franchise-waralaba.com – hari ini saya ditemani oleh seorang pakar pasif income properti yaitu. Pak Pipo Hargiyanto. selamat datang luar biasa nih Pak. saya nunggu-nunggu sesi ini karena Pak Pipo ni banyak ngajarin tentang pasif income.

Yang bikin harapan saya setelah baca buku Rich Dad Poor Dad itu jadi nyata nih Pak. saya dulu terinspirasi pasif income dari tahun 2001 waktu baca buku Rich Dad Poor Dad.

wah ternyata enak sekali ya klo punya pasif income. makanya saya terus mencari-cari pasif income. akhirnya ketemu. makanya sekarang saya seneng klo bisa sharing ke temen-temen semuanya tentang pasif income. nah Pak kita mo ngobrol. pertama kali punya pasif income tu bentuknya properti apa Pak.

yang pertama waktu itu saya kan baca tahun 2001 buku Rich Dad Poor Dad. waktu itu saya terpikir klo di buku itu kan ditulis rumah sewa. cari rumah sewa yang incomenya lebih besar dari angsuran. ternyata saya cari-cari di indonesia ga ada.

jadi buku itu .. bukannya ga ada ya. mungkin saya ga ketemu. mungkin ada orang lain yang bisa bagus lah.. tapi saya ga ketemu. saya udah cari-cari rumah yang disewakan tapi incomenya bisa lebih gede dari angsuran saya ga ketemu. dan itu nyarinya online atau. jaman tahun 2001 itu masih dari koran .. iklan-iklan koran. iklan baris satu-satu. post kota dicari .. kompas .. kemudian saya potongin. ga ketemu. baru 2005 saya terpikir mungkin klo rumah sewa ga bisa. mungkin kost-kostan atau kontrakan bisa. itu ide karena dari temen atau gimana Pak.

nggak .. kepikiran sendiri .. mungkin coba kost-kostan kali ya. waktu itu saya masih belajar sendiri otodidak. dan itu ternyata prosesnya lama. perlu 7 tahun mulai 2001 baca 2008 saya baru dapat kost yang pertama. berarti itu produk pasif income yang pertama. dapat properti dapat lahannya juga dapat gedungnya jadi kost-kostan. iya itu di jalan daan mogot tangerang. sampai sekarang masih ada. ceritanya udah panjang sekali dari tahun 2008 sampai hari ini. dari dulu cuma 900 juta sekarang sudah 5,8 milyar. dan menghasilkan pasif income yang cukup besar dan makanya itu enak banget.

baca juga

    berarti itu capital gainnya sekarang udah 5,8 ya klo misalnya dijual. tapi ada ke saya Pak 5,8 kan appraisal. sekarang mungkin ga sampe segitu. ga apa ga apa yang penting menghasilkan pasif income bagi saya. karena saya tidak ada plan untuk jual juga.

    berarti Bapak bukan flipping property ya Pak. bukan. klo saya prinsip saya kan properti itu harus seperti angsa yang bertelur emas. jangan sampai angsanya dipotong dagingnya dimakan kemudian ga bisa bertelur emas lagi. mendingan kita makan telurnya jadi lebih aman. makanya saya itu masuk tdak suka jual properti. nah ini pasti banyak pertanyaan dari temen-temen milenial juga nih Pak.

    bapak waktu mulai udah punya duit belum Pak. atau banyak banget duitnya sehingga bisa beli properti 900 juta. justru 2008 itu saya lagi bangkrut-bangkrutnya itu. diboongin .. bisnis ternyata dibohongi invoice ga dibayar. sampai bangkrut. terpaksa saya invest tanpa modal. modalnya kecil sekali hampir nol. dan ternyata bisa. makanya klo sekarang sempet ada yang sering tanya ke saya.

