MKP – Packaging merupakan hal pertama yang akan dilihat konsumen sebelum membeli produk, karena itulah banyak pelaku bisnis yang mencurahkan waktu, tenaga, dan budget untuk memaksimalkan proses packaging produk mereka.

Tetapi sebaliknya, seringkali prosedur packaging yang dilakukan justru salah atau tidak efektif, sehingga malah mendatangkan kerugian bagi perusahaan.

Multi Kemas Plastindo , Salah satu perusahaan distributor stretch Film dan Distributor Shrink Film yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Kesalahan Umum dalam Packaging yang Mendatangkan Kerugian

Jika dilakukan dengan benar dan efisien, sebenarnya proses packaging tidak perlu mengambil banyak porsi dari budget perusahaan. Berikut menurut distributor plastik shrink dan stretch film beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam proses packaging:

Kesalahan penggunaan mesin

Pengadaan mesin bisa membantu dalam melakukan proses packaging, selain bisa menghemat waktu, mesin juga bisa mengefektifkan penempatan pekerja. Tapi terkadang penggunaan mesin ini tidak dipantau dengan baik.

Pada umumnya, setiap mesin pasti memiliki masanya tersendiri, jika sudah terlalu tua pasti ada beberapa komponen yang mulai aus atau rusak. Terkadang para pelaku bisnis melupakan ini dan mengabaikan inspeksi dan perawatan rutin pada mesin.

Dampaknya bisa membuat proses packaging menjadi tidak efektif dan hasil akhir packaging tidak maksimal. Selain itu, penting juga untuk menggunakan mesin yang tepat untuk material tertentu, misalnya shrink wrap machine untuk shrink film.

multi kemas plastindo
multi kemas plastindo

Waktu packaging yang lama

Proses packaging yang memakan waktu lama bisa mengurangi produktivitas dan akhirnya akan berdampak pada volume produksi per harinya. Waktu packaging yang lama berarti semakin sedikit produk yang siap didistribusikan setiap harinya.

Untuk industri yang menggunakan sistem manual, lama waktu packaging bisa dipengaruhi oleh tahap prosedur packaging yang panjang atau faktor kurangnya pekerja. Untuk industri yang menggunakan mesin, waktu packaging bisa dipengaruhi mesin yang sudah tua dan tidak bekerja maksimal lagi atau prosedur packaging yang tidak efektif.

Solusinya, industri yang masih menggunakan sistem manual bisa mempertimbangkan beralih menggunakan mesin dan industri yang sudah menggunakan mesin bisa membeli mesin baru atau memperbaharui mesin packaging mereka.

Pemilihan packaging yang tidak efektif

Satu hal yang harus dipikirkan sebelum memulai proses packaging adalah memilih jenis packaging yang tepat untuk produk. Setiap jenis produk memiliki jenis packaging tertentu yang sesuai, jika salah, dampaknya bisa membuang-buang bahan packaging atau bahkan merusak produk.

Selain itu, packaging yang efektif juga bisa membantu proses pengiriman hingga sampai ke tangan pembeli. Packaging yang tidak efektif bisa merusak produk, menghabiskan banyak ruang, hingga membuang lebih banyak sampah ke lingkungan.

Pelaku industri perlu mempertimbangkan mengganti jenis packaging produk jika dirasa tidak efektif lagi. Misalnya, dari yang awalnya menggunakan kardus diganti menggunakan shrink wrap yang lebih efektif dan menghemat ruang.

Packaging yang efektif ini juga bisa memastikan produk sampai dengan utuh dan aman ke tangan pembeli, sehingga bisa mengurangi komplain atau bahkan permintaan uang kembali karena barang rusak.

POF Shrink Film
POF Shrink Film

Mengikuti perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang semakin maju di jaman sekarang juga bisa diaplikasikan ke proses packaging. Dengan meng-update beberapa proses packaging dengan teknologi terbaru, bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

Beberapa contoh update yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan robot atau mesin jenis terbaru untuk menggantikan tugas manusia, menggunakan internet untuk memantau proses packaging, ataupun meng-upgrade design packaging yang sesuai dengan trend jaman sekarang.

Salah satu yang terkenal menjual produk stretch film dan shrink film berkualitas tinggi dengan harga murah adalah Multi Kemas Plastindo (MKP). Perusahaan ini memiliki banyak jenis pilihan packaging seperti PE, POF, PVC, dan plastic packaging lainnya.

