franchise-waralaba.com Ketika bicara bisnis, tidak dipungkiri bahwa kita bicara sesuatu yang multi kompleks. Ada banyak hal yang harus kita kondisikan untuk mencapai goal sukses dalam berbisnis, entah itu manajemen modal, insting membidik peluang, marketing, riset dan pengembangan, dan lain-lain. Tapi satu hal yang bisa dibilang sangat membantu untuk mendapat prospek yang bagus dalam bisnis adalah memilih lokasi yang strategis.

  1. Memilih Jenis Lokasi Franchise (Apakah Tradisional atau Non Tradisional)

Jadi, dalam dunia franchise dua aturan yang paling populer soal lokasi waralaba diistilahkan dalam istilah tradisional dan non tradisional. Lokasi tradisional bisanya sebuah unit yang berdiri sendiri dan biasanya memiliki tempat parkir khusus sendiri (bangunan tersebut hanya digunakan untuk tujuan waralaba).

Untuk lokasi non tradisional, biasanya beroperasi di tapak yang lebih kecil dna bukan bangunan utama. Contoh seperti waralaba yang biasa kita lihat di depan indomart dengan booth atau gerobak, atau bisa kita temui di lokasi-lokasi strategis yang lain seperti bagian dari mall, toko ritel, universitas, bandara, dan lian-lain.

  1. Visibiltas Lokasi Tidak Selalu Berarti Profitable, Bijaklah dalam Memilih!

Nah, setelah mengetahui jenis lokasinya apakah itu tradisional atau non tradisional, anda selanjutnya bisa memilih dimana anda akan membuka franchise anda. Tapi kembali lagi begini, usaha bisnis apapun yang dibutuhkan adalah keuntungan-secepat mungkin kalau bisa. Dan supaya  mendapatkan itu, lokasi yang anda pilih harus terlihat oleh pelanggan potensial anda. Dan itu biasanya tempat dengan sewa yang tidka murah. Jika tidak diimbangi dengan baik dengan faktor kepemilikan waralaba lainnya, maka lokasi yang katakanlah potensial tersebut tidak akan selalu diterjemahkan ke dalam profitabilitas.

Untuk lebih jelasnya begini, lokasi yang anda pilih mungkin bisa membuat trafik penjualan anda naik, tapi jika biaya sewa dan biaya lainnya overhead, maka anda justru berpotensi merugi dan sebaliknya.

  1. Bicara dengan Diri Sendiri

Jadi, solusi menemukan lokasi yang strategis dapat anda mulai dari diri anda sendiri. Pikirkan tentang sebuah lokasi, berapa banyak lalu lintas yang lewat pada hari kerja, apakah dekat dengan tempat yang potensial (seperti pusat keramaian), bagaimana kompetisi disekelilingnya, bagaimana akses ke lokasi tersebut, dan lain lain.

 

 

Add Comment

error: Content is protected !!