    Pak saya susah nih invest ga punya modal. sama tahun 2008 saya juga ga punya modal dan ternyata bisa. dan ternyata masih bisa sampai sekarang Pak. bisa sampai sekarang. cuma klo sekarang gaya permainannya beda. sekarang karena cashflow sudah jauh lebih baik dari tahun 2008. mau pake modal ga pake modal ayo aja lah. yang penting simpel cepet gampang. tapi klo 2008 karena ga punya duit ga punya income. cari yang dpnya nol. angsurannya tertutup dari income properti. prinsipnya kan sebenernya gampang.

    ini ngomongnya panjang lebar ya saya jelasin. ga apa Pak justru saya lagi belajar juga Pak biar temen-temen ikut dengerin. sebenernya yang saya lakukan itu intinya satu. cari properti yang incomenya lebih besar dari angsuran. properti yang incomenya lebih besar dari angsuran. jadi kita ga bayar angsurannya ya. betul. boleh dibilang nol kita masih dapat margin dikit. ya 1 rupiah pun juga ga apa lah yang penting ga bayar angsuran. kedua ..

    cari yang incomenya bisa dihasilkan dengan pasif. jadi bukan berarti kita harus buka toko di sana. bukan jagain ya .. bukan. tapi misalnya disewakan. kost-kostan. atau .. klo saya paling suka minimarket. indomaret saya pake. jadi karena yang kelola franchisor bukan saya. jadi saya ga usah ngapa-ngapain toko bisa jalan terus. itu prinsip yang kedua. prinsip yang ketiga. tadi kan sudah menghasilkan pasif income.

    kemudian pasif incomenya lebih besar dari angsuran. yang ketiga prinsip saya dpnya nol. klo dpnya nol tiga-tiganya ini terpenuhi kan sebenernya siapa aja bisa. temen-temen bisa Pak Dee juga bisa saya juga bisa semua orang juga bisa. nah ini orang pasti tanya nih Pak beneran ga sih ada produk di pasaran. yang memang dpnya nol dan punya 3 persyaratan itu. sangat mungkin Pak.

    mungkin .. pasti tidak setiap hari dapat. jangan berharap temen-temen bermimpi. lihat iklan properti terus dapat dapat dapat enggak. saya tidak menjanjikan seperti itu. tapi mungkin dari 100 properti yang dilihat. 10 yang ditawar. mungkin 3 yang jadi. mungkin 3 yang masuk bank akhirnya 1 ga jadi. alias butuh ketelatenan. tapi bisa .. itu hanya masalah waktu dan telaten-telatenan aja. kebetulan memang saya ikutan workshpnya Pak Pipo. dari preview luar biasa Pak Pipo ini konsisten sekali.

    mengajarkan orang tentang pasif income lewat media franchise indomaret ya. iya .. 2008 kan tadi ngomongin kost tu. ternyata ngurusin kost itu tidak pasif lho. ternyata ngurusin kost itu susah lho. ribet ya Pak ya. ribet. ada yang ngakunya sudah bayar bulanan padahal belum bayar. ada yang motornya kecurian marah-marah mo nuntut ..

    mo nuntut saya. ada yang bajunya ketuker sama sebelahnya ribut berantem. saya sampai dipanggil. jam 6 pagi pompanya mati saya harus ke sana. harus jalan ya Pak ya. kena macet senewennya Pak ya. ternyata ribet. tapi ga apa tetep bagus daripada ga punya properti. lebih bagus lebih baik tetep punya properti ribet sedikit ga apa.

    tapi terus 2009 saya ketemu minimarket indomaret. nah itu saya ketemu ternyata dia nggak ribet. makanya saya dari 2009 terus sampai sekarang. saya masih bangun terus sampai hari ini juga masih bangun minimarket. ini sekarang akhir tahun saya harus selesaikan 5 minimarket yang di part line saya. jadi lumayan fokus juga. ternyata bagus dari 2009 terus saya nambah-nambah terus sampai sekarang. dan itu jadi salah satu favorit saya. saya punya toko yang ada di. ini sekarang kan tinggalnya di jakarta nih. tapi saya juga punya toko di medan. ada toko di jawa timur. ada yang di jawa tengah. itu kunjungin satu-satu ga Pak.

