https://www.franchise-waralaba.com – Akhir-akhir ini, kemajuan teknologi dan informasi semakin meningkat pesat. Terbukti dengan pengaruhnya telah menyentuh ke segala aspek dan bidang kehidupan manusia. Bahkan, yang dahulunya tidak terpikirkan untuk ada pun sekarang bisa dengan mudah menjadi trend. Seperti layanan berbasis teknologi finansial atau Financial Technology (Fintech) yang telah digandrungi banyak pelaku ekonomi seperti pekerja, pengusaha, hingga investor.


Trend tersebut bukan terjadi tanpa alasan. Fintech yang diprediksi akan mampu menggantikan peran lembaga perbankan konvensional tersebut menawarkan berbagai hal menarik di antaranya kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi maupun kegiatan yang berkaitan dengan keuangan lainnya.


Karena antusias masyarakat yang begitu besar dengan kehadiran Fintech, banyak perusahaan start up yang secara khusus memproduksi layanan perbankan berbasis Fintech. Salah satunya PT Akseleran Keuangan Inklusis Indonesia (AKII) dengan produk layanannya yang bernama Akseleran.

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (AKII)

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (AKII) merupakan penyedia portal crowdfunding terintegrasi bernama Akseleran yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai  penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dalam peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016.


Melalui Akseleran , AKII tidak memberikan rekomendasi pinjaman dan tidak mengelola dana pinjaman yang berasal dari para pengguna situs Akseleran. Akseleran adalah layanan online dengan sistem Peer to Peer (P2P) Lending, yang berperan menghubungkan usaha tahap awal (start up) dan UKM yang sedang membutuhkan pendanaan dari para calon pemodal, juga mengurus tertib administrasi untuk dana (permodalan) yang telah diterima.

Keunggulan Akseleran

Akseleran merupakan platform online dengan sistem P2P Lending yang memungkinkan setiap orang bisa memberikan pinjaman/modal usaha secara cepat, mudah, dan aman serta menguntungkan kepada para pelaku usaha kecil menengah dan usaha tahap awal (start up).
Untuk pemodal, ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan, yakni

  1. Kesempatan memberikan pinjaman dengan bunga yang kompetitif. Anda bisa memberikan pinjaman/modal dengan tingkat bunga efektif yang kompetitif sebesar 11,75% – 30% per tahun. Nilai bunga tersebut lebih besar daripada bunga yang bisa didapatkan melalui tabungan atau deposito dana di bank.
  2. Proses mudah dan sederhana. Mulai proses administrasi, proses analisa kredit, proses dokumentasi hukum, hingga pembayaran dan penyelesaian transaksi tidak perlu Anda lakukan karena akan ditangani oleh Akseleran.
  3. Perlindungan bagi pemberi pinjaman. Tim profesional Akseleran akan melakukan analisa kredit kepada setiap debitur(peminjam) untuk menyeleksi debitur yang layak dan siap agar tidak terjadi informasi material yang menyesatkan. Dengan begitu, modal atau dana yang Anda pinjamkan akan tetap aman dan risiko pinjaman pun bisa diminimalisasi.
  4. Biaya yang sangat murah. Anda akan dikenai biaya 0 – 1% untuk setiap pembayaran yang Anda terima, seperti pembayaran pokok, bunga, dan denda yang disesuaikan dengan tenor pinjamannya.
  5. Beragam pilihan. Anda bebas memilih berbagai jenis pinjaman untuk Anda danai. Akseleran menyediakan jenis pinjaman seprti pinjaman tanpa agunan dan pinjaman dengan agunan (tagihan, mesin-mesin, persediaan dagang, tanah, bangunan, kendaraan bermotor) dengan tenor 1 – 48 bulan.
  6. Berinvestasi mulai Rp 100.000,-. Dibandingkan dengan beberapa platform online Fintech lainnya atau lembaga perbankan konvensional yang menetapkan batas minimal investasi menjadi pemodal bernilai jutaan rupiah, melalui Akseleran, Anda bisa mulai berinvestasi dengan nilai Rp 100.000,- saja.

