franchise-waralaba.comKimia Farma, Perusahaan Distribusi Obat dan Apotek Berpengalaman Sejak Jaman Belanda , Nama Kimia Farma sudah pasti terkenal di telinga Anda, bahkan mungkin jika Anda bertanya pada kakek dan nenek Anda, mereka sudah tahu apa itu Kimia Farma.

Perusahaan yang sangat identik dengan obat dan klinik kesehatan ini telah berdiri sejak jaman Belanda, menjadikannya perusahaan farmasi tertua di Indonesia yang terpercaya sebagai penunjang kesehatan masyarakat Indonesia.

Perkembangan dunia medis sangat cepat, temuan-temuan penyakit baru seringkali membingungkan masyarakat, namun dunia farmasi juga tidak ingin kalah dalam melawan penyakit.

Di sinilah peran perusahaan medis seperti Kimia Farma untuk bersiap menghadapi kemunculan tak terduga dari penyakit-penyakit baru, dunia farmasi terus bertransformasi mencoba menemukan obat untuk setiap penyakit.

Walau belum semua obat ditemukan untuk penyakit-penyakit berbahaya, farmasi seperti Kimia Farma telah berperan banyak untuk mengurangi rasa sakit dengan obat-obat temuannya.

Belum lagi, jumlah obat yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit, tak terhitung jumlahnya, artinya perusahaan medis sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan suatu generasi.

Franchise Kimia Farma , Pentingnya Apotek Sehat Berbasis pada Rakyat

Kimia Farma hadir sebagai perusahaan farmasi, distribusi obat dan apotek berlandasrkan pada kepentingan rakyat. Menghadirkan manajemen yang sehat, dan pelayanan terbaik untuk masyarakat adalah dasar utama dari pelayanan Kimia Farma.

Pelayanan Kimia Farma memiliki visi sebagai perusahaan Healthcare pilihan utama yang terintegrasi dan menghasilkan nilai yang berkesinambungan, dan misi berupa:

  1.  Melakukan aktivitas usaha di bidang-bidang industri kimia dan farmasi, perdagangan dan jaringan distribusi, retail farmasi dan layanan kesehatan serta optimalisasi aset
  2. Mengelola perusahaan secara Good Corporate Governance dan operational excellence didukung oleh SDM profesional
  3. Memberikan nilai tambah dan manfaat bagi seluruh stakeholder

Kimia Farma menerapkan budaya perusahaan (corporate culture) perseroan antara lain berpikir out of the box, smart, dan kreatif untuk membangun produk unggulan, melayani pelanggan sebagai mitra kerja, senantiasa bertanggung jawab, profesional, menjunjung tinggi integritas, dan kerjasama dengan perusahaan.

Di samping itu juga ditekankan adanya tanggung jawab pribadi untuk dapat bekerja tepat waktu, tepat sasaran dan dapat diandalkan, serta senantiasa berusaha untuk tegar dan bijaksana dalam menghadapi setiap masalah, dan mamu menyediakan produk dan jasa yang ramah pada pelanggan.

Profil Apotek Kimia Farma

Pendirian Apotek Kimia Farma dilatarbelakangi sebagai pendukung salah satu kegiatan usaha PT Kimia Farma, dan menjadi anak perusahaan resmi PT Kimia Farma (Persero) Tbk sejak tanggal 4 Januari 2003.

Pengangkatan tersebut diresmikan dengan akta pendirian No. 6 tahun 2003 yang dibuat di hadapan Notaris Ny. Imas Fatimah, S.H di Jakarta.

Pencatatan telah dikukuhkan kembali dengan akta No.42 tanggal 22 April 2003 yang dibuat di hadapan Notaris Nila Noordjasmani Soeyasa Besar, S.H. Akta notaris tersebut berisikan persetujuan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan surat keputusan No: C-09648 HT.01.01 TH 2003 tanggal 1 Mei 2003,

PT Kimia Farma Apotek sebagai salah satu alat usaha Kimia Farma untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Kimia Farma menjadi Healtcare Provider Company

Perkembangan Kimia Farma di tengah masyarakat mengalami pertumbuhan yang baik karena penerimaan masyarakat terhadapnya sangat positif.

Sampai tahun 2010, dibentuklah PT Kimia Farma Diagnostika dan merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Apotek, yang tugasnya untuk melaknsanakan pengelolaan kegiatan usaha Perseroan di bidang laboratorium klinik.

PT Kimia Farma Apotek lalu bertrasnformasi menjadi healthcare provider company, yang artinya menjadi perusahaan jaringan layanan kesehatan yang terintegrasi ke seluruh Indonesia.