    bapak inspeksi ngeliatin timnya dll pergi ga sih Pak. enggak. bahkan saya punya toko di medan itu kan lumayan jauh lho. medan itu dari singapore masih lebih tinggi lagi. lebih mahal tiket ke medan daripada singapore lho. atau tiket malaysia lebih murah malah. jadi jangan dipikir medan itu deket medan itu jauh lho 2 jam lebih lho. saya ga pernah ke sana paling cuma 2 tahun sekali. itu pun 2 tahun sekali karena peraturan dari perpajakan. setiap 2 tahun sekali e-faktur kita harus datang ke kantor pajak.

    untuk supaya tau bahwa perusahaannya bukan fiktif. tapi sebenernya itu peraturan perpajakan. bukan peraturan dari indomaret. jadi saya punya 3 properti di sana 3 toko di sana. bahkan istri saya berkali-kali ngajakin ayo dong pipo kita kan udah punya properti di sana. udah punya 3 dari tahun 2011 sampai sekarang masa kita ga pernah ke medan. oh pengen jalan-jalan ke medan. alasannya itu ya Pak dengan bilang kunjungi toko. tapi saya bilang ke medan itu 2 juta. pp tiket pesawat 4 juta. saya istri anak 2 orang 16 juta. belum hotel. belum jalan-jalan makan ya. mendingan naik air asia jakarta singapore 500ribu pp 1 juta 4 orang cuma 4 juta. saving 12juta gaya lagi foto-foto selfi di merlion.

    daripada foto selfi di dalam negeri ini fotonya di luar negeri. lebih murah lagi. jadi sampai sekarang dari 2011 sudah 8 tahun. istri saya udah bolak-balik ajakin ke medan saya bilang sudahlah mending ke singapore aja lah lebih murah. klo enggak ke kuala lumpur. banyak tiket promo itu lebih murah. jadi sampai sekarang belum pernah ke sana. ini sekarang saya lagi mau beli toko di makasar. ini toko pertama Pak.

    yang makasar toko pertama. sulawesi saya juga mulai. ternyata ga masalah kok punya toko di manapun ga masalah. karena dikelola oleh operator kita ga ribet. beda sama kost-kostan. klo temen-temen punya kost ati-ati. itu harus diurusin lho. saya akhirnya tahun 2017 ketemu juga caranya gimana. punya kost ga ngurusin. akhirnya nanti ketemu juga tahun 2017. oke kita nanti akan ngobrol lebih lanjut ya gimana Pak Pipo bisa ngurusin kostnya dan rahasianya. ini masih ngomongin 2008 ini.

    pasif income properti lewat indomaret franchise ya Pak. boleh di share ga sih Pak jumlah properti indomaret yang aktif sekarang berapa. klo hari ini saya indomaret ada 23 alfamart ada 3 jadi 26. dari 26 25 sudah saya beli. tinggal 1yang masih sewa. udah saya kejar-kejar terus orangnya ga mau jual. orangnya bilang jangan Pak ini warisan orang tua ga dijual. tapi saya udah bilang berkali-kali please ya klo mau dijual omongin saya dulu. jangan dijual ke orang lain. sampai sekarang masih hubungan baik. klo idulfitri saya kirimin parsel. enak banget nih siapa yang mo nyewain atau mau jual propertinya nanti dikirimin parsel.

    baca juga

      kalo bisa jual eh jangan jangan jangan. sekarang dengan kondisi hari ini 2019 kalo menurut saya. tahan dulu ya Pak. gimana properti sekarang lagi bagus-bagusnya apa lagi jelek-jeleknya. lagi jelek-jeleknya sekarang. lagi jelek-jeleknya menurut penjual atau pembeli. kalo untuk penjual. kalo untuk pembeli ini lagi timingnya. jadi ini disebut buyers market. market dikendalikan oleh buyer. jadi temen-temen klo bisa saran saya jangan jual properti sekarang. tunggu.

      tapi klo bisa lebih bagus lagi propertinya diusahakan supaya menghasilkan pasif income. luar biasa ini Pak. Pak saya tertarik ngobrolin sesuatu tadi. Bapak masih bilang medan punya pasif income segitu banyak masih bilang mahal Pak. ini lucu nih Pak. ini Bapak punya mental sori ya Pak sedikit ini. apakah emang irit-irit banget buat beli indomaret lagi. atau memang ini prinsip hidup yang memang udah dari awal Bapak udah lakuin. iya saya belum pernah kepikir kenapa. mungkin pelit kali bener ya. pelit sama irit kan bedanya tipis ya. klo saya lihat sih klo memang bisa diirit ya diirit lah.

