franchise-waralaba.com – Branding Indomie , Seperti apa contoh branding produk makanan yang baik? Dan, bagaimana tips menjalankannya? Kedua pertanyaan itu akan Anda temui jawabannya di dalam pembahasan artikel ini.

Sebagai salah satu kebutuhan pokok, makanan merupakan produk bisnis yang selalu dicari banyak orang. Bisnis kuliner pun semakin lama akan semakin menjanjikan di tengah pertumbuhan populasi manusia yang semakin tinggi ke depannya.

Perlu diketahui ,salah satu kunci sukses sebuah bisnis kuliner berkaitan erat dengan branding atau pengenalan merek produk bisnis. Bisnis kuliner yang tidak pernah sepi harus dibarengi dengan upaya branding yang mendalam. Hal ini akan memperkuat citra produk sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor.

Agar upaya branding dapat berjalan optimal, brand seharusnya dibua seunik dan semenarik mungkin agar mudah diingat. Contoh branding produk makanan yang menarik dan sukses adalah Indomie. Tidak bermaksud advertorial, bahasan kali ini akan lebih fokus pada ulasan kesuksesan sebuah brand Indomie yang mendunia.

Tidak hanya di Indonesia, brand Indomie telah mampir di banyak negara di dunia. Nah, untuk tahu lebih banyak tentang strategi branding dan tips menjalankan branding yang sukses, simak artikel contoh branding produk makanan dan tips menjalakannya berikut ini.

Strategi Branding Indomie

Citra Indomie yang kuat pada penikmat setianya tentu berawal dari sebuah strategi branding yang luar biasa. Bagaimana tidak, meski jauh dari Indonesia produk mie dengan merek dagang Indomie ini tetap mampu menghipnotis para konsumen loyalnya.

Hal tersebut berarti bahwa branding Indomie telah berhasil memikat dan melekat pada ingatan siapa pun yang pernah merasakan kenikmatannya. Berikut penjelasan singkat strategi branding Indomie.

1. Teknik Pemasaran Branding Indomie

Teknik pemasaran ini merujuk pada bagaimana merek Indomie dikenal sebagai produk mie dengan cita rasa khas Indonesia. Strategi ini populer di tahuan 1940-an yang banyak digunakan dalam branding sebuah film. Strategi placement branding pada saat itu menunjukkan bagaimana seorang artis dalam film memiliki citra produk yang melekat pada mereka.

Indomie, meskipun banyak produk lain yang memiliki banyak pilihan rasa masakan khas Indonesia, namu brand Indomie mampu melekat kekhasannya sebagai produk Indonesia.

Pemilihan nama merek Indomie telah menunjukkan tempat di mana produk tersebut lahir dan berkembang. Di pasar Asia, jika Anda membeli produk ini maka secara langsung orang di sekitar Anda akan tahu bahwa Anda adalah orang Indonesia.

Ketika sudah mencoba produk ini, maka tidak hanya sensasi memasak atau rasa khas Indonesia yang akan terasa, namun lebih dari itu kekhasan budaya Indonesia akan turut terasa.

Branding Indomie
Branding Indomie

2. Harga Indomie

Harga yang terjangkau, semua kalangan dapat merasakan citarasa Indomie, sekalipun anak kos yang sedang merasakan tanggal tua. Dengan harga yang murah, Anda sudah dapat merasakan kelezatan masakan Indonesia.

Berbagai macam pilihan produk mie instan di mancanegara, dari yang berharga murah hingga yang setara dengan Indomie hingga yang mahal. Namun, dengan Indomie sudah dapat mengobati rasa rindu masakan Indoneisa dibanding harus membeli makanan Indonesia yang tentunya lebih mahal.

3. Kekhasan Produk Branding Indomie

Produk Indomie sangatlah bagus dijadikan contoh branding produk makanan. Pengemasan yang apik dengan desain gambar yang sesuai kebutuhan, membantu konsumen mengenali kualitas produk secara praktis.

Meskipun berasal dari Indonesia, Indomie mampu menghadirkan produk dengan berbagai variasi bahasa setempat. Jadi, bagi Anda yang tidak paham bahasa Indonesia tetap dapat mengerti berbagai rasa yang ditawarkan di muka depan produk begitu juga dengan petunjuk memasaknya.

Indomie juga menyajikan gambaran makanan saat  disajikan. Tentu hal ini akan membuat konsumen lebih tertarik jika dibandingkan kemasan tanpa gambar sajian. Anda akan lebih mudah tahu bagaimana penampakan setelah dimasak dan disitulah Anda akan lebih yakin untuk membeli produk ini.

