Business Opportunity dan Franchise

https://www.franchise-waralaba.com-  Banyak franchise ataupun BO yang tawarkan investasi murah bahkan juga bebas royalty fee. Bedi menghimbau biar janganlah tertipu dengan tawaran itu. Mengapa?

Ada sebagian franchise ataupun business opportunity (BO) yang alami penurunan. Salah satu pemicunya yaitu lantaran kurang fokusnya yang memiliki franchise pada beragam hal yang menyangkut perubahan franchise-nya. Bedi Zubedi, di antara praktisi franchise serta yang memiliki Quick Chicken, menyampaikan, tidak fokusnya yang memiliki franchise bakal mengakibatnya suatu usaha franchise jalan stagnan serta monoton. Hal itu jadi pemicu banyak franchise yang bangkrut.

“Saya lihat banyak franchise yang terasa senang dengan brand-nya. Mereka terasa telah kuat serta tak perlu lagi lakukan pergantian serta perbaikan. Baik itu pergantian dengan cara internal ataupun dengan cara eksternal. Hal itu menjadi di antara bentuk tidak fokusnya mereka dalam mengelola usaha, ” terang Bedi.

Bedi, yang saat ini juga mengelola sebagian brand baru kepunyaannya, mencontohkan banyak hal yang melukiskan tidak fokusnya suatu Business Opportunity dan Franchise. Umpamanya, franchise tidak lakukan re-training, tidak lakukan dead lock product, tidak pernah lakukan pelajari, dan sebagainya. Bahkan juga, terkadang mereka juga tidak memerhatikan beberapa hal kecil seperti renovasi ruang, ganti cat toko, mencermati perubahan karyawan, dan sebagainya. Inovasi itu sangatlah terutama biar suatu franchise dapat lakukan pergantian serta perbaikan hingga orang tidak jenuh dengan franchise itu.

Sayangnya, kata Bedi, banyak investor yang terjerat dengan brand yang kuat. Meskipun brand suatu franchise nampak besar serta kuat, namun belum pasti dengan cara internal serta maintainance jalan dengan baik. Walau sebenarnya, masih tetap kata Bedi, hal yang paling terutama dari suatu franchise yaitu ada kesinambungan dalam lakukan maintain baik dengan cara internal ataupun eksternal. “Buat apa brand bagus namun support-nya buruk, ” pungkas Bedi.

 

Pelajari mesti dikerjakan dengan cara teratur untuk lihat keadaan franchise-nya. Lantaran itu suatu franchise juga mesti mempunyai tim audit yang bertugas menilainya berjalannya SOP serta hasil training. Kalau akhirnya kurang bagus, mesti training lagi. Kalau telah bagus mesti selalu dimotivasi. Disini kita lihat terutamaanya up grading sumber daya manusia (karyawan) . Lantaran karyawanlah yang bertugas juga sebagai eksekutor akhir pada berjalannya SOP. Sayangnya, banyak franchise yang berhenti sesudah lakukan training satu kali. Sesudah itu karyawan dilewatkan tidak ada kontrol serta pelajari.

“Ada 3 hal yang perlu dikerjakan untuk memaintain SDM, yakni kontrol, pelajari, serta re-training. Bagus atau tidak bagus mesti terus di-training. Kurang dikontrol, namun juga mesti ditingkatkan kemampuannya. Karyawan yang bagus mesti di beri penghargaan, dapat dengan dinaikan posisinya atau upahnya, ” lebih Bedi.

Bedi juga menghimbau pada investor biar janganlah “tertipu” dengan franchise yang tawarkan investasi murah serta bebas royalty fee/franchise fee. Sekarang ini bermunculan franchise ataupun BO yang tawarkan investasi murah tanpa ada membayar royalty fee. Tawaran itu memanglah menarik buat investor untuk periode pendek. Namun untuk periode panjang sangatlah diragukan. Dapat saja mereka cuma mengakui franchise namun tidak mempunyai program yang pasti didalam sistim serta support-nya.

“Untuk lakukan maintainance yang berkaitan, franchise membutuhkan dana. Jika tak ada royalty fee atau pun franchise fee, selanjutnya dari tempat mana mereka bakal memperoleh dana untuk lakukan maintainance? ” kata Bedi.

Lalu, bab investasi murah, ini dapat kerap jadi umpan yang menarik. Namun misalnya dikilas balik nyatanya investasi murah itu cuma di awalannya saja. Investasi yang dibayarkan nyatanya untuk tidak penuhi modal keseluruhannya. Mitra/franchisee masih tetap mesti membiayai sendiri perlengkapan-perlengkapan usaha yang lain. Mereka mesti beli kursi, sewa tempat, perlengkapan masak, promosi, dan sebagainya dengan duit sendiri diluar investasi. Jadi seandainya dihitung jumlahnya bakal sama juga dengan franchise yang tawarkan investasi semakin besar.

“Hati-hati dengan juga franchise yang samar, tidak terang. Mereka mengakui franchise namun sesungguhnya cuma untuk jual product. Mereka sesungguhnya cuma distributor yang dibungkus franchise, ” himbau Bedi. jadi berhati hatilah untuk memilih Business Opportunity dan Franchise

Macam Macam Usaha Kecil Menengah

Desainnya dapat bebas dipesan, harga dapat nego, akhirnya cepat serta ditanggung memuaskan.

