Apa Itu Paket Waralaba?

Pernahkah Anda mendengar tentang “paket waralaba”? Jika tidak, ini termasuk hal yang sangat wajar karena memang kata ini sangat jarang diperdengarkan.

Paket waralaba merupakan istilah yang digunakan oleh CFC. Layaknya paket, paket waralaba ini berisi tentang pilihan bisnis waralaba mana yang akan dituju dalam bentuk fasilitas.

Dalam penjabarannya, paket waralaba yang ditawarkan oleh CFC yang terdiri dari beberapa jenis.

Terdapat penawaran paket waralaba tanpa sewa tempat dan inovasi namun melengkapi seluruh peralatan dapur seperti peralatan masak, kursi, meja, dan lainnya.

Di samping itu, CFC juga menyediakan pilihan paket waralaba yang dilengkapi dengan seragam karyawan namun tidak mencakup bahan baku, biaya pelatihan, hingga stok awal.

Apa yang Harus Dipahami tentang Paket Waralaba?

Jika waralaba terkait memberikan penawaran tentang paket waralaba, cobalah untuk mempertanyakan hal ini jika tidak memahami teknisnya.

Bertanya tentang seluruh hal yang terkait dengan investasi tentunya sangat dianjurkan dalam menjalani bisnis waralaba.

Hal ini akan mengatasi masalah sebelum terjadinya masalah dengan menemukan informasi yang benar-benar relevan tentang waralaba tersebut.

Terdapat beberapa kategori investasi yang harus dipahami, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Pra-launching Cost

Pra-launching cost merupakan investasi waralaba yang meliputi perjanjian, pengangkatan, dan pelatihan karyawan.

  • Belanja Modal

Belanja modal merupakan investasi waralaba yang meliputi peralatan, renovasi, dan peralatan perlengkapan kerja.

  • Stok Awal

Stok awal merupakan investasi waralaba yang meliputi stok bahan baku, stok operasional, dan seragam kerja.

  • Pembayaran

Pelaku waralaba nantinya disarankan untuk membayar biaya operasional di awal.

  • Cadangan pembiayaan dalam rekening ataupun kas.

Selain kelima unsur di atas, terdapat biaya awal waralaba yang tidak bersifat apple to apple. Dengan kata lain, biaya tersebut tidak dapat disamakan dengan biaya waralaba lainnya.

Paket Waralaba Lainnya

Para pemilik usaha waralaba terkadang ada yang menargetkan paket waralaba lainnya. Paket tersebut termasuk pemberian pendampingan pada setiap poin yang tertera pada ulasan sebelumnya.

Adapun biaya pendampingan yang terdapat pada paket waralaba adalah biaya pendampingan pra-launching.

Selain itu, terdapat paket wralaba yang komplit dengan penetapan biaya awal kerjasama. Biaya tersebut meliputi biaya soft opening, biaya pelatihan awal, dan pengawasan terhadap perkembangan inovasi.

Non Apple to Apple Cost

Paket waralaba tidak dapat dibandingkan dengan waralaba pada bisnis lainnya. Namun, perincian tetap harus jelas meskipun terdapat tambahan biaya lainnya seperti paket waralaba gerobak.

Gerobak termasuk dalam paket waralaba yang tidak apple to apple. Biasanya paket waralaba ini diperjualbelikan sebagai bagian dari Business Opportunity.

Lagi, biaya awal yang tidak dikenakan secara gamblang bukan berarti waralaba tersebut tidak mengadakan pemungutan biaya awal.

Dalam hal ini akan diberlakukan paket lengkap dengan taksiran biaya halus atau dengan perkiraan biaya yang mendekati biaya yang sebenarnya.

Biaya Investasi Total

Dalam menentukan total biaya investasi, pihak pemilik waralaba akan menjelaskannya secara terperinci.

Dalam hal ini, pihak yang menjalankan waralaba pun disarankan untuk menanyakan hal tersebut.

Total investasi nantinya tidak hanya mencakup biaya awal, biaya paket, dan capex. Akan tetapi, pihak yang menjalankan waralaba harus bersedia untuk biaya yang tidak terduga nantinya.

Perkiraan biaya paket tersebut akan meliputi seluruh alat-alat yang akan digunakan untuk menjalankan bisnis waralaba.

baca juga

Editor’s Choices

1000 Ide Bisnis UKM Modal Kecil

Daftar 600 Bisnis Franchise

800 Jenis usaha yang menjanjikan Dengan Modal Kecil

Panduan Bisnis Franchise

500 Master Franchise

Beberapa di antaranya adalah biaya perlengkapan administrasi, perlengkapan makan dan minum, ruang kerja, hingga pendingin ruangan.

Untuk menjalankan bisnis ini, pelaku waralaba diharapkan sudah siap dengan segala resiko mendatang karena waralaba tidak semata-mata berbicara soal keuntungan.

You May Also Like