franchise-waralaba.com – Mereka adalah. orang-orang yang start dari nol memiliki bisnis. dari nol, mengembangkan bisnis dari nol sampai. dengan luar biasa. so… siapakah mereka?.

silahkan kenalan. saya saghri mutaroh dan istri saya nia kurnia.

bisnisnya apa?. bisnisnya bisnis kita pada saat ini bisnis kuliner

kulinernya apa?. tepatnya di bidang cake and bakery. cake and bakery

saingannya banyak kan ya?. yang tua-tua banyak banget. apa nama bakerynya? Global Bakery.

sudah berapa tahun menjalanka bisnis ini?

ini jalan ke 6. 1 juni 2012. kita mulai, saat itu. masih kecil banget tokonya ada di Tambun.

kalau di search itu ada. kecil itu. ruko milik ibu saya, saya kembangkan

saya jadi. kasirnya, produksinya. orang tua saya itu 2012.

karyawan kemudian satu. terus meningkat-meningkat,

awalnya. 2013 terus cabang-cabang. booming sekarang tahun ini.

ke-23 cabang. jabodetabek. ada yang mau tau sudah banyak banget. cabangnya,

so jadi. waktu memulai bisnis ini. waktu ngikutin ibu, apa. niatan pertamanya ?

karena saya frustasi.

Frustasi?. saya ini dulu pengen masuk Kedokteran UI. UI secara terang terangan menolak saya. saya ditolak oleh UI tidak masuk kedokteran kemudian. break setahun nggak kuliah dan bisnis.

uang kuliah kedokterannya saya. buka toko, setahun 2014. ternyata saya bisa membiayai kuliah saya, saya sekarang Psikolog. doakan juga akhir tahun ini wisuda.

jadi sekolah Oke, Bisnis. Oke, menikah oke. anak juga lucu banget.

jadi apa?. waktu pertama kali modalnya berapa?. waktu di mulai, itu tadi biaya yang. ibu saya ingin berikan untuk biaya sekolah kedokteran. biaya sekolah malah dipakai untuk bisnis.

akhirnya dikembangkan menjadi 23 cabang. kalau boleh tau berapa

jumlah karyawannya hari ini?. ratusan saya lupa. dalam waktu 6 tahun. ratusan,

apa kiat-kiatnya. dalam mengelola. bisnis. pertama itu pantang menyerah, kerja keras. anti libur. tanggalannya semua hitam. orang lain libur kita masuk orang lain. masuk kita masuk juga.

dan apa. yang. apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi persaingan. karena bisnis bakery itu sangat-sangat ketat sekali. banyak banget yang. buka dan kelihatannya tidak terlalu susah. yang tutup juga banyak jadi gimana caranya. bisa menjadi pemain yang. handal yang leading.

saya pertama ya tadi coach. benar-benar saya datangin, saya sendiri gudangnya. suami saya yang pegang gudang. satu persatu banget coach kalau sekarang kita. dipandu juga sekarang sudah mulai membuat sistem. pas pertama kali kemarin kita ikut workshop. itu benar-benar kebuka banget.

baca juga

    nah.. sekarang baru mulai ni sistemnya. jadi setelah berkembang baru mensistemasi. kalau dulu asal jalan dulu aja ya, yang penting margin kelihatan. yang penting margin kelihatan, modal 1 hasil 2 gitu aja. sederhana banget, apa yang bisa. dilakukan untuk mengatasi persaingan.

    apakah produknya harus unik? karena kan mirip-mirip semua ya. pertama kita inovasi, fresh. from the oven setiap. setiap outlet dapurnya ada disitu, pelayanan. kita nggak pake bahan pengawet. hanya 3 hari. barang hari pertama hari kedua harus di buang. kalau tidak di buang harus di bagi-bagi, jadi komitmen terhadap kualitas. itu sangat-sangat luar biasa ya,

    pertamanya di buang-buang di buang ke tong sampah karnakan basi. sekarang alhamdulilah di tunggu-tunggu. belum matang sudah ada yang nunggu. dan amu ambil barang kita. lalu bagaimana. memiliki. kemampuan untuk mengelola orang, bagaimana caranya untuk mengelola orang. pertamanya dari keyakinan aja

    ya. feeling tadi ya, orang ini baik. kenallan, dari kampung ni. orang-orang kampung diambilin. jadi karyawan, teman. kuliah juga ada masuk gitu. kalau sekarang sudah mulai kita tempel lowongan. Hire orang, mulai profesional. baru 2017,

    apa suka dukanya dalam mengelola. bisnis, dukanya dulu banyak banget barang di buang-buang. sangkin nggak laku harus di buang, di bagi-bagi, sedih kan sudah dibikin. harus di buang terus ya.

    kalau karyawan kabur. borongan 1 toko borongan dari chef. kasirnya, adminya semua borongan. hilangkan semuanya harus kita ganti ulang.

    minimal nggak sampai tutup kita harus datang langsung. kalau sekarang alhamdulilah banyak sukanya. karna sekarang sudah banyak peminatnya. banyak orang diluar sana punya banyak kendala. untuk mempertahankan orang

    ada kiat-kiat nggak?. untuk mempertahankan orang betah kerja itu seperti apa?. jadi itu harus ada kepastian. yang kemarin diajarkan. touching heart, harus disentuh hatinya. kekeluargaan

    kita harus kenal siapa dia. kenal siapa dia. bersinergi tau kebutuhan dan. harus jadi keluarga. lalu apa?. yang menjadi. target dan goal sekarang setelah. punya 23 cabang? sudah puas?.

    atau masih ingin lebih besar lagi. besar lagi, inikan masih 1 bisnis pinginnya menambah bisnis yang lain. pengen punya bisnis lain coach, kedepannya pengen punya cabang seperti daily activity. jadi hari ini ngapain mau buka cabang disana. satu hari buka cabang 1 gitu ya.

    itu kan masih keinginan mimpi dulu. bagus-bagus dan banyak diluar sana. anak-anak muda. yang. bigung mau kemana? apa sarannya?. saran saya kalau bingung mau kemana, ikutin kata hati. ikutin kata hati jangan separoh-paroh kalau berbuat. tadikan uang kedokteran langsung saya masukkin ke usaha. kalau separoh-paroh nanti nggak. tuhan memberi yang lebih allah memberi yang lebih, kita kasih. diberi yang lebih asal serius,

    baca juga

    so jadi pesan. untuk teman-teman diluar sana yang. baru mau mulai bisnis kalau. ada tips supaya tidak. salah pilih jalan, apa kira-kira. tipsnya, pertama bisnisnya itu. harus yakin apa dulu. kemudian di cintai. jadi kalau mencintai segala sesuatu. akan kita tumpahkan sepenuh hati. pahit pun jadi enak. yang ketiga adalah berdoa. sudah usaha-usaha jangan lupa berdoa. berdoa,sedekah. udah itu aja,

    thank you banget Nia. thank you banget Saghri. semoga global bakery menjadi luar biasa. dan semakin. mendunia semakin menglobal, seperti namanya. so.. thank you so much teman-teman. buat anda yang ingin tahu lebih banyak. dan kalau pengen belajar banyak tentang. Global Bakery ada Account instagramnya. ada account instagramnya?. @Globalbakery_. atau facebooknya Global Bakery Indonesia.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like