Produk Indomie juga menawarkan kelebihan dapat  dinikmati dalam waktu 3 menit. Tanpa perlu berlama-lama memasak, Anda sudah dapat menikmati hidangan mie istimewa dengan citarasa Indonesia.

4. Promosi Branding Indomie

Iklan Indomie yang terus berseliweran di media elektronik dengan menampilkan ragam budaya Indonesia. Memberikan pengaruh sangat besar kepada penikmat iklan itu.

Dengan durasi iklan yang cukup lama dan berulang-ulang, dapat memberikan dampak psikologis yang mendorong seseorang membel produk Indomie ini.

Terutama ketika meluncurkan suatu varian produk baru. Iklan yang ditawarkan sangat menarik dan memancing orang untuk membeli produk tersebut. Itulah keunggulan strategi branding Indomie yang sudah mampu menduduki pasar dunia.

Tips Branding Makanan Agar Cepat Dikenal

Setelah tahu banyak strategi branding dari contoh branding produk makanan dengan brand Indomie. Kini simak juga tips branding yang dapat Anda terapkan dalam bisnis makanan Anda.

1. Kualitas Produk

Berdasarkan pengalaman konsumen, produk yang diproduksi oleh perusahaan ternama akan memiliki peluang lebih banyak untuk dipilih dibanding produk dari perusahaan kecil. Hal tersbut dapat Anda lihat pada daya beli konsumen terhadap merek Indomie dibandingkan merek mie lainnya yang lebih sedikit daya belinya.

Pastikan kualitas produk Anda sama dengan kualitas produk yang dipropduksi oleh kompetitor Anda.

Melalui kualitas produk yang sangat baik, dapat dijadikan sebagai strategi branding yang sangat kuat. Kualitas suatu produk akan menjadi penentu tingkat kepuasan konsumen. Semakin puas konsumen dengan kualitas produk yang Anda tawarkan maka semakin terbuka lebar pula bisnis Anda mencapai puncak kesuksesan penjualan.

2. Gunakan Kemasan Unik dan Menarik

Tidak hanya dengan kualitas produk yang bagus, membuat packaging yang unik dam menarik juga akan membuat daya tarik tersendiri bagi konsumen.  Hal utama yang selalu menarik minat konsumen adalah dari desai kemasan produk itu sendiri.

Desain kemasan yang unik dan mampu melindungi produk dengan sangat baik akan meningkatkan minat konsumen.

Ketika seseorang membeli sebuah produk, maka mereka tidak akan memiliki banyak waktu untuk menilai kualitas produk, melainkan dengan melihat detail informasi yang tertera pada kemasan. Sehingga dengan desain yang unik dan informatif, para konsumen tidak segan memilih produk Anda dibanding produk yang lain.

Semakin beragamnya jenis dan desain kemasan yang kini digunakan dalam produk makanan, alangkah lebih baik jika Anda membuat desain yang unik sesuai dengan karakter produk Anda dan tetap ramah lingkungan.

3. Memasang Iklan

Melalui media iklan usaha branding produk makanan Anda semakin mudah dikenal. Agar tidak memakan biaya besar, Anda dapat menggunakan media online sebagai tempat memasang iklan yang efektif.

Kini iklan digital telah banyak digunakan oleh perusahaan, terutama perusahaan berskala kecil. Melalui iklan digital beban iklan yang ditanggung tidak terlalu besar. Mengingat, iklan digital dapat dibuat dengan memanfaatkan media online seperti media sosial, website, blog dan lain sebagainya. Iklan digital juga dapat menjangkau sasaran konsumen yang lebih luas.

4. Aktif Mengikuti Pameran

Cara efektif yang dapat dilakukan dalam upaya braniind produk makanan adalah dengan mengikuti berbagai pameran. Tentunya pameran yang akan diikuti harus sesuai dengan karakteristik produk Anda.

Produk makanan yang Anda branding dapat diikut sertakan dalam pameran budaya hingga pameran kuliner nusantara yang memberikan spot khusus untuk stand makanan.

baca juga

Dalam sebuah pameran, sebuah stand memiliki porsi penting untuk memperkenalkan produk. Pastikan produk yang Anda jual mudah dilihat oleh pengunjung dan buatlah stabd seunik dan semenarik mungkin. Dari display produk hingga desain stand akan dapat mempengaruhi minat konsumen.

Itulah ulasan contoh branding produk makanan dan tips menjalakannya. Bisnis kuliner harus dijalankan dengan branding yang menarik dan unik agar dapat bersaing dengan kompetitor dan mampu menarik banyak konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like