listercoid Setiap Bahasa asing yang memiliki tes sertifikasi untuk menguji kemampuan kebahasaan bagi warga asing, pasti memiliki level atau tingkatan penguasaan tersendiri. Jumlah levelnya beragam, dan seertifikat dari setiap levelnya memiliki kegunaan yang beragam pula.

Begitupun dalam Bahasa Jerman. Tes sertifikasi Bahasa Jerman yang berlaku secara internasional diselenggarakan oleh Goethe Institute atau GI, dan memiliki enam level atau tingkatan penguasaan Bahasa.

Level dan Tingkatan Sertifikasi Bahasa Jerman

Berikut adalah tingkatan level sertifikasi berbahasa Jerman yang diambil dari situs resmi Goethe Institute:

Level Bahasa Jerman A1

Para pemegang sertifikat tingkat A1 ini berarti sudah menguasai teknik komunikasi sederhana dalam Bahasa Jerman. Biasanya dinilai dengan patokan bisa memahami percakapan yang lambat dan jelas dengan lawan bicara yang berbahasa Jerman.

Bahan yang diujikan biasanya adalah bahan percakapan yang biasanya muncul dalam kehidupan sehari-hari, seperti memperkenalkan diri dan menjelaskan petunjuk arah jalan.

Sertifikat A1 ini bisa menjadi syarat bagi yang akan mengikuti program Au Pair, bisa untuk yang akan menjadi anggota keluarga angkat dalam keluarga yang tinggal di Jerman, yang akan menikah dengan warga Jerman dan tinggal di sana, ataupun untuk pekerja kasar yang akan bekerja di Jerman.

Sebelum mengikuti ujian sertifikasi tingkat A1, harus mempelajari tiga jenis modul yaitu A1.1, A1.2, dan A1.3. Setelah selesai dengan tiga modul itu, barulah bisa mengikuti ujian sertifikasi

Level Bahasa Jerman A2

Sertifikasi tingkat A2 ini setingkat di atas A1, tingkat kesulitannya pun hanya sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan tingkat A1. Bahan utama yang diujikan masih berupa percakapan sederhana dalam kehidupan sehari-hari seperti pada A1, tapi ditambah dengan beberapa ungkapan dan istilah sederhana.

Seperti dalam A1, ada beberapa modul yang harus dipelajari sebelum bisa mengikuti ujian sertifikasi tingkat A2 ini, yaitu modul A2.1 dan A2.2.

Patokan untuk belajar materi untuk tingkat A2 ini adalah sedikit lebih mendalam dibandingkan A1. Misalkan saja dalam hal memperkenalkan diri, pada tingkat A2 poin yang diperkenalkan akan lebih banyak seperti asal usul, penjelasan seputar keluarga, hingga riwayat pendidikan.

Peserta tes sertifikasi tingkat A2 ini juga diharuskan bisa memahami perkataan orang lain seputar topik yang lebih kompleks seperti pekerjaan, keluarga, hingga penjelasan tentang lingkungan sekitar.

Level Bahasa Jerman B1

Sertifikat tingkat B1 ini bisa digunakan untuk para lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi atau kuliah di Universitas di Jerman, selain itu bisa juga digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan di sektor-sektor tertentu di Jerman.

Sertifikat tingkat B1 ini adalah tingkatan minimal yang bisa dijadikan syarat, tapi bisa juga menggunakan sertifikat dari tingkatan lain yang lebih tinggi. Pemegang sertifikat B1 dianggap telah mampu berbicara Bahasa Jerman dengan lancar, termasuk juga mampu menceritakan dan juga memahami sesuatu yang kompleks dalam Bahasa Jerman.

Ada tiga modul yang harus dipelajari untuk tingkat B1 ini, yaitu modul B1.1, B1.2, dan B1.3. Ketiga modul ini akan membahas seputar kemampuan memahami dan juga menceritakan kembali sebuah topik utama dalam Bahasa Jerman standard, misalnya topik seputar pekerjaan, pendidikan, dan hobi.

Salah satu yang biasanya diujikan adalah dapat menceritakan secara baik seputar diri sendiri dalam Bahasa Jerman, misalnya tentang pengalaman atau kejadian yang pernah dialami, mimpi atau cita-cita, dan juga rencana hidup ke depannya.

Level Bahasa Jerman B2

Sertifikat B2 ini juga biasanya digunakan bagi para calon mahasiswa yang akan berkuliah di Universitas di Jerman. Sertifikat ini diperuntukkan bagi Universitas-universitas yang tidak menerima sertifikat B1, kebanyakan adalah untuk program magister atau S2.