Seberapa besar dampak penampilan booth pada perubahan usaha Anda? Anda yang telah melakukan usaha dengan rencana penjualan booth maupun gerobak tentu sudah mengetahui begitu utamanya penampilan suatu booth atau gerobak untuk usaha Anda. Penampilan suatu booth bakal mempunyai dampak besar pada ketertarikan pelanggan. Booth yang di desain dengan penampilan yang menarik serta eye catching tentu bakal jadi magnet besar untuk menarik ketertarikan pelanggan.

Tetapi banyak entrepreneur yang terkadang kecewa dengan booth yang mereka pesan dari produsen booth. Hasil pesanan terkadang tidak sesuai sama hasrat entrepreneur hingga punya pengaruh jelek pada ketertarikan customer. Oleh karena itu baiknya Anda pesan booth Anda pada produsen yang memanglah memberi service optimal pada pesanan booth Anda.

Kecewa pada hasil pesanan booth sempat juga dihadapi oleh Abdul Rachmansyah atau yang akrab disapa Febri. Febri adalah Owner Design Booth, suatu produsen booth yang melayanai layanan design serta pembuatan booth. Febri pernah kecewa dengan hasil booth yang ia pesan untuk menjalanan usahanya. Terkecuali harga nya yang mahal, Febri juga tidak senang dengan hasil yang ia peroleh. Booth yang ia pesan jauh dari selera yang diinginkannya. Dari situlah, nampak inspirasi Febri untuk mengawali Bisnis yang beroperasi di sektor design serta pembuatan booth. Satu hal yang berikan motivasi dianya yaitu ia mau membuat booth yang unik, ‘eye-catching’, berkwalitas serta tentu dengan harga yang berkompetisi.

Didirikan seacara resmi pada bln. April 2010, Design Booth ada juga sebagai perusahaan yang beroperasi di sektor design serta pembuatan booth. Perusahaan yang didirikan oleh Febri ini tawarkan service yang cepat serta hasil yang memuaskan sesuai sama pesanan. Febri juga tidak membanderol harga yang terlampau mahal. Diluar itu Pelanggan juga dapat bebas pesan design yang diinginkan

“Kita memanglah tidak saklak membanderol harga. Kita juga mau menolong client yang memanglah mempunyai bajet terbatas. Jadi ya, dapat negolah masalah harga. Yang utama kita masih tetap dapat bisa untung serta client dapat juga senang memperoleh booth yang di idamkan, ” jelas Febri

Masalah harga yang dapat dinego serta design yang dapat bebas dipesan pelanggan (free design) ini jadi nilai plus sendiri untuk Design Booth. Febri menyampaikan, kompetitor-pesaing dengan usaha sejenis memanglah banyak namun umumnya dari mereka harga nya terlampau mahal. Lalu dari sisi design juga terkadang kurang memuaskan client. Jadi Design Booth ini jadi pilihan untuk client yang mau merealisasikan booth-nya namun dengan harga yang sesuai sama kantong serta design yang dapat didiskusikan dengan cara detil.

“Iya, bahkan juga kerapkali ada client yang telah pesan satu buah booth lalu pesan lagi walau sebenarnya booth pesanan yang satunya belum usai. Rata-rata mereka memanglah senang dengan akhirnya. Hingga saat ini pelanggan nambah selalu serta agak kewalahan juga penuhi order-order mereka, sampai saat ini saya mengambil keputusan untuk buka cabang di Bintaro” ungkap Febri.

Baca Juga

  1. 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar
  2. Pengertian Modal Usaha dan Pinjaman Bank
  3. Alasan Ini Akan Membuat Anda Memilih Menjadi Wirausaha

Begitulah, Macam Macam Usaha Kecil Menengah sampai saat ini juga Febri masih tetap selalu kebanjiran order. Walau sebenarnya promosinya masih tetap memakai internet serta belum besar-besaran hingga gunakan iklan di media lain. Pemesannya bukan sekedar di seputar Jabodetabek namun juga provinsi yang lain seperti Kalimantan, Bali, Surabaya, Aceh, Ambon serta kota-kota besar lain. Tetapi, walau banyak order, Febri terus berupaya keras penuhi keinginan sesuai sama tenggat saat yang didapatkan. Saat ini, Febri dibantu oleh 11 karyawannya, dapat penuhi pesanan sepanjang 1 minggu.

Febri tidak mau berhenti disini. Ia mau selalu meningkatkan usahanya ini. Ia mau membawa Design Booth ke pameran-pameran besar. Febri juga tengah membuat untuk bikin design kitchen set, almari. Ada demikian banyak inovasi yang mau ia kembangkan dari Design Booth. Namun masalahnya memanglah masih tetap terbentur permasalahan modal. Oleh karena itu Febri juga mengajak, untuk yang tertarik mau turut dan meningkatkan usaha Design Booth ini, untuk menjalin kerja sama juga sebagai investor, semoga dengan Macam Macam Usaha Kecil Menengah ini semakin meningkatkan kesempatan usaha untuk semua orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like