fakta penting tentang suatu organisasi dapat membuat semua perbedaan dalam banyak konteks. Siapa Anda, mengapa Anda berbeda, apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana menemukan situs web Anda. Oleh karena itu, merupakan praktik yang baik untuk menyimpan teks boilerplate standar yang dapat digunakan pada kesempatan lain.

Mengapa boilerplate? Nah, kata itu berasal dari industri baja. Ini mengacu pada lembaran baja yang kuat dan kokoh yang digulung berulang kali untuk berbagai jenis mesin. Analogi yang pas? Ya. Tapi, ketika menulis siaran pers, waspadalah terhadap boilerplate usang dan tidak orisinal. Ambil satu tingkat. Pastikan itu segar dan menarik dan tunjukkan keunggulan unik yang ditawarkan organisasi Anda.

Templat siaran pers
Template ini tersedia dalam dua versi:

Templat: Dokumen Word (docx)
Templat: PDF
Anda mungkin menemukan informasi tambahan berikut sebagai panduan yang berguna saat Anda membuat siaran pers Anda.

Daftar periksa siaran pers Anda
Dua pertanyaan
Untuk memulainya, ingatlah dua pertanyaan pemeriksaan ini:

Mengapa seorang editor ingin mempublikasikannya?
Mengapa ada orang yang ingin membacanya?
Daftar periksa lengkap
Daftar periksa ringkasan

Identifikasi dokumen. Sudahkah Anda meletakkan kata-kata ‘SIARAN PERS’ di bagian atas, dalam huruf besar, di tengah, dan dicetak tebal?
Pastikan Anda mengatakan siapa Anda dan dari mana Anda berasal. Sudahkah Anda menempatkan nama organisasi Anda secara mencolok di bagian pembuka?
Sertakan tanggal rilis. Sudahkah Anda menandai dengan jelas waktu dan tanggal kapan Anda ingin rilis Anda diterbitkan?
Pastikan judul Anda menarik. Apakah itu menceritakan kisah dan menarik perhatian? Apakah singkat dan sederhana dan tidak lebih dari sepuluh kata? Apakah itu menyampaikan poin kunci yang diangkat dalam paragraf pembuka Anda?
Periksa paragraf pembuka Anda berisi inti dari pengumuman Anda. Sudahkah Anda memasukkan semua informasi kunci dalam paragraf ini dan menjawab semua pertanyaan kunci 6W?
MengoreksiBaca isi teks Anda dengan cermat. Apakah Anda memiliki cukup detail untuk menyempurnakan cerita yang Anda uraikan di paragraf pertama?
Periksa kutipan Anda. Sudahkah Anda memverifikasi keakuratannya?
Apakah ada informasi tambahan yang relevan yang harus Anda sertakan?
Periksa paragraf terakhir Anda konklusif. Apakah itu memberikan fakta penting tentang acara, produk, atau layanan Anda?
Anda mungkin ingin menambahkan Catatan untuk editor . Apakah Anda memiliki informasi latar belakang tambahan tentang Anda dan organisasi Anda untuk disertakan?
Pastikan Anda memberikan dan memverifikasi detail kontak. Sudahkah Anda memasukkan nama, email, nomor telepon seluler dan telepon rumah yang sesuai, serta alamat situs web.
Terakhir, periksa ejaan artikel Anda . Sudahkah Anda memeriksa teks Anda untuk kesalahan dan kesalahan yang mahal? Sudahkah Anda memastikan nama dan judul sudah akurat, dan meluangkan waktu untuk memeriksa tata bahasa Anda?
Apa yang harus Anda hindari?
Potong wafelTahan godaan untuk menggunakan gimmick. Hindari apa yang disebut “bendera hype” dalam siaran pers Anda. Tanda seru, hiperbola, atau mendeskripsikan produk Anda sebagai LUAR BIASA, menggunakan karakter huruf besar untuk membuat penekanan — semuanya menantang kredibilitas pengumuman berita Anda.
Gunakan kata ganti dengan hemat dan penuh pertimbangan. Hindari kata ganti orang kecuali jika mereka muncul dalam kutipan dari juru bicara organisasi Anda. Siaran pers Anda harus ditulis sebagai orang ketiga .
Jangan Mengalahkan Bush. Buat poin Anda dengan jelas dan singkirkan kata, frasa, dan pendekatan apa pun yang tidak membantu memperjelas poin Anda dengan segera. Potong wafel.
Singkirkan jargon. Jargon membuat siaran pers Anda sulit dipahami dan tidak dapat diakses oleh banyak pembaca. Potong sedapat mungkin. Jika itu penting, jelaskan.
Hindari singkatan . Mereka bisa membingungkan. Apakah PC komputer pribadi atau polisi? Banyak organisasi berdagang di bawah akronim mereka. Pertama kali Anda menyebutkan akronim, awali dengan judul lengkap. Misalnya, Royal National Lifeboat Institution (RNLI).
Dan akhirnya…
Pastikan siaran pers Anda telah dikoreksi dan diedit dengan cermat. Kebanyakan orang membutuhkan sepasang mata kedua, tetapi jika Anda sendirian, cobalah membaca kata-kata Anda dengan keras, atau kembali lagi sehari kemudian. Anda akan terkejut betapa banyak kesalahan yang gagal Anda temukan pada putaran pertama. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang proofreading dari Society for Editors and Proofreaders .
Jarak. Ini adalah praktik yang baik untuk menggunakan spasi ganda dan margin lebar. Ini membantu jurnalis untuk membuat catatan dan menyajikan cerita Anda dengan jelas.
Selalu tempatkan rilis Anda di badan email. Lebih cepat untuk diakses dan kecil kemungkinannya untuk hilang. Jangan kirimkan sebagai lampiran.
Kirimkan siaran pers Anda beberapa hari sebelumnya, tetapi jangan terlalu dini. Mungkin tersesat di tumpukan.
Tersedia kemampuan . Buatlah diri Anda tersedia setelah siaran pers Anda mencapai tujuannya. Jika Anda sedang rapat, tinggalkan pesan rekaman di ponsel Anda yang mengatakan kapan Anda dapat membalas panggilan dan memberikan informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.