      tapi klo ga bisa diirit ya bayar bayar lah. klo menurut saya Bapak mungkin idolanya Warren Buffet ya. Warren Buffet mobilnya ga usah keren-keren tapi tetep irit ya. tapi tetep jadi uang yang terbesar ya. Warren Buffet kalo sarapan kan cuma 3 dollar. 3 dollar 17 sen katanya. kalo menurut saya uang secukupnya lah. kalo memang ini mending diputer lagi.

      diinvestasikan lagi. kepuasannya kan bukan menghabis-habiskan uang. tapi menghasilkan uang diputer lagi diputer lagi. ternyata enak lho punya pasif income banyak. enak sekali. apa keuntungan punya pasif income. pasif income itu enaknya terasanya waktu idul fitri. klo idul fitri klo orang lain masih kerja harus masuk. kejar setoran ya Pak semangat. yang punya rumah makan mungkin harus kejar setoran. yang punya laundry harus kejar setoran. saya punya minimarket santai-santai. karena masih buka ya Pak. buka. dan incomenya 2x lipat lagi.

      jadi saya tinggal jalan-jalan incomenya malah 2x lipat. jadi klo idulfitri libur saya tinggal 3 minggu jalan-jalan. pulang-pulang biasa income tokonya 2x lipat. income 2x lipat .. berarti mendingan sering jalan-jalan ya Pak. jadi mendingan sering jalan-jalan kayaknya klo saya di sini bawa sial. jadi incomenya ga naik-naik. jadi begitu saya keluar negeri malah incomenya naik. klo kaya di natal dan tahun baru. naik sedikit tapi tidak setajam idulfitri. tidak signifikan. lumayan sih 20-30% lumayan. tapi kalah lah sama idulfitri. idulfitri itu bisa 2x lipat.

      terutama toko-toko yang di jawa tengah jawa timur jawa barat. yang di daerah orang-orang mudik. itu bisa 2x lipat. toko yang biasanya 25 juta. bisa jadi 50 juta sebulan bulan itu. toko yang biasanya 70 juta bisa jadi 140 – 150juta. tadi Bapak bilang 25juta 50juta 70 juta. itu penjualannya tiap bulan atau itu udah profit Bapak terima. itu net profit. jadi net profit uang yang diterima. toko-toko saya beda-beda tidak semua toko saya bagus. toko saya ada yang profitnya cuma 3 juta sebulan ada. yang paling top 70juta sebulan ada juga. itu sudah bayar karyawan sudah bayar listrik. itu di luar waktu lebaran ya Pak. iya ini average setahun.

      average 12 bulan. sudah bayar karyawan yang paling mahal karyawan. kedua listrik. ketiga pembungkus barang plastik. keempat barang rusak barang hilang. terus biaya lain-lain. itu sudah bayar royalti juga. kira- kira incomenya ada yang 70 ada yang 3 juta beda-beda. tapi secara average itu sekitar 25 – 26 juta sebulan. 25 – 26 juta. per toko. lumayan banget ya Pak. sangat asyik banget ya. itu dikali tu berapa tadi 25 – 26 hitungan matematikanya harus tau. makanya sekarang saya beda. kalo dulu berdoa panjang minta ini minta itu. kalo sekarang berdoanya cuma terimakasih. udah sampai level segini menurut saya udah. makanya ngerti kan kenapa Pak Pipo jadi mentor saya. saya kenapa pengen belajar ke Pak Pipo. dan sudah belajar. tinggal lagi on the way there pasif income.

      baca juga

        semua bisa kok .. menurut saya semua bisa hanya mungkin perlu waktu. waktunya ya Pak .. giatnya. telaten .. punya passion di sana .. sampai lah pasti. berarti istri makin sayang dong Pak di rumah. istri sekarang tambah sayang soalnya KPR nya tambah banyak. kalo dulu kalo ga punya KPR gitu kan. istri masak itu cuma bebas. saya mo makan di warteg boleh makan di mana boleh. kalo sekarang kan KPRnya banyak nih utangnya banyak. istri ngomong jangan makan di luar kotor.

