Undercover.co.id – Brand adalah wajah dan raga dari sebuah produk bisnis. Tidak hanya nama yang membuat sebuah produk bisnis terkenal, namun juga kualitas yang dibawanya. Melalui branding produk, orang akan mudah mengenali produk yang Anda tawarkan. Hal ini akan membantu membangun citra bisnis Anda.

Kini tak perlu khawatir dengan bisnis yang hanya dikenal dan populer dipasar lokal, dengan semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan strategi marketing yang tepat akan memudahkan menjangkau target pasar yang luas.

Penting untuk diperhatikan bagaimana Anda melakukan branding produk kepada konsumen. Usaha branding tidak hanya seputar pilihan nama yang melekat pada sebuah produk, tapi juga dapat berupa kata slogan atau tagline sebagai stimulus kepada konsumen yang sesuai dengan harapan perusahaan Anda.

Nah, agar Anda tidak bingung-bingung lagi mau memulai dari mana branding produk, mari ikuti ulasan lengkap 7 tips branding produk agar cepat dikenal konsumen di bawah ini. Informasi berikut sangat direkomendasikan bagi Anda yang sudah memiliki produk usaha.

Agar Produk Cepat Dikenal

1. Menjamin Kualitas Produk

Ini merupakan usaha branding produk yang sangat jitu. Melalui usaha branding cepat atau lambat produk bisnis Anda akan dikenal banyak orang.

Dengan kualitas yang terjamin bagus tentu akan membuat orang yang telah memakai produk akan berkeinginan melakukan pembelian lagi. Bahkan lebih dari itu, para pembeli akan membagikan pengalamannya kepada orang lain tentang kualitas produk Anda secara cuma-cuma.

Tidak terbatas pada kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap konsumen pun harus terus diperhatikan, baik sebelum maupun sesudah pembelian.

Buatlah para konsumen puas dengan kualitas produk dan layanan brand Anda. Jangan sampai konsumen dan calon konsumen merasa kecewa dengan kualitas produk Anda. Tentu hal tersebut akan merugikan usaha Anda, karena branding pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

2. Kenali dengan Baik Konsumen Anda

Sebelum melaunching sebuah produk pada khalayak, lakukan survey target pasar. Perlu diperhatikan siapa yang akan menjadi konsumen Anda, bagaimana karakteristik mereka.

Anda akan mudah membuat strategi pemasaran yang tepat jika Anda sudah memiliki target pasar yang spesifik.

Kalaupun diawal bisnis Anda belum memiliki gambaran spesifik tentang target pasar Anda, setidaknya ada gambaran umum yang dapat Anda gunakan sebagai langkah awal dalam melakukan branding produk.

Seiring berjalannya waktu, dengan semakin dikenalnya produk Anda oleh para konsumen Anda akan memiliki waktu untuk memvalidasi siapa target pasar yang spesifik bagi produk Anda.

Penting untuk diperhatikan, dalam mencari tahu siapa konsumen produk Anda, siapkan data seperti data demografi, minat dan ketertarikan konsumen, geografi, dan jenis perangkat mobile atau akun sosial media yang digunakan.

Agar pekerjaan Anda dalam menganalisis konsumen lebih mudah dan ringan, Anda dapat menggunakan google analytics.

Produk Cepat Dikenal
Produk Cepat Dikenal

3. Gunakan Tagline dan Slogan

Meskipun sekilas tagline dan slogan terlihat sama, namun ada perbedaan spesifik yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menggunakan dalam branding produk bisnis Anda.

Taglain merupakan rangkaian kata berupa harapan atau keinginan yang bersifat permanen pada suatu brand. Sedangkan slogan sendiri merupakan ungkapan kata-kata yang lebih melekat pada produknya.

Seperti contohnya tagline dan slogan yang digunakan oleh brnad Apple. Dengan tagline “think different”, Apple memiliki beberapa slogan yang berbeda pada setiap produk yang diciptakan.

Kekuatan tagline dan slogan dalam branding produk sangat bombastis, tagline dan slogan yang sederhana ,unik dan mengena akan mampu menghipnotis para konsumen.

