franchise-waralaba.com – Gibran Rakabuming Raka, pasti sudah tidak asing lagi nama tersebut di dalam bisnis kuliner,  bukan? Pebinis muda yang sosoknya kini telah menjadi Walikota Solo periode 2020-2025. Putra sulung Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana ini telah menggeluti dunia kuliner sejak tamat dari bangku kuliah di University of Technology Sydney, Australia tahun 2010 silam.

Sejak tahun 2010, Gibran Rakabuming Raka yang akrab di panggil Gibran kembali ke Solo dan memulai usaha kulinernya melalui brand Chilli Pari. Gibran merintis usaha kulinernya secara mandiri, ia pun mengandalkan pinjaman uang dari bank sebagai modal untuk memulai usaha cateringnya tersebut.

Kebanyakan orang mungkin akan berkarier sesuai dengan jurusan yang ditempuh selama pendidikan. Namun lain cerita dengan Gibran, ia justru memulai bisnisnya yang tidak sesuai dengan background pendidikannya. Gibran lebih memilih untuk memulai usaha sejak dari nol yang kini telah mampu membesarkan namanya sebagai pebisnis muda yang sukses.

Ingin tahu lebih lanjut dengan sepak terjang dan kisah sukses Gibran dalam dunia kuliner? Simak ulasan lengkap kisah Gibran Rakabuming, pebisnis muda kini jadi wali kota Solo.

Kisah Awal Memulai Bisnis Katering

Awal mula Gibran Rakabuming Raka merintis sebuah usaha di bidang kuliner adalah sejak ia lulus kuliah dari Australia, pada tahun 2010, ia kembali ke Solo dan merintis usaha katering. Ia menangkap peluang besar dari usaha ini di Solo.

Gibran Rakabuming Raka1
Gibran Rakabuming Raka

Dengan didukung adanya Gedung Graha Saba Buana milik orang tuanya, ia mantap mendirikan katering Chilli Pari pada Desember 2010 sebagai tambahan pelayanan untuk berbagai acara yang bertempat di gedung tersebut.

Semangat Gibran dalam menekuni bisnis ini tentunya dibarengi dengan berbagai kendala, seperti kendala modal. Meskipun ia adalah putra sulung dari orang nomor satu di Solo pada waktu itu, ia tak lantas berpangku tangan. Kemandirian dan semangat berwirausaha ia tunjukkan dengan memilih menggunakan modal dari bank swasta kecil.

Dengan modal pinjaman dari bank, Gibran mampu mendirikan katering Chilli Pari. Nama Chilli Pari pun mulai dikenal dan dipercaya sejak mendapat pelanggan pertamanya, yakni seuah bank di Solo yang mempercayakan makanan Chilli Pari dalam kegiatan rapatnya.

Dari katering yang bertempat di Solo, kini jangkauan kateringnya tak terbatas di wiliayah Solo, namun telah meluas hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Markobar yang Kini Berekspansi ke Luar Negeri

Semakin tertarik dengan bisnis kuliner, setelah kesuksesan awalnya dengan Chilli Pari. Pada tahun 2015, Gibran Rakabuming Raka bersama mitra bisnisnya Arif Setyobudi.

Martabak Kota Barat menawarkan martabak manis dengan beraneka variasi rasa dan topping. Inovasi tersebutlah yang mengantarkan Markobar memiliki banyak penggemar.

Gibran Rakabuming Raka2
Gibran Rakabuming Raka

Bisnis martabak manis ini berkembang pesat di seluruh Indonesia. Untuk memenuhi permintaan pasar, terutama para pecinta martabak manis dan masyarakat yang ingin mencicipi cita rasa Markobar, kini Gibran telah membuka 33 cabang yang tersebar di 15 kota besar di 4 pulau besar di Indonesia. Di tahun 2019, Markobar telah mampu berekspansi ke luar negeri dengan membuka cabang pertamanya di Manila, Filipina. Luar biasa bukan?

Tantangan di Awal Karier Gibran Rakabuming

Tidak hanya kendala modal di awal merintis usaha Chilli Pari. Usaha Martabak dengan inovasi varian topping milik Gibran Rakabuming Raka pun juga diterpa kendala.

Dalam membangun sebuah usaha, kendala atau masalah merupakan hal yang biasa. Jika Anda berkeinginan memulai usaha, Anda harus memiliki karakter yang kuat dan mau terus belajar. Dari setiap masalah yang dihadapi seorang pengusaha pasti akan memberikan nilai positif untuk pertumbuhan usahanya di masa yang akan datang.