Sertifikat tingkat B2 ini juga bisa digunakan untuk calon pekerja yang akan bekerja di bidang kedokteran di Jerman. Untuk bisa mengikuti uji sertifikasi tingkat B2, perlu mempelajari enam modul, yaitu modul B2.1, B2.2, B2.3, B2.4, B2.5, dan B2.6.

Tingkat penguasaan Bahasa Jerman pada level B2 dinilai dengan kemampuan memahami bahan bacaan yang kompleks dan juga kemampuan berkomunikasi secara lancar dan tanpa hambatan dalam Bahasa Jerman. Selain itu kemampuan memahami diskusi dengan pokok bahasan tertentu juga dinilai.

Pemegang sertifikat tingkat B2 diwajibkan untuk mampu mengungkapkan pendapat dengan jelas dan rinci untuk beragam topik bahasan, selain itu wajib juga untuk mampu menjelaskan alasan beserta kekurangan dan kelebihan dari pilihan yang akan diambil.

Level Bahasa Jerman C1

Masuk ke level C1 merupakan tingkat lanjut dalam penguasaan Bahasa Jerman. Sertifikat ini juga bisa digunakan untuk berkuliah di Universitas yang memang mensyaratkan sertifikat C1, terutama untuk beberapa bidang keilmuan tertentu.

Pemegang sertifikat level C1 diharapkan bisa memahami berbagai penggunaan Bahasa Jerman untuk tingkat profesional seperti dalam lingkungan kerja atau pendidikan, contohnya adalah penggunaan Bahasa ilmiah. Selain itu, diharapkan juga bisa menjawab setiap pertanyaan yang kompleks dalam Bahasa Jerman dengan spontan dan lancar.

Pada saat ujian, salah satu topik yang akan diujikan adalah kemampuan memahami makna implisit atau tidak tertulis dalam sebuah bacaan yang panjang dan kompleks. Ditambah juga dengan penilaian kemampuan mengungkapkan pendapat dengan lancar dalam Bahasa Jerman tanpa kesulitan memilih kata yang akan digunakan.

Level Bahasa Jerman C2

Sertifikat tingkat C2 merupakan tingkat tertinggi dan terakhir dalam sertifikasi penguasaan berbahasa Jerman. Sertifikat tingkat ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang akan mengajar di sekolah di Jerman atau akan melakukan riset ilmiah dalam Bahasa Jerman.

Para pemegang sertifikat C2 dinilai sudah bisa menggunakan Bahasa Jerman dalam kehidupan sehari-hari setingkat dengan penggunaan Bahasa ibu masing-masing. Artinya tidak akan mengalami kendala dan masalah yang berarti selama berkomunikasi menggunakan Bahasa Jerman.

Sertifikat tingkat C2 ini juga bisa dijadikan syarat untuk berkuliah di berbagai universitas di Jerman dalam program studi apapun.

Beberapa kemampuan yang diuji dalam tes sertifikasi tingkat C2 ini adalah kemampuan memahami semua materi yang diberikan baik dalam bentuk bacaan ataupun audio, dan juga mampu merangkum informasi dan menceritakan kembali baik secara lisan maupun tertulis. Hal lain yang akan dinilai adalah kemampuan menjabarkan atau menjelaskan seputar berbagai topik bahasan yang rumit secara spontan dan lancar dalam Bahasa Jerman.

Level Bahasa Jerman Tips mengikuti ujian sertifikasi Bahasa Jerman

Sebelum mendaftar untuk mengikuti ujian sertifikasi Bahasa Jerman, pasti sebelumnya harus belajar terlebih dahulu supaya bisa menguasai topik yang diujikan dengan baik. Salah satu metode belajar yang paling efektif adalah dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman.

Lembaga kursus bahasa jerman pasti sudah memiliki kurikulum pembelajaran yang terbukti efektif untuk para muridnya, selain itu ada juga pengajar-pengajar yang profesional dan berpengalaman.

Salah satunya adalah Lister.co.id yang memiliki platform belajar yang mudah dan menyenangkan, sangat fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu dan kemampuan peserta. Lister.co.id juga menggunakan teknologi meeting tatap muka yang bisa menghadirkan kualitas pembelajaran layaknya kelas offline.

Selain itu, setiap kelas akan dibimbing oleh pengajar profesional yang berpengalaman, sehingga setiap materi yang diajarkan dijamin akan menarik dan mudah dipahami. Siswa akan diajarkan materi percakapan, pengenalan kosa kata dan tata Bahasa, dan juga latihan speaking dan listening dalam Bahasa Jerman.

Di Lister.co.id tersedia berbagai kelas yang disesuaikan dengan kebutuhan anda, baik untuk bisnis maupun studi. Ada berbagai pilihan kelas dengan kurikulum pembelajaran yang beragam dan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like