Selain untuk peminjam (Lender), Akseleran juga memberikan penawaran yang menarik untuk para peminjam (Borrower). Penawaran yang menguntungkan tersebut adalah:

  1. Suku bunga kompetitif. Seperti pemodal, peminjam pun mendapatkan keuntungan suku bunga kompetitif yakni 6,48% – 17 % flat per tahun yang setara dengan 11,75% – 30% efektif per tahun.
  2. Pinjaman dengan atau tanpa agunan. Tidak seperti lembaga perbankan konvensional yang mengharuskan peminjam untuk memberikan agunan, Akseleran membebaskan Anda untuk mengajukan pinjaman dengan atau tanpa agunan, sesuai dengan kemampuan dan kesediaan Anda.
  3. Jangka waktu fleksibel. Jika biasanya diberi batasan jangka waktu pinjaman 6 bulan – 12 bulan, melalui Akseleran Anda bisa memilih jangka waktu pinjamann mulai dari 1 bulan hingga 48 bulan.
  4. Frekuensi pembayaran cicilan pokok fleksibel. Frekuensi pembayaran cicilan pokok melalui Akseleransi disesuaikan dengan kebutuhan dan cash flow cyle usaha Anda, mulai dari tiga bulan, tahunan, hingga pembayaran penuh di akhir periode pinjaman.
  5. Proses mudah dan sederhana. Keunggulan yang hampir ditawarkan oleh platform online P2P Lending lainnya, yaitu kemudahan dalam proses administrasi. Akseleran akan mengurus administrasi lainnya setelah Anda berhasil melakukan registrasi.
  6. Biaya yang terjangkau dan transparan. Anda hanya akan dikenai fee 1% ketika Anda sudah berhasil mencairkan modal pinjaman. Akseleran juga memberlakukan biaya notaris dan dokumentasi hukum. Namun, biaya-baiay tersebut tidak akan diambil dari nilai pinjaman Anda, jika pinjaman tersebut belum berhasil Anda cairkan.

baca juga

    Risiko Pinjaman (Pendanaan) Melalui Akseleran

    Sebagai peminjam atau pemberi modal, Anda harus mengetahui bahwa setiap pinjaamn yang Anda investasikan melalui Akseleran berpotensi risiko. Untuk itu sebelum Anda memutuskan untuk menjadi peminjam atau pemodal, Anda harus memahami risiko apa saja yang mungkin terjadi selama proses pinjam meminjam melalui Akseleran.


    Sama halnya dengan layanan P2P Lending lainnya, ada beberapa risiko yang bisa terjadi dan harus siap Anda hadapi untuk menjadi peminjam (Lender).

    Beberapa risiko tersebut ialah risiko kredit/gagal bayar, risiko kredit macet, risiko likuiditas agunan, hingga risiko proses hukum.


    Ingat, meski Akseleran akan melakukan seleksi kepada para peminjam atau Borrower Anda dan menjamin keamanan pendanaan Anda, Anda tetap harus mengetahui risiko-risiko tersebut yang bisa memberikan pengetahuan dasar terhadap risiko berinvestasi melalui platform online P2P Lending.


    Tertarik mengajukan pinjaman atau menajdi pemodal melalui Akseleran?
    Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan untuk menjadi Lender atau Borrower melalui Akseleran dengan mengunjungi situs resmi mereka di www.akseleran.com.

    Anda akan mendapatkan informasi umum tentang kebijakan, keuntungan, panduan registrasi online, hingga penjelasan tentang risiko pinjaman yang lebih detail.

    baca juga


      Anda juga bisa secara langsung menghubungi Akseleran melalui kolom Hubungi Kami di situs resmi Akseleran atau melalui email di team@akseleran.com. Anda bisa mengajukan pertanyaan apapun terkait aktivitas pinjam meminjam, atau sekadar bertanya untuk menambah pengetahuan Anda tentang layanan berbasis Fintech AKII sebagai pembanding dengan layanan Fintech lainnya.


      Untuk Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Anda bisa datang langsung ke kantor pusat AKII yang berlokasi di Office 88 Tower A Lantai 35, Jalan Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta.

      Juga bisa menghubungi secara offline di nomor telepon 081-887-5755/ 081-876-7784/ 081-748-315-19.


      Selalu ingat untuk mencari informasi terkait layanan Fintech, baik Anda sebagai peminjam atau pemodal, dan sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam proses penyelesaian transaksi pinjam meminjam.

      Juga, akan jauh lebih baik jika Anda bisa membandingkan antara satu layanan FIntech dengan layanan Fintech lainnya untuk mencari yang layanan dengan keuntungan dan tawaran yang lebih baik.

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *

      You May Also Like