Usaha martabak yang digeluti Gibran, sempat menghebohkan dunia maya. Seorang netizen, mencemooh usaha Gibran dengan sebuah komentar pada akun twitter yang mengatakan bahwa usaha kuliner martabaknya adalah usaha kampungan.

Dalam komentar sebuah akun twitter yang kini telah berstatus non-aktif menyebutkan bahwa dengan pinjaman modal bank yang banyak hingga miliar rupiah, digunakan hanya untuk usaha martabak kampungan.

Gibran pun tak ambil pusing dengan komintar netizen seperti itu. Ia malah memanfaatkan momen tersebut sebagai ajang promosi. Sama halnya dengan sang adik, Kaesang Pangarep pun tak mau ketinggalan untuk menanggapi cuitan netizen tersebut dengan santai.

Karakter yang kuat, membentuk Gibran menjadi pengusaha yang apa adanya namun tetap tegas pada pendirinya. Meskipun ada cemoohan maupun kendala usaha yang lain, Gibran tidak ambil pusing. Ia tetap fokus dengan target usahanya dan kesuksesan kariernya.

Langkah Gibran Rakabuming Menjajaki Bisnis Lain

Tak kenal lelah dengan tekad yang kuat, Gibran Rakabuming Raka kian melebarkan sayapnya dalam dunia bisnis kuliner. Suami dari Selvi Ananda ini telah memiliki beberapa bisnis sampingan, dimana mayoritas bisnis tersebut bergerak dalam dunia kuliner.

Sejumlah bisnis itu tentunya tidak ia jalankan sendiri, kini ia telah bermitra dengan dengan beberapa kawan dan juga termasuk adiknya sendiri. Dalam berbisnis dengan rekan-rekannya, ia memiliki peran besar dalam bagian pemasaran. Kerja keras serta ketekunan Gibran patut dijadikan panutan dan motivasi bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha.

Bisnis kuliner yang ia jalankan kini diantaranya adalah Mangkokku, Pastel Buntel, Goola, Ngedrink, Ternak Kopi, CS Coffe Shop, dan bisnis lain di berbagai bidang.

Prinsip Hidup yang Matang

Meskipun ia seorang putra dari Presiden Republik Indonesia, Gibran Rakabuming Raka memilih menjalani hidup dan meraih kesuksesannya dengan prinsip hidupnya yang matang, yakni mandiri. Gibran telah berhasil menunjukkan bahwa ia mampu menjadi pengusaha yang mandiri.

Gibran Rakabuming Raka4
Gibran Rakabuming Raka

Tanpa bantuan dari orang tua, Gibran terbukti mampu membangun bisnis pertamanya dengan sukses. Gibran berhasil membangun bisnis dengan modal pinjaman bank, kemudian hasilnya ia putarkan lagi untuk mengembangkan bisnis yang lain.

Tak heran jika kini ia mampu memegang banyak bisnis, bisa dikatakan bisnisnya telah menggurita. Dengan prinsip hidup yang matang Gibran mampu memberikan inspirasi dan patut dijadikan contoh yang baik untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

Sikap kemandirian yang ia tunjukkan dalam dunia usaha juga dapat ia torehkan dalam dunia politik yang mulai ia jajaki. Gibran kini menjadi politikus yang mandiri dan berdedikasi tinggi, bukan karena terpaksa atau mendapat pengaruh dari orang lain.

Sebagai seorang wali kota Solo periode 2020-2025, sekaligus pengusaha yang sukses di usia terbilang muda, tentunya menginspirasi kaum milienial dan masyakat secara luas.

Baca juga:

Itulah sepak terjang dan kisah sukses Gibran Rakabuming, pebisnis muda kini jadi wali kota Solo. Dari kisah sukses di atas, kini dapat mengambil pelajaran penting bahwa prinsip hidup yang matang dan kemandirian adalah bekal terbaik untuk membangun dan mengembangkan bisnis, sekalipun bermodalkan pinjaman.

Semoga dapat menginspirasi Anda dalam merintis sebuah usaha kuliner yang terus memiliki peluang besar dan diminati banyak orang. Jangan jadikan keterbatasan sebagai halangan untuk memulai sebuah usaha. Selamat berwirausaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Donald Trump

https://www.franchise-waralaba.com – Kemenangan yang diraih Donald Trump  pun mematahkan prediksi-prediksi para analis politik yang sebelumnya sangat menjagokan kompetitornya…