franchise-waralaba.com – Advertising Agency Jakarta , Pernahkah Anda mendengar istilah advertising agency ? Jika belum, Anda tentunya pernah melihat iklan yang berseliweran di televisi.

Ketika Anda menonton acara televisi, lalu tiba-tiba muncul iklan, biasanya, apa yang akan Anda lakukan? Mengganti ke channel TV lainnya atau tetap menonton iklan tersebut? Ya, pasti Anda memiliki jawaban yang beragam.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Advertising Agency Jakarta

Biasanya orang akan menonton iklan tersebut jika menarik. Pernahkah terlintas dalam benak Anda, siapa orang di balik pembuatan iklan semacam itu? Siapa orang yang dikaruniai ide brilian dalam membuat iklan yang menarik itu? Mereka adalah pekerja advertising agency.

Sudahkah Anda tahu apa itu advertising agency? Jadi, advertising agency merupakan usaha jasa yang bersifat independen.

Usaha ini menawarkan beberapa layanan dan melakukan beberapa fungsi bagi pemakai jasa untuk membuat dan merancang iklan sesuai kebutuhan. Pelayanan yang diberikan sangat berorientasi pada peningkatan brand atau pejualan dari para pemakai jasa.

Agar bisnis Anda dapat diiklankan dengan baik dan menarik banyak konsumen, maka penting bagi Anda mengetahui banyak tentang advertising agency. Berikut kami ulas hal penting yang perlu diketahui tentang advertising agency.

Advertising Agency Jakarta
Advertising Agency Jakarta

Hal Penting Tentang Advertising Agency Jakarta

Setidaknya ada tiga hal penting yang harus Anda ketahui mengenai advertising agency. Di antaranya sebagai berikut.

1. Apa saja Fungsi Advertising Agency Jakarta?

Jika Anda sudah sedikit tahu tetang apa itu advertising agency, kini perlu diketahui pula fungsi advertising agency bagi bisnis Anda.

Dari sekian banyak iklan yang Anda temui, tentu ada satu atau dua iklan yang menjadi favorit Anda. Meskipun bukan favorit, paling tidak iklan tersebut dapat memberikan hiburan. Dari situlah pesan-pesan klien diselipkan.

Advertising agency dapat dikatakan memiliki fungsi sebagi penyampai pesan-pesan dari klien untuk disampaikan secara luas. Bentuk pesan yang diberikan dapat berupa promosi produk barang atau jasa yang dijual, pesan yang bersifat non-bisnis dan lain sebagainya. Apabila pesan yang disampaikan berhasil diterima, maka advertising agency tersebut telah berhasil mencapai fungsinya.

Untuk membuat pesan tersebut sampai pada masyarakat, advertising agency memiliki cara-cara tersendiri. Mereka biasanya menggunakan media tulisan oleh para copywriter. Media gambar atau foto yang relevan dan meneraik. Maupun membuat ilustrasi dam layout untuk menyampaikan pesan secara efektif dan efisien.

2. Apa Saja Profesi yang Ada di Advertising Agency Jakarta?

Perlu Anda tahu, ternyata terdapat banyak profesi yang ada di advertising agency. Profesi yang terdapat pada advertising dapat disesuaikan dengan media atau cara yang beragam. Misalnya, untuk iklan tulis menulis biasanya dikerjakan oleh orang orang dengan profesi sebagai copywriter. Untuk gambar dan ilustrasi dikerjakan oleh para art director profesional.

Jika bisnis Anda memiliki situs website, profesi web desainer dapat Anda jadikan sebagai rekan kerjasama dalam menjalankan iklan pada website Anda.

Tidak hanya profesi-profesi yang tersebut di atas, masih banyak lagi profesi yang berhubungan dengan advertising agency. Profesi-profesi ini lah yang membantu para klien dalam menciptakan sebuah iklan yang menarik dan memuaskan bagi konsumen.

3. Bagaimana Alur Pembuatan iklan di Advertising Agency Jakarta

Saat Anda memutuskan untuk membuat iklan di advertising agency, ada beberapa alur yang harus Anda ketahui. Alur ini penting diperhatikan agar Anda mudah memproduksi iklan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda di advertising agency.