Tidak menutup kemungkinan dengan tagline dan slogan akan memudahkan konsumen mengenal dan mengingat brand Anda dibanding kompetitor.

4. Optimasi Website SEO

Kini, branding produk bisnis banyak dilakukan melalui media elektronik salah satunya website.

Jika Anda ingin website Anda muncul dihalaman pertama pada situs pencarian Google, Anda perlu memperhatikan dengan baik konsep SEO.

Konsep SEO akan mengoptimalisasikan website Anda agar muncul di halaman awal Google. Hal ini akan meningkatkan jumlah kunjungan pada website Anda dan berpotensi pada peluang penjualan yang lebih banyak.

Semakin sering dan banyak pengunjung yang mampir pada website, itu berarti banyak pula orang yang telah mengenal brand Anda.

Jika Anda kurang paham dengan sistem ini, Anda dapat menggunakan jasa layanan SEO profesional agar website Anda teroptimalisasi secara maksimal. Pengerjaan SEO tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, biasanya membutuhkan waktu 4 sampai 6 bulan.

Dengan perjuangan yang panjang, Anda akan dapat menikmati hasil setelahnya. Optimalisasi website SEO merupakan usaha branding jangka panjang.

5. Sosial Media Marketing

Banyak pilihan media sosial yang dapat Anda gunakan sebagai media promosi kekinian. Ajang promosi di sosial media sangat banyak diminati karena terbukti efektif dan efisien.

Kunci utama dalam menjalankan sosial media marketing adalah fokus pada target pasar. Jika Anda merasa satu atau dua sosial media sudah dapat mencakup target pasar, maka fokuslah pada akun sosial media tersebut.

Jangan memilih menggunakan semua bentuk media sosial yang ada, namun Anda tidak dapat mengelolanya dengan baik. Hal tersebut tidak akan memberikan hasil yang optimal, terkecuali jika Anda bekerja bersama dengan tim marketing yang jumlahnya memadai dan mumpuni.

Pilih akun sosial media yang tepat, lakukan promosi semenarik mungkin. Unggah konten poitif dan informatif. Promosi dapat Anda lakukan secara rutin agar terlihat hasil yang signifikan.

6. Buat Event atau Sponsorship dalam Event

Usaha branding produk dengan kegiatan seperti ini bisa dikatakan sebagai cara lama. Cara ini telah dilakukan sudah sejak lama sebelum era digital seperti saat ini.

Anda dapat melakukan branding dengan menjadi event creator sekaligus promosi brand, atau menjadi salah satu sponsorship dalam sebuah event yang adakan oleh orang lain.

Kedua cara tersebut bagus dan cukup efektif. Namun, perlu diperhatikan event yang akan Anda ikuti, pastikan event tersebut sesuai dengan bidang bisnis Anda.

7. Membuat Iklan Pendek

Kini, media komunikasi tidak terbatas pada gambar, Anda dapat membuat sebuah video iklan pendek yang menarik dan berkesan untuk usaha branding produk yang powerful.

Iklan pendek dengan konsep yang matang akan memperoleh perhatian tersendiri. Perpaduan visual dan musik yang apik akan membuat orang terkesan dan mudah ingat dengan produk yang sedang dipromosikan.

Media iklan pendek yang kini sedang banyak digandrungi adalah TikTok, melalui media sosial ini Anda dapat membuat video pendek untuk mengenalkan brand bisnis Anda dengan menarik dan unik.

Pengguna TikTok yang banyak, juga dapat menjadi peluang target pasar. Dengan video yang tidak membisankan tentu para konsumen akan cepat mengenal produk Anda.

baca juga

Itulah 7 tips branding produk agar cepat dikenal konsumen yang dapat Anda lakukan sebagai langkah awal mengenalkan brand produk Anda pada masyarakat secara luas. Dengan keyakinan dan tetap bekerja secara konsisten dalam melakukan branding produk, hal itu menjadi kunci utama dalam keberhasilan bisnis yang Anda lakukan. Semua hasil usaha memerlukan waktu yang tidak sebentar, jadi tetaplah fokus dan konsisten dalam membangun brand bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like