https://www.franchise-waralaba.com  Vanding machine atau mesin penjual otomatis pertama kali diperkenalkan di London, Inggris pada awal tahun 1880. Saat itu, vending machine yang diperkenalkan berupa mesin penjual kartu pos otomatis. Seiring berjalannya waktu, trending vending machine mulai meningkat. Hal tersebut dikarenakan oleh kemudaan-kemudahan yang ditawarkannya.

Dengan vending machine, anda sama seperti memiliki toko atau ritel dan semacamnya tapi anda tidak butuh penjual disana karena semuanya dilakukan otomatis.

Pembeli hanya perlu memasukkan koin atau uang ke dalam mesin dan mereka bisa mendapat produk yang mereka inginkan. Apa keuntungan dari bisnis ini? keuntungannya adalah biaya yang seharusnya dialokasikan untuk karyawan dapat menjadi keuntungan anda sepenuhnya.

Di Jepang, vending machine begitu trend. Hampir di semua sudut kota dan belokan ada mesin itu. Di Amerika, penjualan untuk industri vending mencapai sekitar $ 20 miliar per tahun dan terus meningkat. Di Indonesia sendiri, bisnis ini tampak sayu.

Vending machine hanya ada di beberapa tempat, itupun di kota-kota besar. Tapi gaya hidup masyarakat yang semakin hari semakin cenderung ke diigitalisasi tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis seperti ini akan maju pesat. Dan itu adalah peluang yang bisa anda bidik.

Tapi sebelum memulai bisnis ini , ada baiknya anda memperhatikan 3 kunci sukses dalam bisnis vending sebagai berikut.

  1. Lokasi Sebagai Kunci Sukses Utama

Sama seperti ritel lainnya, kunci utama untuk sukses dalam bisnis vending adalah lokasi. Untuk itu, temukanlah lokasi yang tepat dengan trafik (lalu lintas) yang tinggi sehingga anda bisa mendapat profitabilitas yang tinggi juga.

Disisi lain, jika  anda memiliki banyak  vending machine, maka perhatikan jaraknya. Jika terlalu jauh akan menghabiskan banyak waktu untuk dapat melayani mereka. Jika terlalu dekat satu sama lain, anda berisiko tidak mengoptimalkan potensi keuntungan setiap mesin.

  1. Pilih Vending Machine dan Barang Dagangan dengan Hati-Hati

Tips memilih vending machine yang bagus adalah dengan mencari tahu jenis vending machine apa saja yang tersedia dan reputasi dari supplier barang tersebut.

Anda bisa melakuka riset melalui internet atau sumber-sumber lain. Pemilihan ini penting, karena jika kualitas mesin tidak bagus anda akan membuang banyak waktu dan biaya pemeliharaan. Disisi lain, anda juga harus membayar komplain dari pelanggan yang tidak puas.

baca juga

    1. Asah Kemampuan Mekanis Anda Minimal Untuk Kerusakan Kecil

    Akan lebih bagus jika anda memiliki kemampuan mekanis untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan, minimal  kerusakan kecil pada vending machine anda. Bawa selalu alat-alat seperti obeng dan tang di daam mobil anda. Tapi jika tidak terlalu yakin, lebih baik untuk membayar seorang mekanis.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You May Also Like