Pada alur pertama Anda akan bertemu dengan account executive. Account executive bersama dengan klien  akan memulai perjanjian berkaitan dengan batas waktu yang ditentukan untuk melakukan sebuah projek pembuatan iklan. Anda dapat memberikan petunjuk singkat terkait produk atau jasa yang Anda jual kepada account executive.

Selanjutnya, setelah account executive mendapatkan brief singkat terkait produk bisnis Anda, maka akan diteruskan untuk membuat data lengkap. Account executive akan mulai membuat data lengkap tentang produk dan pembuatan iklan, target audiens, masalah pokok dan gagasan yang diinginkan oleh klien untuk kemudian diteruskan kepada tim kreatif.

Dari data yang diberikan oleh account executive, tim kreatif akan mulai membuat layout kasar. Layout kasar atau draft ini selanjutnya akan di promosikan kembali kepada Anda sebagai klien. Jika terdapat kekurangsesuaian iklan dengan harapan klien, Anda dapat memberitahukan hal apa saja yang harus disesuaikan kembali atau diganti. Jika sudah cocok, maka layout akan dilanjutkan ke proses selanjutnya.

Nah, waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan sebuah iklan tergantung dari klien yang bekerjasama dengan advertising agency. Oleh sebab itu, hubungan baik dan kerjasama yang berjalan dua arah antara klien dan advertising agency sangat dibutuhkan.

Tips Memilih Advertising Agency Jakarta yang Sesuai Dengan Anda

Perlu diketahui bahwa dalam memutuskan memilih sebuah advertising agency Anda harus memperhatikan beberapa hal penting agar tidak salah pilih. Berikut tips memilih advertising yang baik.

1. Advertising Agency Jakarta Menyediakan Layanan Sesuai Kebutuhan

Sebelum memproduksi iklan bisnis Anda, berikan penjelasan sedetail mungkintentang kebutuhan Anda kepada advertising agency. Anda pun dapat menanyakan apakah mereka memiliki layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar bisnis Anda.

Jika agency tersebut memiliki layanan yang Anda butuhkan, silahkan meminta penawaran atau proposal berdasarkan apa yang perusahaan Anda butuhkan. Pilihlah advertising agency yang benar-benar mampu menuntaskan atau memenuhi kebutuhan iklam perusahaan Anda.

2. Ketahui Pengalaman Advertising Agency Jakarta

Untuk mengetahui pengalaman sebuah agency periklanan, secara sederhana Anda dapat meilihatnya dari usia agency tersebut. Semakin lama usia sebuah agency, biasanya agency ini sudah profesional dan berpengalaman dalam menangani klien-klien mereka.

Namun, tidak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan agency yang masih terbilang baru. Anda dapat meminta proposal atau portofolio advertising agency tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda.

3. Tentukan Anggaran Iklan di Advertising Agency Jakarta

Sebelum memproduksi iklan bisnis Anda. Buatlah perhitungan yang matang, berapa anggaran yang akan Anda keluarkan untuk menggunakan jasa advertising agency.

Ada berbagai harga yang mampu ditawarkan oleh agency ini, tergantung dari pengalaman dan hasil yang sudah mereka kerjakan.

Agency yang sudah besar dan memiliki nama tentu akan mematok harga yang tidak murah, sesuai dengan kualitas yang mereka tawarkan. Harga yang bersaing ini pun tentu diimbangi dengan kelengkapan layanan dan tambahan fitur yang ditawarkan.

Sedangkan jika menggunakan agency yang baru, tentu Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. Agency yang baru biasanya akan mematok tarif yang relatif lebih rendah. Hal tersebut untuk meningkatkan reputasi mereka dan juga menarik klien agar mudah bersaing dengan kompetitor.

baca juga

4. Memiliki Strategi Pemasaran yang Baik

Pastikan advertising agency yang Anda gunakan mempunyai strategi pemasaran yang baik bagi bisnis Anda. Anda dapat meminta agency tersebut melakukan “pitching” mengenai startegi bisnis Anda.

Jangan ragu untuk melihat strategi bisnis yang dimiliki oleh agency. Tentukan pilihan Anda ke advertising agency yang tepat agar bisnis yang Anda promosikan dapat berjalan lancar dan sukses.

Itulah hal penting yang perlu diketahui tentang advertising agency. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai advertising agency.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like