Alamat: Jl. Bahagia Permai 1 No.17. Kec. Buah Batu, Kota Bandung 40286, Jawa Barat

Phone: (022) 751 4190

Tanda-tanda Sudah Saatnya Mesin Packaging Anda Diganti

Mesin packaging merupakan salah satu bentuk investasi menguntungkan yang biasa dipilih oleh para pelaku bisnis yang membutuhkannya. Mesin bisa menghemat waktu packaging dan juga memaksimalkan kerja para karyawan.

Tapi, mesin packaging di bengkel las listrik yang digunakan setiah hari pasti memiliki masanya untuk menjadi aus atau bahkan rusak. Jika terlambat dideteksi dan tidak segera ditangani dampaknya bisa memperlambat proses packaging atau bahkan membahayakan bagi para pekerja.

Karena itulah, penting untuk segera mengganti atau memperbaiki mesin saat mulai dilihat pertanda performanya mulai menurun. Berikut adalah beberapa pertanda yang muncul saat mesin packaging anda butuh diganti atau diperbaiki:

Sudah terlalu lama digunakan

Terkadang, penting untuk mencatat waktu penggunaan mesin dan memprediksi kapan sekiranya waktu mesin untuk diganti. Ini bisa membantu untuk mengecek performa mesin dan melakukan pemeliharaan secara rutin.

Mesin yang sudah cukup lama digunakan bisa mendapat perhatian khusus karena kemungkinannya lebih besar untuk rusak. Jika usia semua mesin tercatat dengan baik, akan sangat membantu untuk meminimalisir dampak saat mesin tersebut mulai rusak.

Hasil akhir packaging tidak maksimal

Pada waktu baru mulai digunakan, mesin packaging pasti akan menghasilkan hasil akhir packaging yang maksimal. Contohnya adalah stretch wrap machine yang bisa mengemas produk dengan erat dan aman.

Karena itulah perlu diwaspadai saat hasil akhir packaging yang dihasilkan mesin tidak maksimal lagi, misalnya hasil akhir shrink wrap yang penyusutannya tidak merata, atau perenggangan stretch film yang tidak maksimal. Saat sudah muncul pertanda seperti ini, berarti saatnya untuk memperbaharui mesin packaging anda.

Waktu packaging melambat

Mesin memang bisa mempercepat proses packaging, tetapi performa mesin yang sudah tidak maksimal justru bisa memperlambat proses packaging. Disinilah pentingnya untuk memantau dan mencatat waktu packaging, sehingga jika ada perubahan atau perlambatan bisa cepat terdeteksi.

Terlalu sering rusak

Memang terkadang ada beberapa kerusakan mesin yang bisa diabaikan atau diperbaiki dengan cepat. Misalnya, ada bagian mesin yang terhalang sisa bahan material packaging atau bagian mesin lain yang perlu dibersihkan.

Tapi, jika kerusakan-kerusakan kecil ini terlalu sering terjadi, ini mungkin pertanda mesin packaging anca perlu diganti. Jika terlambat ditangani, bisa jadi mesin akan rusak total sebelum sempat diganti dan menghambat proses packaging.

Ada dua opsi yang bisa dilakukan jika mesin packaging mengalami tanda-tanda di atas, antara memperbaiki mesin atau mengganti dengan mesin yang baru:

Memperbaiki mesin

Opsi ini tidak akan memakan banyak biaya dibandingkan dengan harus membeli mesin baru. Jika kerusakannya cukup umum, proses perbaikannya bahkan bisa berlangsung dengan cepat, sehingga tidak banyak menghambat proses produksi.

Opsi ini patut dipertimbangkan jika usia mesin packaging belum terlalu tua dan jika proses packaging terlalu sibuk sehingga tidak bisa ditunda terlalu lama. Kekurangan opsi ini adalah, terkadang perbaikan ini tidak dapat bertahan lama.

Seiring berjalannya waktu, kemungkinan besar mesin akan rusak lagi, dan jika sering rusak dan diperbaiki terus, biaya yang dihabiskan bahkan bisa sebanding dengan harus membeli mesin baru.

Membeli mesin baru

Membeli mesin yang baru memang akan membutuhkan banyak biaya, tapi mesin yang baru akan memastikan proses packaging anda bisa berjalan maksimal seperti biasa, biaya perbaikan dan pemeliharaan juga bisa dikurangi untuk sementara.

Keuntungan lainya adalah, pelaku industri bisa membeli mesin baru yang up to date untuk sekaligus meng-upgrade proses packaging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like