        udah mending makan di rumah nanti saya masakin. kalo sakit dikasi obat suplemen kasi ke dokter. saya tanya sekarang kok aku KPRnya tambah banyak kamu malah tambah sayang sih. istri saya bilang iya KPR mu masih banyak utangnya masih banyak. jangan ada apa-apa dulu nih kamu klo ada apa-apa saya yang repot. jadi untuk cowok-cowok yang merasa istrinya kurang sayang. ambil kpr yang banyak itu nanti pasti tambah sayang istrinya. asal ngerti cara bayarnya ya hati-hati ini harus didengerin jangan nanti sepotong-sepotong. tapi pastikan kpr itu cari in properti untuk beli. properti yang incomenya lebih besar dari angsuran.

        jadi kita tidak pusing. jadi kita udah bisa tinggalin dulu .. bisa ngerjain yang lain. dan kita bisa fokus. daripada temen-temen punya sudah kerja jadi pengusaha atau profesional atau karyawan. tapi punya bisnis sampingan yang akhirnya malah bikin ga konsen. klo menurut saya mendingan cari bisnis yang pasif income. seperti saya minimarket. minimarket ga repot. saya punya bisnis di kantor itu memang senin-jumat saya konsentrasi penuh. berarti masih punya bisnis ini ya. masih .. masih. karena sebenernya tahun 2016 saya mau pensiun.

        waktu itu saya pikir oh sudah punya pasif income lumayan lah ya. 2016 mo pensiun. ternyata pensiun minggu pertama enak sih minggu pertama santai-santai di rumah. minggu kedua bosen juga ternyata kalo di rumah ya ga bisa ga bisa. jadi sejak 2016 saya pikir bisnis tetep jalan. tapi pasif income juga jalan. ini menurut saya mengubah banyak mitos. dimana banyak orang bilang oh saya mau pensiun udah santai-santai udah punya banyak uang. malah kalo kita liat Warren Buffet 89 tahun masih aktif.

        bayangin anda kalo uda mengerti cara mengolah saya yakin bahwa anda akan menjadi produktif. tahun 2016 saya masih berpikir seperti itu. bahwa kalo pasif incomenya banyak kita pensiun aja. ternyata pensiun itu ga bisa. jadi kerja itu sekarang bukan masalah uang. tapi masalah aktualisasi diri. saya seneng kok dengan pekerjaan saya. seneng bisa ketemu Ferdinand ketemu orang-orang ketemu klien. ya kadang stres sedikit. kadang stres-stres sedikit iya. bahkan saya liat orang-orang sukses kan masih kerja juga. jadi itu memacu kita lebih semangat. pasti banyak yang nanya gini. tapi saya pernah buka indomaret tapi kok rugi.

        malah mereka mungkin liat ke indomaret bukan propertinya. jadi sebenernya klo temen-temen liat. itu benar yang diomongin Dee. jadi yang saya lakukan sebenarnya saya bukan pengusaha minimarket. berarti jangan lihat indomaretnya ya. bukan lihat minimarketnya. saya melihat propertinya .. lihat indomaret ini sebagai alat investasi .. instrumen investasi. ujung-ujungnya saya tu pengen properti. kan tadi prinsipnya gampang tuh. bagaimana caranya beli properti. tapi karena saya ga punya uang saya pinjem bank nih.

        baca juga

        tapi klo pinjem bank ada angsurannya. yang bayar mana. ya propertinya. dengan kalo properti disewain tanah mungkin ga akan nutup ini angsuran. tapi klo dikasi kost kasi minimarket nah baru bisa nutup angsuran. tinggal satu lagi cari yang ilmunya dp nol. ketika bisa digabung jadi satu. tanpa dp ga ngangsur yang mengelola orang lain. itu 3 syarat itu terpenuhi wah itu enak banget.

        Leave a Reply

        Your email address will not be published. Required fields are marked *

        You May Also Like