Jaringan Apotek Kimia Farma sampai akhir tahun 2015 tercatat mencapai 725 apotek, 300 klinik dan praktek dokter bersama, 42 laboratorium klinik, dan 10 optik tersebar di berbagai titik di Indonesia, semakin dekat dengan masyarakat yang membutuhkan.

Program Franchise Kimia Farma

Kimia Farma memperluas outlet apoteknya dengan sistem franchise melalui anak perusahaannya yakni PT Kimia Farma Apotek.

Perusahaan dalam bentuk perseroan ini berusaha memimpin pasar ritek, sampai sekarang jumlah apotek yang sudah berdiri lebih dari 412 apotek.

Penambahan outlet tidak hanya dilakukan oleh manajemen pusat, melainkan juga dibuka melalui program franchise.

Belakangan program franchise memang dipilih oleh pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya karena terbukti mampu memberikan keuntungan dalam berbagai sisi, utamanya dalam hal menjaga kualitas brand.

Kimia farma berhasil membuka 29 apotek baru di tahun 2012, dengan model franchise sebanyak 5 buah.

kimia farma

Sejarah Singkat Kimia Farma Apotek

Kimia Farma Apotek sudah berdiri sejak tahun 1817, perusahaan ini berhasil melewati krisis di tahun -tahun kritis seperti tahun 1965 dan tahun 1998, ketika krisis ekonomi melanda global.

Didirikan tahun 1817 membuat Kimia Farma menjadi farma pertama yang didirikan Hindia Belanda di tanah air, waktu itu bernama NV Chemicalien Handle Rathkamp & Co.

Sejak Indonesia merdeka, perusahaan ini pun diambil alih oleh pemerintah republic Indonesia, sampai kini terus beroperasi dengan nama resmi PT Kimia Farma sejak tahun 1971.

Dengan pengesahan tersebut berarti perusahaan Kimia Farma telah resmi menjadi perusahaan farmasi milik negara yang secara khusus bergerak dalam bidang industri farmasi, distribusi, dan apotek.

KERJASAMA OPERASIONAL

Konsep Bisnis kerjasama operasional yang ditawarkan oleh Kimia Farma kepada calon mitra antara lain:

  • Layanan Apotek yang terpadu dengan Klinik dan Laboratorium Klinik yang dikelola secara professional menggunakan brand kimia Farma sebagai brand yang terkemuka di bidang Health Care.
  • Pusat kegiatan Health Care modern Kimia Farma telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang dalam rangka meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan.

Manfaat menggunakan brand Apotek Kimia Farma

Bagi franchise yang menggunakan brand apotek kimia farma akan mendapatkan beberapa benefit, di antaranya:

  1. Bagi hasil usaha

Bagi hasil usaha yang diterapkan Apotek Kimia Farma kepada franchisenya ialah franchise akan mendapatkan bagian sebesar 5 persen dari omset di luar PPN. Ketentuannya, bagi hasil tersebut akan diberikan dengan ketentuan seluruh biaya investasi termasuk penyediaan sarana dan prasarana, perlengkapan apotek standar Kimia Farma ditanggung oleh mitra.

Apabila sebagian investasi ditanggung oleh Kimia Farma, mitra akan mendapatkan bagi hasil sebesar 3 persen.

2. Bagi hasil utilisasi asset

Di samping mendapatkan hasil utilisasi aset, mitra akan mendapatkan bagi hasil lain berupa sewa space yang disewakan misalnya untuk ATM atau dari brand-brand lain yang memanfaatkannya.

3. Akses dengan jaringan klinik Kimia Farma lainnya

Franchise akan mendapatkan akses dengan jaringan klinik kimia farma di seluruh Indonesia. Jaringan dalam hal distribusi maupun dalam hal manajemen.

Layanan Kimia Farma

  • Apotek
  • Klinik
  • Optik
  •  Laboratorium Klinik

Persyaratan calon Mitra Kerjasama Operasional

  • Memiliki bangunan / tanah di Lokasi Strategis dengan status Milik sendiri atau sewa minimal enam tahun
  • Luas bangunan (lantai 1) minimal 90 (sembilan puluh) m2 yang dilengkapi dengan fasilitas parkir yang memadai
  • Fasilitas gedung minimal memiliki listrik 9000 VA, lengkap dengan fasilitas air PAM dan telepon

baca juga

Informasi lebih lanjut

Nama Brand                       :               APOTEK KIMIA FARMA

Badan Hukum                    :               PT KIMIA FARMA APOTEK

Tahun Berdiri                     :               1971

Modal Usaha (Min)         :               Rp. 510.000.000,-

Alamat                                  :               JL. BUDI UTOMO NO. 1 JAKARTA PUSAT

error: Content is protected !!